Home COMIC COMIC FEATURES 8 Superhero Ini Ternyata Saudara!

8 Superhero Ini Ternyata Saudara!

1 Peter dan Teresa Parker

Karakter superhero yang ternyata adalah saudara yang pertama adalah Peter dan Teresa Parker. Keluarga Parker memang sepertinya menjadi salah satu keluarga yang cukup membingungkan dan kacau dalam cerita komik Marvel. Contohnya adalah bagaimana Peter Parker masih belum mengetahui dengan jelas siapa ibu atau kedua orang tuanya. Bahkan, paman dan bibinya pun tidak jelas.

Marvel Comics kembali menghadirkan twist yang luar biasa dalam hidup dari Peter Parker di mana terungkap jika dia memiliki seorang adik perempuan. Namanya adalah Teresa Parker. Sejak orang tuanya meninggal, Teresa dikirim untuk diadapsi oleh orang tua lain. Inilah yang membuat Peter Parker tidak pernah mengetahui jika dia memiliki seorang adik perempuan.

Teresa muncul pertama kali dalam komik Amazing Spider-Man: Family Business. Dalam komiknya, Teresa muncul dan menyelamatkan Peter. Setelah beberapa kali saling bertarung, akhirnya terungkap jika Teresa adalah adiknya. Teresa Parke sendiri merupakan agen rahasia yang menjadi bagian dari SHIELD. Yang menarik adalah mereka berdua kemudian beraksi bersama di komik tersebut.

2 Colossus dan Magick

Colossus merupakan mutan yang berasal dari wilayah Russia. Kepopulerannya meningkat pasca kemunculannya dalam dua film Deadpool. Colossus sendiri memiliki nama asli Piotr Rasputin, yang merupakan putra dari keluarga Rasputin. Dia diketahui memiliki seorang adik laki-laki yang bernama Mikhail Rasputin, yang dikenal sebagai astronot dari Rusia. Namun, ternyata Piotr memiliki seorang adik perempuan.

Nama adik dari Piotr perempuan tersebut adalah Ilyana Rasputin. Namanya, mungkin tidak asing bagi Geeks penggemar komik X-Men. Hal ini karena Ilyana Rasputin merupan nama asli dari sosok karakter Magick. Dalam ceritanya, Colossus selalu berusaha untuk melindungi sang adik sampai kemudian tiba-tiba Ilyana terlempar ke dimensi lainnya yang dikenal sebagai Limbo.

Semenjak saat itu, sosok “Ilyana Rasputin” sudah tewas dan dia lebih dikenal dengan nama Magick. Selama terperangkan di Limbo, Ilyana belajar banyak hal untuk bisa menjadi seorang penyihir yang sangat kuat. Magick juga kemudian menjadi sosok mutan yang sangat dahsyat di mana dia sering membantu para X-Men dalam menjalankan berbagai misi mereka.

3 Keluarga Maximoff dan Polaris

Dalam berbagai cerita komik Marvel, diketahui jika dua superhero Wanda Maximoff dan Pietro Maximoff adalah saudara kandung. Mereka berdua adalah anak dari Erik Lehnserr alias Magneto. Meskipun ayahnya adalah sosok jahat, namun mereka berdua justru menjadi pahlawan yang bertarung bersama para X-Men dan Avengers meskipun tidak jarang juga mereka melakukan kejahatan.

Yang menarik adalah sebenarnya selain Wanda Maximoff dan Pietro Maximoff, Magneto memiliki satu putri lainnya yang jarang orang ketahui. Namanya adalah Lorna Dane yang kemudian dikenal dengan nama Polaris. Dari segi kekuatan, Polaris mewarisi sebagian besar kekuatan sang ayah terutama dalam hal pengendalian magnet. Bahkan, banyak villain yang berusaha memanfaatkan kekuatan Polaris.

