Home OTAKU OTAKU FEATURES 9 Film Anime Yang Rilis di Tahun 2024!

9 Film Anime Yang Rilis di Tahun 2024!

Diketahui sudah ada beberapa film anime yang terkonfirmasi akan rilis di tahun 2024 mendatang. Apa saja?

1 Haikyuu!!! Movie: Battle Of The Garbage Dump

Para penggemar anime Haikyuu!! tentunya akan sangat senang mendengar kabar jika mereka akan merilis sebuah film terbaru yaitu Haikyuu!!! Movie: Battle Of The Garbage Dump. Pasalnya, sudah cukup lama cerita tentang Haikyuu!!! vakum di industri anime. Kabar mengenai film ini pertama kali muncul dalam Haikyu Fest 2023 kemarin dan dikabarkan filmnya akan rilis pada 16 Februari 2024 di Jepang.

Beberapa hal menarik yang muncul terkait informasi filmnya adalah ini merupakan film pertama dari dua film yang akan menghadirkan cerita akhir dari series Haikyuu!!! Pasalnya, alur cerita dari film ini seharusnya muncul dalam format series untuk season 4 animenya. Susumu Mitsunaka akan jadi sutradara kedua filmnya, di mana dia adalah sosok yang menyutradarai season 1 sampai 3 series Haikyuu!!!

Buat Geeks yang penasaaran dengan filmnya, teaser resmi film pertama ini sudah rilis di platform YouTube. Judul dari filmnya sendiri diadaptasi dari judul di chapter 294 versi manganya. Dalam cerita tersebut kita akan disuguhkan oleh perseteruan yang sangat diantisipasi oleh para fans yaitu antara tim Nekoma dan karasuno. Production I.G. akan jadi studio yang mengerjakan dua filmnya, studio animasi yang sama yang mengerjakan seriesnya.

2 Blue Lock: Episode Nagi

Blue Lock menjadi sebuah fenomena baru dalam industri anime bertema olahraga. Hal ini terbukti dengan perilisan season 1 dari animenya yang banyak mendapatkan tanggapan positif dan banyak menjadi perbincangan hangat pengguna sosial media. Pasca kesuksesan seasaon perdananya, rasanya tidak heran jika pihak studio kemudian berencana menghadirkan season 2.

Namun, sebelum season 2 series animenya rilis ternyata ada kabar yang muncul pada Agustus kemarin. Terdapat laporan jika Blue Lock akan merilis sebuah film yang berjudul Blue Lock: Episode Nagi. Namun, untuk saat ini, belum banyak informasi yang diketahui mengenai filmnya termasuk jadwal pasti perilisan filmnya. Meskipun begitu, laporannya menyebutkan jika Episode Nagi akan rilis pada musim semi 2024.

Sesuai namanya, film Blue Lock: Episode Nagi dikonfirmasi akan menghadirkan cerita yang berfokus pada sosok pemain bernama Nagi yang memulai petualangan barunya bersama tim Blue Lock. Shunsuke Ishikawa, dari pihak studio animasi 8Bit, akan jadi sutradara dari film tersebut. Dan 8Bit sendiri akan jadi studio animasi yang mengerjakan proyek film Episode Nagi.

3 Kizumonogatari: Kiyomi Vamp

Tahun 2024 nanti akan dibuka dengan film Kizumonogatari: Kiyomi Vamp yang akan rilis pada 12 Januari 2024. Dalam laporan sebelumnya, di acara Aniplex Online Fest 2023 kemarin diumumkan jika film anime Kizumonogatari akan merilis ulang tiga film mereka sebelumnya dan dibuat dalam format film kompilasi yang kemudian diberi judul Kizumonogataril: Kiyomi Vamp.

Kizumonogatari sendiri merupakan trilogi film anime yang diadaptasi dari light novel dengan nama yang sama karya Nico Isin. Ketiga film tersebut merupakan sekuel dari series Monigatari dan prekuel bagi Bakemonogatari. Trilogi film Kizmonogatari tersebut adalah Tekketsu yang rilis Januari 2016, Nekketsu rilis pada Agustus 2016, dan Reikketsu rilis pada Januari 2017.

