Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Aktor Misterius yang Disembunyikan Dari Credit Film!

10 Aktor Misterius yang Disembunyikan Dari Credit Film!

Banyak yang mungkin tidak menyadari jika ada cukup banyak aktor misterius yang disembunyikan dari credit scene sebuah film. Umumnya, seorang aktor akan tercatat atau terpampang namanya dalam credit scene di sebuah film. Dengan demikian, orang-orang akan tahu aktor tersebut berperan sebagai siapa dalam filmnya. Namun, ada juga beberapa aktor misterius yang justru namanya disembunyikan dari credit scene sebuah flm. Siapa saja?

10 Bill Murray

Sosok aktor kawakan Hollywood, Bill Murray, ternyata namanya pernah disembunyikan dari credit film. Hal ini terjadi dalam film Tootsie yang rilis di tahun 1982. Dalam film tersebut aktor Dustin Hoffman berperan sebagai Michael Dorsey, seorang mantan aktor yang memiliki reputasi buruk. Dia memutuskan untuk mengambil resiko dan “memperbarui” dirinya sebagai Doroty Michael.

Selain kedua aktor tersebut, Bill Murray juga menjadi salah satu cast di film tersebut di mana dia berperan sebagai Jeff yang merupakan teman sekamar dari Doroty Michael. Sang aktor menyadari jika itu merupakan film dari Daniel Hoffman yang mana membuat dia memutuskan untuk tidak tampil terlalu mencolok serta memutuskan untuk disembunyikan dalam credit filmnya.

Yang perlu digarisbawahi adalah Bill Murray belum menjadi sepopuler sekarang ketika film Tootsie rilis. Dia hanya terkenal ssebagai salah satu cast di acara sketsa Satuday Night Live dan beberapa judul film lainnya. Yang menarik juga adalah di sepanjang kemunculannya dalam film ini, Bill Murray melakukan improvisasi terhadp semua dialog yang dia ucapkan yang mana menjadi sesuatu yang luar biasa.

9 Matt Damon

Mungkin, ada banyak orang yang rela melakukan apapun untuk bisa muncul dalam proyek film garapan Christopher Nolan. Dan hal ini juga yang dilakukan oleh Matt Damon dalam film Interstellar. Itu merupakan salah satu mahakarya dari seorang Christopher Nolan yang menghadirkan kisah epik dan emosional dari umat manusia yang coba untuk mencari tempat tinggal baru.

Dalam cerita filmnya, Matt Damon berperan sebagai Dr. Mann, seorang ilmuwan dan juga penjelajah yang harus terdampar di sebuah planet asing. Dia merupakan salah satu manusia pertama yang dikirim untuk membangun koloni di planet lain. Namun, Dr. Mann kemudian harus menghadapi kenyataan ketika nyawanya terancam saat suplai oksigen yang dia miliki habis.

Untungnya, Cooper dan Dr. Brand berhasil menemukan Dr. Mann dan menyelamatkan nyawanya. Nolan dan Damon menyadari jika tidak ada yang tahu dia ada di film tersebut, maka para penonton akan berpikir jika semuanya akan baik-baik saja. Namun, pada kenyataanya justru sebaliknya. Dr. Mann malah ingin menghabisi Cooper dan mencuri kapalnya agar bisa kembali ke bumi.

8 Mercedes McCambridge

Rasanya tidak pernah ada orang yang memprediksi jika film horor epik The Exorcist yang rilis pada 1973 akan sukses besar, bahkan hingga sekarang. Pasalnya, film ini diadaptasi dari novel yang ditulis oleh seseorang yang biasa menulis cerita komedi. Sutradaranya pun biasa untuk menghadirkan drama kriminal dan dokumenter. Dan pemeran utamanya pun adalah gadis berusia 12 tahun.

Mercedes McCambridge merupakan salah satu aktor yang muncul dalam film tersebut, namun namanya disembunyikan dalam credit scene filmnya. Sosok Mercedes McCambridge adalah aktor Hollywood yang sukses dari era 1940an dan 1950an. Dalam film ini, sang sutradara, William Friedklin, meminta McCambridge untuk mengisi suara dari sang iblis. Hal ini karena sang aktor memiliki kualitas suara yang dia cari.

Yang unik adalah McCambrdige awalnya menolak untuk dimasukan dalam daftar credit filmnya, karena dia yakin filmnya tidak akan terlalu sukses. Selain itu, dengan namanya tidak muncul dalam daftar credit dia akan memberikan kesempatan bagi Linda Blair untuk bersinar. Namun, ketika filmnya justru menjadi populer, sang aktor malah memutuskan untuk menggugat Warner Bros. dan meminta untuk memasukan namanya dalam berbagai perilisan ulang filmnya.

7 Kathleen Turner

Film Who Framed Jessica Rabbit merupakan salah satu film awal besutan Warner Bros. yang menghadirkan gabungan antara animasi dan live action. Ceritanya sendiri cukup simpel, di mana karakter kartun Roger Rabbit dituduh sebagai pelaku sebuah pembunuhan. Kecurigaan kemudian muncul terhadap istri dari Roger, Jessica, ketika Eddie Valiant yang merupakan seorang detektif swasta mengetahui jika Jessica berselingkuh dengan karakter kartun lain.

