Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film yang Pecahkan Rekor Dunia!

10 Film yang Pecahkan Rekor Dunia!

Sejak zaman dahulu, memecahkan rekor dipandang sebagai tolak ukur kesuksesan dalam bidang tertentu. Karena itulah lahir Guinness book of Records, yang mencatat seluruh rekor-rekor yang ada di dunia. Dan ternyata di industri film, kita juga kerap menemui beberapa film yang berhasil memecahkan rekor dunia. Film-film ini berhasil memecahkan rekor dari berbagai kategori berbeda, mulai dari rekor film paling sukses, hingga rekor sutradara terbanyak dalam satu film. Film-film ini masih kokoh berada dipuncak, dan sepertinya belum akan digeser oleh film-film lainnya. Lantas apa saja film tersebut? Simak berikut ini!

10 Breakfast at Tiffany’s – Kostum Film Termahal

Breakfast at Tiffany’s berhasil memenangkan dua Academy Awards dalam kategori Best Original Score dan Best Original Song berkat lagunya berjudul Moon River. Film ini dibintangi oleh Audrey Hepburn dan disutradarai oleh Blake Edwards, dengan naskah yang ditulis oleh George Axelrod. Dalam film ini, Hepburn memerankan Holly Golightly, dan berkat itulah dia masuk nominasi Oscar kategori Best Actress. Tetapi pada akhirnya dia harus kalah dari Sophia Loren.

Dalam filmnya, Hepburn terlihat menggunakan gaun hitam ikonik yang dirancang oleh Hubert de Givechy. Dan menariknya, gaun tersebut pernah dijual untuk amal di tahun 2006 dalam acara City of Joy Aid. Luar biasanya, gaun itu terjual dengan harga £467.200, yang menjadikannya sebagai kostum termahal yang pernah muncul dalam film.

9 The Godfather – Naskah Termahal

The Godfather memang menjadi salah satu film paling berpangaruh di industri film. Dan meski sudah berusia sangat lama, The Godfather masih berkenang di ingatan para penontonnya. Disutradarai oleh Francis Ford Coppola, The Godfather berhasil meraih tiga Academy Awards untuk kategori Best Picture, Best Adapted Screenplay dan Best Actor.

Selain penghargaan itu, filmnya juga mendapat penghargaan lain sebagai film dengan naskah termahal sepanjang masa. Pasalnya naskah personal Marlon Brando dari The Godfather dijual pada tanggal 30 Juni 2005 seharga $312.800 ribu kepada penawar tertinggi di New York. Angka tersebut sangat fantastis untuk sebuah naskah film.

8 Avatar – Film Dengan Pendapatan Tertinggi

Geeks tentu tahu dengan film satu ini. Film yang disutradarai oleh James Cameron ini berhasil menjadi film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, dengan pendapatan $2.8 milliar. Avatar berhasil menggeser rekor yang sebelumnya dipegang film Titanic. Untuk membuat film Avatar tidaklah mudah. James Cameron sebenarnya ingin membuat film Avatar setelah dia menggarap film Titanic pada tahun 1999.

Namun karena Cameron merasa teknologi di tahun tersebut belum memumpuni untuk membuat visual yang ciamik, Cameron pun menunda pembuatan film tersebut. Dan baru di tahun 2006, Cameron mengumumkan bahwa dia siap membuat film Avatar, dan menganggap teknologi sudah memumpuni untuk membuat filmnya.

7 Avengers: Endgame – Film Tercepat Tembus $1 Miliar

Avengers: Endgame memang berhasil memecahkan banyak rekor, tetapi rekor terbesarnya adalah sebagai film yang mampu mencapai pendapatan $1 miliar dalam waktu tercepat. Yap, film ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hari saja untuk bisa mencapai angka fantastis tersebut. Dan totalnya, Avengers: Endgame berhasil mendapatkan pendapatan $2.79 miliar, masih berada sedikit di bawah Avatar.

Sebagai film penutup dari Infinity Saga, wajar saja jika banyak orang yang berlomba-lomba menonton film ini. Bahkan tak jarang ada dari mereka yang rela menonton film ini lebih dari sekali. Dan hingga tahun 2023, masih belum ada film lain yang mampu menyaingi kecepatan dari Avengers: Endgame untuk menembus $1 miliar.

6 Spectre – Ledakan Terbesar

James Bond dikenal karena menampilkan deretan mobil mahal, gadget canggih, hingga wanita-wanita cantik. Filmnya juga selalu menampilkan deretan aksi yang luar biasa. Dan menariknya, salah satu film James Bond, Spectre, yang rilis di tahun 2015 sukses memecahkan rekor yang sudah dicatat di Guinness World Records. Rekor tersebut adalah ledakan terbesar yang pernah ada.