Menurut laporan lainnya, trilogi film Kizumonogatari akan diedit ulang dan kemudian ditayangkan menjadi Kizumonogatari: Kiyomi Vamp. Tatsuya Oisihi, yang merupakan sutradara dari series anime Bakemonogatari, akan menjadi sutradara dari film tersebut. Sedangkan, Shaft akan jadi studio animasi yang mengerjakan proyek filmnya. Kizumonogatari sendiri bercerita tentang bagaimana Koyomi bertemu dengan sosok vampir wanita yang kemudian mengubah kehidupannya.

4 Mobile Suit Gundam SEED Freedom

Selain kompilasi film Kizumonogatari, tahun 2024 juga akan dibuka dari franchise populer Mobile Suit Gunda. Mereka akan merilis film terbaru yaitu Mobile suit Gundam SEED Freedom. Informasi mengenai proyek film terbaru dari franchise Gundam ini muncul setelah situs web resmi untuk mempromosikan filmnya rilis pada Juli kemarin. Dalam situs web resmi tersebut ada banyak informasi yang muncul.

Menurut informasi di situs resminya, film Mobile Suit Gundam SEED Freedom akan rilis pada 26 Januari 2024 mendatang di Jepang. Sutradara Mobile Suit Gundam Seed, Mitsuo Fukuda, akan menjadi sutradara sekaligus juga salah satu penulis dari filmnya. Bandai Namco Filmworks jadi studio film yang akan mengerjakan proyek terbaru ini. Mobile Suit Gundam SEED Freedom merupakan bagian dari salah satu proyek di franchise Gundam yaitu Mobile Suit Gundam Seed Project ignited.

Proyek tersebut pertama kali diumumkan pada 2021 yang menjadi proyek untuk perayaan 20 tahun series anime Mobile Suit Gundam Seed. Ada berbagai hal lainnya yang sudah dipersiapkan dari proyek tersebut, selain perilisan film Mobile Suit Gundam SEED Freedom akan ada juga Mobile Suit Gundam Seed game yang baru dan cerita manga lain dari Mobile Suit Gundam Seed Eclipse.

5 Mononoke

Dengan menghadirkan pengisi suara yang baru, sosok Medicine Seller akan kembali muncul dalam cerita di film terbarunya dengan judul yang sama yaitu Mononoke. Film ini akan jadi momentum perayaan 15 tahun dari seriesnya. Series dari Mononoke sendiri tayang selama 12 episode sejak 12 Juli 2007 sampai 9 September 2007 dan dikerjakan oleh studio animasi Toei Animation.

Mononoke sendiri merupakan series spinoff dari Bakeneko yang menceritakan seorang karakter misterius bernama Medicine Seller di mana dia berpetualang di wilayah jalanan Jepang pada zaman Edo. Sang Medicine Seller tersebut harus menghadapi berbagai ancaman dari berbagai jenis arwah atau hantu yang disebut sebagai “Mononoke” yang diketahui sering menghisap emosi negatif dari manusia.

Film terbaru ini dijadwalkan rilis pada musim panas 2024 mendatang. Sutradara dari anime Gatchaman Crowds dan Tsuritama, Kenji Nakamura, diketahui akan menjadi sutradara untuk film ini. Untuk proyek film ini, studio animasi Twin Engine diketahui yang akan kemudian mengerjakan proyek filmnya. Sayangnya, belum banyak informasi yang diketahui mengenai proyek film ini.

6 i☆Ris the Movie -Full Energy!!-

Dalam konser 10 tahun i☆Ris yang bertajuk “i☆Ris 10th Anniversary Love~a Live~” diumumkan jika mereka menghadirkan sebuah film anime yang berjudul i☆Ris the Movie -Full Energy!!- akan rilis pada 2024 mendatang. Namun, belum ada informasi mengenai kapan jadwal pasti filmnya. Sama seperti konsernya, film anime tersebut akan jadi bagian dari perayaan 10 tahun unik tersebut

i☆Ris sendiri merupakan sebuah kelompok idola wanita yang berjumlah lima orang, di mana kelompok idola atau unit ini sering mengisi lagu untuk berbagai anime. Contohnya PriPara, Idol Time PriPara, Akiba’s Trip: The Animation, dan sebagainya. Mereka juga memiliki kurang lebih 13 single lagu dan bahkan 2 judul album yang cukup fantastis. Sayangnya, tidak terlalu banyak informasi mengenai proyek filmnya.

Selain belum diketahui siapa yang akan menjadi sutradara filmnya, tidak diketahui juga seperti apa alur cerita yang akan mereka suguhkan nantinya. Namun, yang menarik adalah tiket untuk menonton film anime mereka akan dijual secara eksklusif di berbagai lokasi konser nasional mereka serta di situs e-commerce Major.