Sayangnya, meskipun Pietro, Wanda, dan Lorna adalah saudara sangat jarang ada cerita yang menghadirkan interaksi dari ketiga karakter tersebut. Dengan Quicksilver yang diceritakan sudah meninggal dalam film Age of Ultron, mungkin Marvel Studios bisa menghadirkan kejutan besar di mana mereka menghadirkan karakter saudara lainnya dari Wanda yaitu Polaris.

4 Bruce Wayne dan Kate Kane

Tidak banyak yang tahu jika Bruce Wayne masih memiliki anggota keluarga yang juga salah satu karakter pahlawan komik. Seperti yang Geeks ketahui, Bruce Wayne merupakan sosok karakter yang harus mengalami nasib tragis di mana kedua orang tuanya tewas akibat dibunuh penjahat. Bruce Wayne tidak memiliki kakak atau adik, yang mana jadi alasan mengapa dia kemudian dibesarkan sendiri oleh Alfred.

Namun, DC Comics kemudian menghadirkan detil menarik di mana Bruce Wayne masih memiliki sanak saudara. Sosok di balik nama Batwoman sendiri adalah Kate Kane, yang mana sebenarnya dia adalah keponakan dari Bruce Wayne. Sesuai namanya, Kate Kane berasal dari keluarga Kane yang merupakan keluarga besar dari sang ibu, Martha Kane. Seperti halnya keluarga Wayne, keluarga Kane juga sangat terpandang dan kaya di Gotham. Saat dewasa, Kate kemudian menggunakan identitas Batwoman.

Kemunculan Batwoman dan Bruce Wayne sempat terjadi dalam cerita Crisis of Infinite Worlds dalam versi Arrowverse. Batwoman sendiri kemudian masuk dan jadi bagian dari Bat-Family bersama Tim Drake, Jason Todd, Damian Wayne, dan yang lain. Yang kemudian jadi pertanyaan besar adalah mengapa selama ini keluarga Kane tidak pernah terlibat dalam mengurus Bruce ketika kedua orang tuanya meninggal.

5 Psylocke dan Captain Britain

Elizabeth Braddock alias Psylocke memiliki cerita asal-usul yang cukup menarik di Marvel Universe. Betsy merupakan saudara kembar dari Brian Braddock, yang mana dia merupakan anak dari James Braddock. Di awal-awal kemunculannya, mereka berdua memang terlihat sangat dekat. Namun, dalam beberapa tahun belakangan Braddock bersaudara tersebu mulai hilang.

Hal ini terjadi ketika Brian berpetualang di berbagai negara dan dimensi sebagai sosok Captain Britain. Dan Psylocke kemudian menjadi bagian dari tim X-Men. Meskipun begitu, hubungan mereka masih tetap terjaga di mana bahkan Betsy sempat mengambil alih peran dari Brian Braddock sebagai Captain Britain ketika dia memutuskan untuk pensiun – sementara waktu.

Brian dan Betsy memiliki saudara lainnya yaitu Jaime Braddock, yang awalnya adalah sosok kakak yang luar biasa. Namun, Jaime kemudian berubah menjadi jahat di mana dia mengubah realita sesuai dengan keinginannya. Dengan rencana kemunculan Captain Britain di MCU, mudah-mudahan saja cerita epik dari keluarga Braddock ini bisa muncul dalam versi layar lebar.

6 Keluarga Summers

Karakter superhero yang ternyata saudara selanjutnya adalah keluarga Summers. Havok, Vulcan, dan Cyclops merupakan tiga nama pahlawan mutan yang jadi bagian dari tim X-Men. Mereka adalah karakter yang sangat luar biasa dengan kemampuan mutan masing-masing. Namun, ketiga karakter tersebut nyatanya adalah satu keluarga yaitu keluarga Summers. Hal ini bahkan bisa dilihat dari nama asli mereka; Scott Summers, Gabriel Summers, dan Alexander Summers.

Ketiga saudara ini sebenarnya sangat dekat satu sama lain. Mereka menghabiskan masa kecil mereka dengan bahagia. Sampai kemudian kedua orang tua mereka meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat terbang. Akibatnya, mereka pun harus hidup secara terpisah. Gabriel mungkin adalah karakter yang cukup tragis, di mana dia menjadi salah satu korban perbudakan dari kerajaan Shi’ar.