Ledakan tersebut direkam di Erfoud, Maroko, dengan meledakkan 8.418 liter minyak tanah dengan 33kg bahan peledak bubuk, sehingga menghasilkan ledakan yang setara ledakan 68,47 ton TNT. Ledakan tersebut berlangsung selama lebih dari 7.5 detik. Ternyata ledakan itu terlihat nyata di film karena memang dibuat oleh ledakan yang  asli.

5 The Warrior Lion Heart – Poster Terbesar

The Warrior Lion Heart adalah sebuah film India yang disutradarai oleh Gurmeet Ram Rahim Singh dan putrinya Honeyprett Insan. Film ini bercerita tentang pejuang di abad pertengahan yang berperang melawan alien demi kehormatan negerinya. Film ini memang mendapat banyak kritik dan dianggap sebagai film propaganda.

Meski ada banyak kontroversi yang menyelimuti film ini, tetapi ternyata The Warrior Lion Heart berhasil memecahkan rekor karena ketika filmnya rilis, sebuah poster filmnya yang berukuran raksasa juga diperlihatkan. Poster tersebut berukuran 15.123,8 meter, dan membutuhkan waktu 19 jam 50 menit untuk membuatnya.

4 Toy Story – Film Animasi Pertama Buatan Full Komputer

Pada tahun 1995, Pixar Animation merilis sebuah film animasi yang dibuat oleh komputer sepenuhnya. Film tersebut adalah Toy Story yang bercerita tentang mainan koboi dan manusia luar angkasa yang meskipun mereka awalnya musuh, namun mereka belajar bekerja sama untuk menemukan jalan pulang ke pemilik mainan tersebut yaitu Andy. Film ini digarap oleh Disney.

Pixar memang sudah lama ingin memproduksi sebuah film animasi yang dibuat sepenuhnya menggunakan komputer, dan Disney akhirnya menyetujui rencana tersebut. Hasilnya, Toy Story berhasil mendapatkan pujian dan mampu menghasilkan lebih dari $373 juta di box office. Filmnya juga menerima beberapa penghargaan Oscar sekaligus.

3 The Owner – Sutradara Terbanyak

Judul satu ini memang terdengar asing, tetapi pembuatan film ini sangat ambisius. The Owner adalah film internasional yang dibuat oleh sekelompok pembuat film independen atau sutradara dari seluruh dunia. Setiap pembuat film tersebut menulis dan menyutradarai segmen filmnya sendiri dan syutingnya dilakukan di negaranya masing-masing, sehingga menghasilkan film dengan perpaduan indah antara berbagai budaya, bahasa, dan gaya film.

The Owner menceritakan tentang perjalanan tas yang pada akhirnya membawa kembali kepada pemiliknya. Secara total, ada 25 sutradara atau pembuat film yang dilibatkan dalam film ini, dan mereka berasal dari tiga belas negara berbeda.

2 Titanic/BenHur/Return of the Kings – Peraih Oscar Terbanyak

Academy Awards alias Oscar adalah penghargaan paling bergengsi di industri perfilman Hollywood. Ketika sebuah film mendapatkan Oscar, maka dapat dipastikan bahwa film tersebut berkualitas, meskipun ada beberapa orang yang terkadang tidak menyetujuinya. Sejauh ini, ada 3 film yang berhasil menyandang gelar sebagai film dengan Oscar terbanyak. Tiga film tersebut adalah Ben Hur, Titanic, dan Lord of the Rings: Return of the King.

Masing-masing dari film tersebut berhasil meraih 11 penghargaan Oscar dalam berbagai macam kategori. Ketiga film itu memang dianggap sebagai film terbaik, bahkan hingga saat ini. Belum ada film-film terbaru yang berhasil menyusul kesuksesan 3 film di atas.

1 The Departed – Film Remake Pertama yang Dapatkan Oscar

The Departed adalah film Martin Scorsese yang rilis di tahun 2006. Film ini dibintangi oleh nama-nama beken seperti Leonardo DiCaprio, Jack Nicholson, dan Matt Damon. Dan film ini adalah remake dari film Hongkong berjudul Infernal Affairs. Scorsese mengubah latar filmnya ke Boston dan menulis ulang dua karakter, di mana karakternya diadaptasi dari gangster terkenal Whitey Bulger dan agen FBI korup bernama John Connolly.

The Departed sukses besar ketika dirilis, dan memenangkan bukan hanya satu, tetapi empat Oscar. Dan menariknya, The Departed memecahkan rekor sebagai film remake pertama yang berhasil dapatkan Oscar, yang berarti jauh lebih baik ketimbang film orisinalnya.

Itulah dia Geeks beberapa film yang berhasil memecahkan rekor dunia. Harus diakui bahwa film-film tersebut memiliki keunikannya tersendiri, sehingga mampu menjadi yang paling berbeda. Di antara film-film di atas, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version