Karakter dari dari Jessica Rabbit sendiri diisi suaranya oleh Kathleen Turner, aktor luar biasa yang memenangkan nominasi Academy Award. Kathleen dianggap berhasil untuk “menghidupkan” karakter Jessica Rabbit dengan suaranya yang lembut dan juga menggoda. Dan semenjak kemunculan Jessica Rabbit dan suaranya yang khas serta sifatnya, karakter ini pun menjadi populer hingga sekarang

Ada alasan tersendiri kemudian Kathleen Turner memutuskan untuk tidak memunculkan namanya dalam daftar credit film ini. Pada saat itu, Kathleen sedang hamil besar di mana usia kandungannya sudah mencapai sembilan bulan. Sehingga, dia merasa tidak perlu untuk melakukan hal-hal berat yang mana akhirnya dia memutuskan untuk menyumbangkan suaranya. Kathleen Turner juga merasa bahwa dia masih memiliki proyek kedepannya dan memiliki kedekatan dengan sang sutradara, Bob Zemeckis.

6 Gene Hackman

Young Frankenstein merupakan film klasik yang rilis pada tahun 1974, di mana film ini merupakan parodi dari karya klasik dari Universal, Frankenstein, yang rilis pada tahun 1930. Film ini dibintangi oleh aktor populer Hollywood, Gene Wilder, dan disutradarai oleh Mel Brooks. Sosok Mel Brooks sendiri memang terkenal sebagai sutradara yang memiliki rasa humor tinggi.

Itulah alasannya banyak film Mel Brooks, termasuk Young Frankenstein, jadi salah satu film komedi terbaik sang sutradara. Di tahun 1974, Gene Hackman merupakan seorang aktor yang coba untuk membangun namanya di Hollywood. Sudah ada beberapa film yang dia bintangi. Kedekatannya dengan Gene Wilder membuat Hackman mengutarakan keinginannya untuk mencoba talentanya dalam film komedi.

Inilah yang kemudian membuat Gene Wilder dan Mel Brooks memutuskan untuk mengajak serta Gene Hackman dalam film Young Frankenstein. Sebagai bentuk terima kasihnya, Hackman pun menolak untuk dimasukan namanya di credit scene. Gene Hackman sendiri berperan sebagai sosok pria buta yang berasal dari cerita aslinya. Sang aktor muncul selama empat menit dan penuh dengan adegan komedi slap-stick dan epik.

5 Henry Wrinkler

Henry Wrinkler merupakan sosok aktor yang sangat populer di era 70an dan 80an. Dia merupakan aktor yang terkenal dengan perannya sebagai Fonzie atau The Fonz dalam sitkom Happy Days. Para penonton dari film Scream garapan Wes Craven kemudian terkejut ketika sang aktor kemudian tiba-tiba muncul dalam ceritanya dan memerankan sebuah karakter.

Dalam film tersebut, Henry Wrinkler berperan sebagai Arthur Himbry yang merupakan seorang kepala sekolah. Penampilannya pun sangat berbeda dengan karakter Fonzie yang dia perankan sebelumnya. Henry Wrinkler kemudian memutuskan untuk tidak ingin namanya dimasukan dalam daftar credit di film Scream dan alasannya sendiri benar-benar patut diacungi jempol.

Alasan utama sang aktor disembunyikan namanya dalam daftar credit adalah demi memberikan kesempatan bagi para rekan-rekan aktor lain yang usianya lebih muda di film tersebut. Dan keputusan tersebut nyatanya terbukti di mana beberapa nama besar pun lahir dari film Scream seperti Drew Barrymore dan Courtney Cox. Yang menarik adalah sebagian fans melihat “easter egg” di adegan yang menghadirkan Henry Wrinkler di mana terdapat jaket kulit yang menggantung di ruangan Himbry.

4 Glenn Close

Bisa dibilang sebenarnya kemunculan Glenn Close ini merupakan cameo dibandingkan jadi salah satu bintang yang memerankan filmnya. Namun, Glenn memiliki dialog yang membuatnya bisa masuk daftar ini. Karakter Glenn Close ini muncul di film Hook, di mana dia muncul dan berbagai frame dengan sang villain utama, Captain Hook. Seperti yang kita tahu, Captain Hook adalah musuh utama dari Peter Pan.

Film Hook sendiri sebenarnya banyak dihujat dan dihujani oleh berbagai kritik negatif. Mayoritas berkomentar jika film ini sangat buruk dengan plot yang tidak menarik dan pace yang membosankan. Meskipun begitu, ada juga beberapa hal yang menarik dan menyenangkan dari film Hook seperti kemunculan dari berbagai cameo seperti Phil Collins, George Lucas, Carrie Fisher, dan juga Glenn Close.

