Kang the Conqueror menjadi salah satu villain yang paling ditakuti di Marvel Universe. Bagaimana tidak? Dia memiliki kekuatan untuk melakukan perjalanan waktu, merusak sebuah timeline, dan menciptakan banyak variant-nya yang tersebar di seluruh semesta. Kang menjadi musuh bebuyutan Avengers selama bertahun-tahun, dan menyebabkan banyak kekacauan di semesta. Di Marvel Comics, sebenarnya ada beberapa villain lain yang memiliki kemampuan time travel alias perjalanan waktu,

6Bishop

Villain berikutnya yang bisa time travel adalah Bishop. Bishop memainkan peran penting dalam The Onslaught Saga, sebuah crossover besar yang beken di tahun 90-an. Awal kemunculannya, Bishop sebenarnya dianggap pahlawan. Namun karena punya ambisi yang besar, membuat moralitasnya berubah drastis, sehingga menjadikannya sebagai villain.

Mungkin pemicu perubahan itu karena Bishop sering melakukan perjalanan waktu. Dia pernah ke masa lalu untuk berbaur dengan para mutan. Selain itu, Bishop juga pernah ke masa depan di mana dia menjadi seorang polisi. Suatu ketika, Bishop mulai merasa bahwa dia harus memburu rekan-rekannya dalam peristiwa Civil War, karena dia mendukung pemerintah. Selain itu, Bishop juga pernah menjadi musuh bagi X-Force, selain musuh bagi X-Men.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/