Keluarga Summers sendiri kemudian berkembang dengan cukup pesat di mana beberapa karakter diketahui menjadi bagian dari keluarga ini. Misalnya, Jean Grey yang menjadi istri dari Scott. Mereka kemudian memiliki dua orang anak yaitu Cable dan Stryfe. Yang juga tidak kalah epik, ada juga anak-anak lainnya yang berasal dari alternatif universe lain seperti Rachel Grey dan Nathanial Grey.

7 Batman dan Owlman

Selain Kate Kane, sebenarnya Bruce Wayne memiliki saudara lainnya yang juga merupakan sosok karakter superhero. Dia adalah Owlman alias Thomas Wayane Jr. yang berasal dari Antimatter Earth. Dalam universe ini, Martha dan Thomas Wayne diceritakan memiliki dua orang anak laki-laki yaitu Bruce Wayne dan Thomas Wayne Junior. Kedua orang tua mereka memang kemudian diceritakan tewas.

Namun, Thomas dan Martha tidak tewas karena penjahat melainkan oleh seorang anggota kepolisian Gotham yang korup. Akibatnya, Bruce Wayne tidak pernah menjadi Batman. Sebaliknya, yang justru kemudian menjadi sosok superhero tidak lain adalah Thomas Wayne Junior yang menjadi Owlman. Karakter Owlman sendiri memiliki kemiripan dengan Batman, namun ada juga perbedaan besarnya.

Thomas Wayne Jr. menggunakan bantuan obat-obatan untuk meningkatkan kecerdasan yang dia miliki. Ada beberapa versi dari Thomas Wayne Jr. dalam cerita komik DC, di mana dalam versi Antimatter Earth alias Earth-3 dia diperlihatkan sebagai sosok yang jahat yang tergabung dalam Syndicate of America. Namun, dalam cerita Infinite Frontier sosok Owlman diceritakan mirip seperti Batman di mana dia mencoba untuk menumpas kriminal dan membalas dendam sosok yang sudah menghabisi keluarganya.

8 Arno dan Tony Stark

Karakter superhero yang ternyata saudara yang terakhir adalah Tony dan Arno Stark. Seperti halnya Teresa dan Peter Parker, keluarga Stark juga tidak kalah rumit. Dalam ceritanya, kita sering melihat bagaimana Tony Stark diperkenalkan sebagai anak dari pasangan Howard dan Martha Stark yang merupakan sosok penting di universe Marvel. Bahkan, hal ini pun muncul dalam alur cerita MCU. Tetapi, Marvel kemudian menghadirkan twist yang menarik.

Tony Stark ternyata memiliki saudara kandung, yang tidak lain adalah Arno Stark. Dalam ceritanya, pada saat Martha mengandung mereka menjalin kesepakatan dengan makhluk luar angkasa bernama Record 451. Alien tersebut akan melakukan rekayasa genetik terhadap putra dari Howard dan Martha, yang mana Howard kemudian melakukan sesuatu yang cukup berani.

Dia menyuntikan serum buatannya sendiri untuk membatalkan semua rekayasa genetik dari Record 451, yang mana justru membuat Arno menjadi lemah dan sakit-sakitan. Untuk menyiasati agar Record 451 tidak tahu apa yang terjadi mereka mengadopsi anak lainnya, yang tidak lain adalah Tony Stark. Tony sendiri kemudian mengetahui fakta ini dan mencari keberadaan Arno. Bahkan, Arno yang menggantikan Tony sebagai Iron Man 2020.

Para karakter superhero dalam cerita komik memang penuh dengan twist, di mana salah satunya adalah ternyata mereka adalah saudara. Ada yang memang satu keluarga menjadi sosok pahlawan, namun ada juga yang ternyata keluarga lainnya menjadi sosok villain. Bagaimana menurut kalian tentang hal ini Geeks?

Exit mobile version