Glenn Close sendiri tampil dengan mengenakan kumis dan janggut palsu yang membuat sebagian penonton menyadari keberadaanya. Nama Glenn Close sendiri merupakan aktor yang masuk dalam nominasi Academy Award sebanyak lima kali. Dia juga pernah memenangkan beberapa penghargaan Emmy Awards. Glenn Close sadar jika perannya yang tidak biasa ini kemungkinan akan gagal dan memutuskan untuk tidak memasukan namanya dalam daftar credit.

3 Gary Oldman

Gary Oldman merupakan salah satu aktor kebanggaan masyarakat Inggris. Dalam sejarah keartisannya, Gary Oldman sudah banyak memerankan sosok populer dan bersejarah. Contohnya adalah Winston Churchill, Dracula, dan Sid Vicious. Kualitas akting dari Gary Oldman rasanya tidak perlu diragukan lagi, karena sudah terbukti hingga sekarang. Beberapa nama sutradara besar pun pernah bekerja sama dengan Gary Oldman.

Namun, salah satu mahakarya dari peran Gary Oldman adalah ketika dia muncul dalam film Hannibal yang rilis pada 2001. Karakter yang Oldman perankan adalah Mason Verger, korban selamat dari Hannibal Lecter. Meskipun dia selamat, Mason harus mengalami luka dan wajahnya pun menjadi tidak berbentuk. Banyak orang yang tidak menyadari jika itu merupakan Gary Oldman.

Namun, bagi beberapa fans yang menyadari suara dan perilakunya bisa tahu jika aktor di balik karakter tersebut tidak lain adalah Gary Oldman. Situasi mengenai Gary Oldman yang jadi salah satu aktor yang disembunyikan dari credit scene bisa dibilang cukup pelik. Dia awalnya ingin bayaran yang sama dengan Anthony Hopkins dan Julianne Moore. Namun, MGM menolak hal tersebut. Dia pun akhirnya tidak ingin namanya dimasukan dalam daftar credit. Namun, Oldman kemudian mengatakan bahwa dia tidak ingin dibayar untuk perannya itu.

2 Edward Norton

Seperti halnya Gary Oldman, tentunya banyak Geeks dan para pecinta film yang sudah tidak asing dengan nama Edward Norton. Di sepanjang karir filmnya pun Edward sudah banyak berperan di berbagai judul film seperti Fight Club dan juga American History X. Edward Norton juga bahkan merupakan aktor yang berperan sebagai Bruce Banner di film The Incredible Hulk.

Edward Norton kemudian terlibat dalam proyek film epik sejarah yaitu Kingdom of Heaven. Film ini merupakan garapan dari Dreamworks Picture dan Ridley Scott. Dalam film tersebut, Edward Norton berperan sebagai Raja Baldwin IV dan beradu akting dengan Orlando Bloom yang berperan sebagai Balian di Ibelin. Raja Baldwin IV sendiri merupakan penguasa yang mengidap penyakit mengerikan, yaitu lepra.

Penyakit tersebut membuat raja Baldwin IV menutup seluruh tubuhnya dan juga wajahnya dengan topeng perak. Dan untuk tetap erat dengan karakternya, Edward Norton memutuskan untuk tidak dimasukan credit film tersebut. Dalam sebuah wawancara, Edward Norton mengaku jika dia tidak ingin namanya masuk daftar credit karena orang-orang banyak yang memuji karakter dari Orlando Bloom. Sehingga, Norton memutuskan untuk tetap menjaga misteri tersebut.

1 Tom Cruise

Aktor misterius yang disembunyikan dari credit title yang terakhir dan paling besar adalah Tom Cruise. Sejak aktingnya sebagai Maverick dalam film Top Gun dan juga sebagai Ethan Hunt dalam film Mission: Impossible, nama dari Tom Cruise sudah benar-benar melejit di industri perfilman Hollywood. Dan hal ini membuat banyak penonton terkejut jika Tom Cruise ternyata muncul dalam film komedi Tropic Thunder di tahun 2008.

Disutradara dan dibintangi oleh Ben Stiller, Tropic Thunder bercerita tentang sekelompok aktor yang mencoba untuk membuat film tentang perang Vietnam. Para aktor tersebut kemudian berubah menjadi tentara “sungguhan” seiring berjalannya cerita. Selain Ben Stiller, film komedi ini juga menghadirkan akting yang apik dari Robert Downey Jr dan tentunya Tom Cruise.

Dalam film tersebut Cruise berperan sebagai produser yang menginginkan film perang Vietnam tersebut yang bernama Les Grossman. Karakternya terinspirasi dari sosok bos rumah produksi Paramount, Summer Redstone. Penampilannya pun berubah drastis di mana Tom Cruise menggunakan kacamata, janggut tipis, dan juga rambut plontos. Meskipun namanya tidak muncul dalam credit, namun para fans sadar dan tahu tentang hal ini dan jadi pembicaraan di internet.

Sebagian aktor memutuskan untuk tetap menjadi misterius dengan namanya disembunyikan dari daftar credit title. Mayoritas aktor tersebut sengaja melakukan hal itu demi memberikan kesempatan bagi rekan mainnya yang jauh lebih muda untuk bersinar. Namun, sebagian lainnya memang ada yang melakukan hal tersebut dengan alasan uang.

Exit mobile version