Home COMIC COMIC FEATURES 7 Tingkah Joker Paling Ekstrim di DC Universe!

7 Tingkah Joker Paling Ekstrim di DC Universe!

Joker memang dikenal sebagai karakter yang "gila", tapi dari berbagai tindakannya, berikut ini adalah yang paling ekstrim!

7 Hujan Kaca Beracun

Hujan kaca beracun merupakan salah satu tingkah Joker paling ekstrim di DC universe yang muncul dalam arc Lovers & Madmen karya Michael Green, Denys, Cowan, dan John Floyd. Cerita yang rilis pada tahun 2008 ini menghadirkan cerita origin yang baru dari momen pertemuan Joker dan Batman. Dalam cerita ini, Joker diperkenalkan sebagai seorang pria biasa bernama Jack.

Meskipun identitas dari Joker baru, perilaku dan kegilaan yang dihadirkan masih tetap sama. Buktinya adalah dia mengirimkan pesawat balon udara yang kemudian diarahkan ke menara Twin Tower di kota Gotham. Meskipun pihak kepolisian Gotham sudah berusaha untuk mencegah tabrakan terjadi, namun pada akhirnya pesawat tersebut tetap menabrak target dan meledak.

Yang kemudian jadi perhatian adalah efek ledakan dari pesawat tersebut di mana orang-orang yang ada di bawah atau sekitar gedung tersebut terkena serpihan kaca. Yang lebih gilanya lagi, kaca-kaca yang berjatuhan tersebut ternyata sudah dilapisi oleh racun yang sama yang membuat Joker menjadi gila. Dan akibat dari hal tersebut banyak orang-orang yang kemudian berubah menjadi sosok Joker dengan tawa khasnya.

6 Memakan Seluruh China

Geeks mungkin bingung maksud dari poin ini. Momen ini tidak terjadi dalam komik Batman, melainkan dalam komik Superman yang ceritanya berjudul Emperor Joker. Rilis di tahun 2021, cerita ini menghadirkan informasi di mana Joker bertemu dengan dengan musuh lama dari Superman, yaitu Mr. Mxyzptlk. Sosok yang berasal dari dimensi kelima tersebut memang sering berbuat keisengan.

Salah satunya adalah dia memberikan 1% dari kekuatannya kepada Joker. Dengan trik jahat yang dimiliki, Joker pada akhirnya berhasil memanipulasi Mr. Mxyzptlk untuk memberikan sisa kekuatan yang dia miliki. Akibatnya, Joker pun menjadi sosok paling kuat di seluruh alam semesta DC. Tidak ada yang bisa menghentikannya. Joker melakukan hal gila seperti menghabisi nyawa Superman, Batman, dan sebagainya.

Yang mengerikan adalah setelah mereka berhasil dihabisi, Joker akan kembali menghidupkannya. Dan dia melakukan hal tersebut berulang-ulang. Sementara itu, Joker memakan seluruh negara China dan penduduknya seolah-olah mereka adalah makanan. Untungnya, Mr. Mxyzptlk dan The Spectre berhasil melakukan sesuatu yaitu menciptakan sebuah realita baru dan menghentikan ulah Joker.

5 Memaksa Gordon Melihat Tubuh Putrinya

The Killing Joke dianggap sebagai sebagai salah satu cerita Joker terbaik sepanjang masa. Yang kemudian membuat cerita karya Alan Moore dan Brian Bolland ini terasa spesial adalah karena kita bisa melihat sisi gila, kejam, dan jahat dari Joker. Misi utama dari Joker dalam cerita ini adalah menghancurkan sosok Jim Gordon. Namun, dalam praktiknya, Barbara Gordon kemudian jadi korban tambahan dari rencana Joker.

Tanpa Barbara ketahui, pria yang mengetuk pintu apartemennya pada malam itu bukan temannya melainkan Joker. Bahkan, Joker menembak bagian panggul dari Barbara Gordon. Akibat dari tembakan tersebut, Barbara Gordon tidak bisa lagi beraksi sebagai Batgirl karena tubuh bagian bawahnya lumpuh akibat tulang panggulnya hancur. Namun, ada hal ekstrim lainnya dari Joker.

Pada saat Barbara terluka akibat luka tembakan itu, anak buahnya melucuti pakaian dari Barbara Gordon dan mengambil fotonya dalam keadaan tanpa busana. Foto-foto tersebut kemudian diperbesar dan ditempel di sebuah tempat di mana Jim Gordon diculik dan ditahan. Joker berharap jika Jim Gordon akan mengatakan semuanya dan kehilangan akal sehatnya. Namun, hal itu ternyata tidak terbukti.

4 Meninggalkan Anaknya

Dalam banyak cerita DC Comics, Joker sering diperlihatkan menjadi kekasih dari Harley Quinn. Nampak Quinn begitu jatuh cinta terhadap Joker, terlepas dari berbagai tindakan dan kekerasan yang dia lakukan terhadapnya. Harley Quinn tidak peduli dengan hal tersebut dan yang paling penting adalah dia berhasil mengalahkan Batman dan menyebarkan kekacauan dan teror.

Namun, tidak banyak yang tahu jika Joker sebenarnya memiliki seorang putri dari hubungannya dengan Harley. Hal ini terungkap dalam cerita komik Injustice. Ketika mengetahui Black Canary ternyata mengandung anak dari Green Arrow, Harley Quinn pun kemudian bercerita jika dia sendiri adalah seorang ibu dari seorang putri bernama Lucy. Usianya adalah empat tahun di mana Lucy tinggal bersama adik dari Harley Quinn.