7 Oomuro-Ke

Selain Mobile Suit Gundam SEED Freedom, Bandai Namco Filmworks juga dikabarkan akan merilis proyek film anime lainnya di tahun 2024 yaitu Oomuro-Ke. Proyek film anime lainnya tersebut diumumkan melalui perilisan situs resminya. Oomuro-Ke sendiri merupakan film adaptasi dari manga spinoff Yuri Yuri karya Namori. Ada dua judul yang sudah dipersiapkan oleh pihak Bandai Namco Filmworks.

Yang pertama adalah Oomuro-Ke Dear Sisters dan yang kedua adalah Oomuro-Ke Dear Friends. Masing-masing film kemungkinan akan berdurasi kurang lebih 40 menit. Namori sendiri mulai mempublikasikan manga komedi slice-of-life tersebut di situs Niconico Seiga pada Juli 2012 sebelum kemudian pindah ke Niconico Yuri Hime magaazine pada Februari 2013.

Pasca apa yang terjadi dengan Niconico Yuri Hime, manganya kemudian pindah ke Yuri Hime@pixiv pada 2017 sebelum kembali pindah ke Comic Yuri Hime. Selain manga spinoff Oomori-Ke, manga Yuruyuri sudah menghadirkan tiga season series anime yang ditayangkan oleh Crunchyroll secara bersamaan dengan penayangan di Jepang.

8 Film Pretty Cure

Para fans dari series anime Pretty Cure sanagat menantikan perilisan film yang jadi momen perayaan 20 tahun series animenya, yaitu Eiga Precure All-Stars F. Namun, kabar mengejutkan kemudian muncul di akhir filmnya. Para penonton dibuat terekjut dengan pengumuman untuk terbaru lainnya dari Pretty Cure atau Precure yang akan rilis di tahun 2024 mendatang.

Untuk saat ini, belum ada informasi lainnya yang berkaitaan dengan film terbaru Pretty Cure tersebut. Series Precure All Stars mendapatkan berbagai treatment baru setiap tahunnya sejak 2009, kecuali untuk 2021 dan 2022. Banyak fans yang memprediksi jika film terbaru Precure ini nantinya akan memperkenalkan berbagai generasi baru dari para Pretty Cures.

Dalam film Eiga Precure All-Stars F sendiri mereka sudah menghadirkan 77 lebih gadis sihir dari berbagai sejarah franchisenya. Dalam film tersebut, para penonton disuguhkan berbagai Pretty Cure baru yang kemungkinan akan juga terjadi di film baru ini nantinya. Pasca kesuksesan film Eiga Precure All-Stars F tentunya para fans penasaran seperti apa filmnya nanti.

9 Doraemon: Nobita’s Earth Symphony

Film anime terakhir yang diketahui akan rilis pada 2024 sejauh ini adalah Doraemon: Nobita’s Earth Symphony. Ini merupakan film 43 dari series Doraemon yang diciptakan oleh Fujiko F. Fujio. Film ini akan disutradarai oleh Kazuki Imai dan ceritanya akan ditulis oleh Teruko Utsumi. Shin-Ei Animation jadi studio animasi yang akan mengerjakan proyek film tersebut.

Sayangnya, sejauh ini belum banyak informasi yang diketahui mengenai filmnya. Menurut informasinya, film Doraemon: Nobita’s Earth Symphony akan menghadirkan konsep cerita yang berbeda yaitu musikal. Ceritanya sendiri masih akan berfokus pada Doraemon, Nobita, dan kawan-kawan. Namun, petualangan kali ini berbeda karena berkaitan dengan elemen musik.

Filmnya ini memiliki slogan yaitu “Musik hadir dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bagaimana jika musik menghilang dari bumi?” Yang menarik adalah menurut penuturan Kazuki Imai dia mendapatkan inspirasi untuk film ini ketika melihat putrinya menyanyi dengan suara keras sambil melihat acara televisi saat pandemi COVID-19 melanda.

Tahun 2024 sepertinya tidak akan kalah dari tahun 2023 yang jadi tahun kebangkitan berbagai industri, termasuk industri anime. Pasanya, ada banyak film-film menarik dan seru yang sejauh ini sudah terkonfirmasi akan tayang di tahun 2024 mendatang seperti beberapa judul di atas.

Exit mobile version