Dalam curhatannya tersebut Harley Quinn sedih dan sadar jika Joker tidak akan mau menerima fakta jika Lucy adalah putrinya. Joker juga tidak akan peduli terhadap hal itu karena menurutnya misi dan pekerjaanya jauh lebih penting. Yang juga menyedihkan adalah sebenarnya Quinn sempat menghilang selama satu tahun untuk melahirkan anaknya tersebut. Tetapi, Joker tidak pernah menyadari atau mencari keberadaanya.

3 Meracuni Anak-anak

Rasanya Geeks semua setuju jika meracuni anak-anak adalah salah satu tindakan ekstrem yang pernah Joker lakukan di DC universe. Joker tidak pernah peduli dengan nyawa anak-anak, selama itu bisa membuatnya bertemu dan menaklukan sosok Batman. Dan hal ini pernah terjadi dalam alur cerita The Dark Knight Returns yang ditulis oleh Frank Miller di tahun 1986.

Dalam cerita ini, Batman merasa sudah muak dengan semua hal dan tindakan jahat yang dilakukan oleh Joker dan memutuskan untuk mengakhiri hal tersebut selamanya. Dalam pertarungan brutal yang terjadi antara Batman dan Joker, sebenarnya Bruce Wayne berhasil untuk melumpuhkan Joker. Namun, dia kemudian memutuskan untuk membuat orang berpikir jika Batman adalah pembunuh. Joker kemudian menghabisi nyawanya dengan mematahkan lehernya sendiri.

Namun, sebelum pertarungan brutal itu terjadi Batman sempat digiring ke sebuah taman bermain di mana dia melihat ada banyak jenazah anak-anak bergelimpangan. Ternyata, Joker sebelumnya sudah memberikan permen kapas yang sangat beracun kepada anak-anak tersebut. Hal inilah yang kemudian membuat Batman akhirnya benar-benar marah terhadap Joker dan berusaha untuk mengakhiri semuanya.

2 Menyiksa Harley Quinn

Seperti yang disebutkan di atas, tidak jarang jika Joker menyiksa atau melakukan kekerasan atau membuat Harley Quinn menderita. Hal ini hampir sering dia lakukan. Namun, dalam arc Death of the Family, fakta mengenai penyiksaan yang dilakukan oleh Joker terasa berbeda dan mengejutkan karena ada plot twist yang mengerikan yang dilakukan oleh sang badut.

Sempat disangka sudah tewas, Joker ternyata masih hidup dan kembali beraksi melakukan berbagai kejahatan. Kali ini, Joker mengincar nyawa dari Harley Quinn dan hendak memberikannya pelajaran. Pelajaran tersebut adalah agar tidak meninggalkan dan mengkhianati Joker dan memutuskan untuk meninggalkan Task Force X. Harley jelas tidak mau hal itu dan mereka berdua kemudian bertarung.

Sayangnya, Harley kalah dan ditawan di sebuah ruang bawah tanah. Yang mengerikan adalah Harley Quinn kemudian mendapatkan fakta jika berbagai tulang yang ada di ruangan bawah tanah tersebut berasal dari sosok “Harley” yang lain. Harleen Quinzel bukanlah sosok “Harley Quinn” yang pertama bagi Joker, karena ada sosok sebelumnya. Harleen berhasil melarikan diri dan Joker mengarahkan targetnya kepada Barbara Gordon.

1 Normalisasi Kekerasan Dalam Hubungan

Tindakan paling ekstrim dari Joker di DC universe adalah menormalisasi tindakan kekerasan dan penyiksaan dalam hubungannya dengan Harley Quinn. Meskipun Joker menganggap Harley sebagai pasangannya, namun tidak jarang juga dia menganggap Harley Quinn sebagai “mainan” untuk meluapkan amarahnya atau pun sosok yang dia jadikan sasaran untuk kekesalannya.

Hampir dalam setiap cerita yang menghadirkan hubungan antara Joker dan Harley Quinn, selalu ada momen di mana Joker menyiksa Harley Quinn. Joker seolah menganggap hal tersebut biasa tanpa memperdulikan bagaimana kondisi fisik dan psikis dari Harley Quinn. Meskipun begitu, Harley Quinn nampak selalu coba untuk menerima semua perlakuan kasar dari Joker tersebut.

Namun, dalam cerita di era modern atau dalam beberapa tahun belakangan DC Comics mulai memperlihatkan bagaimana Harley Quinn mampu untuk berdiri sendiri. Harley mulai sering mengatakan bahwa dia tidak lagi membutuhkan Joker dalam hidupnya, seperti yang diperlihatkan dalam alur cerita film Birds of Prey. Hal ini tentunya menjadi hal yang positif di mana Harley Quinn sudah mampu untuk berdiri sendiri.

Joker memang dikenal sebagai musuh Batman paling gila dan kejam serta brutal. Banyak cara-cara ekstrim yang Joker lakukan selama kemunculan di DC universe untuk membuat Batman muncul dan mengalahkan Batman. Dan berbagai tindakan gila dan kejam dari Joker ini tidak akan pernah berhenti selama alur cerita Joker masih ada dan selama DC Comics belum mau untuk menghentikan ulah Joker tersebut.

Exit mobile version