Home COMIC COMIC FEATURES Heroik, 5 Skrull Pengkhianat di Marvel Universe!

Heroik, 5 Skrull Pengkhianat di Marvel Universe!

Dalam sejarah Marvel Universe, bangsa bangsa alien Skrull dikenal sebagai salah satu ancaman terbesar bagi para superhero dan Bumi secara keseluruhan. Khususnya para super skrull yang merupakan tentara elite paling mematikan yang dibekali dengan kekuatan gabungan dari beberapa superhero terkenal. Namun, seperti halnya individu dalam setiap bangsa, selalu ada yang mengambil jalan berbeda dari yang lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima super skrull yang awalnya jahat, tetapi pada akhirnya malah mengkhianati bangsa mereka sendiri dengan menjalani petualangan heroik di Bumi!

5 Lyja

Dalam sejarah bangsa Skrull yang sangat panjang, Lyja dikenal sebagai salah satu super skrull yang dikirim lebih dahulu untuk mempersiapkan Secret Invasion sebelum yang lainnya datang untuk mengambil alih Bumi. Sebagai sosok yang telah melalui eksperimen genetik super skrull, Lyja mempunyai sejumlah kemampuan dasar anggota Fantastic Four, khususnya kekuatan api seperti Johnny Storm alias Human Torch dan medan energi seperti Sue Storm alias Invisible Woman.

Dalam kisah debutnya, Lyja diceritakan menyamar sebagai Alicia Masters yang mencoba mendekati Human Torch. Di mana dia berhasil membuat Human Torch jatuh cinta kepadanya, mereka bahkan sampai menikah di komik Fantastic Four #300. Setahun kemudian identitas asli Lyja sebagai seorang Skrull terbongkar dan dia dipaksa untuk menolong Alicia Masters yang sesungguhnya. Singkat cerita Alicia yang asli akhirnya menikah dengan anggota Fanstastic Four yang lain yaitu Ben Grimm alias The Thing.

Di sisi lain, perasaan Lyja pada Human Torch justru berubah menjadi cinta sejati, di mana dia kemudian memutuskan untuk mengambil jalan heroik sebagai anggota cadangan Fantastic Four. Sayangnya ketika Secret Invasion terjadi, dia dituntut oleh bangsanya untuk mengalahkan Fantastic Four. Meskipun awalnya dia berhasil mengirim markas Fantastic Four yang disebut Baxter Building ke Negative Zone, tetapi pada akhirnya dia tidak bisa menahan diri untuk membela keluarga dan teman-temannya di Bumi.

4 Xavin

Tidak jauh berbeda dari Lyja, Xavin adalah super skrull lain yang akhirnya mengambil jalan heroik karena perasaan cintanya kepada seorang superhero Bumi, tepatnya anggota tim super Runaways yang bernama Karolina Dean. Saat masih dalam masa pelatihan super skrull, di mana dia mendapatkan kekuatan radiasi kosmik dari DNA para anggota Fantastic Four, Xavin diatur untuk menikah dengan Karonila. Namun karena Karolina tampaknya tidak mencintai pria, Xavin sampai rela mengubah gendernya menjadi wanita.

Seperti yang kita tahu, mengubah gender sendiri adalah salah satu kemampuan dasar Skrull yang memang sejak awal bisa berubah bentuk sesuai dengan kehendaknya. Pada titik inilah cintanya kepada Karolina mulai sedikit berbalas, Xavin bahkan sempat bergabung dengan tim superhero Runaways dalam beberapa misi. Ketika sekelompok alien jahat berusaha menculik Karolina, Xavin sengaja membuat dirinya agar terlihat seperti kekasihnya dan membiarkan dirinya diculik.

Pengorbanan demi pengorbanan terus dilakukan Xavin demi mendapatkan hati Karolina seutuhnya. Saat Secret Invasion berlangsung, alih-alih melanjutkan misi yang diperintahkan bangsanya, Xavin malah membantu Runaways untuk mengalahkan sejumlah Skrull jahat, seperti Chrell dan X’iv. Namun karena sejak awal dia bukan bagian dari Bumi, setelah peristiwa Secret Invasion berakhir, Xavin terpaksa meninggalkan Bumi dan orang terkasihnya sambil diselimuti kesedihan yang mendalam.

3 Kl’rt

Penggemar setia Marvel pasti tahu siapa Kl’rt yang dijuluki sebagai Super Skrull pertama. Dia awalnya adalah seorang jenderal Skrull yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti eksperimen genentik super skrull perdana, di mana dia mendapatkan kekuatan gabungan dari DNA para anggota Fantastic Four. Dengan kekuatan barunya ini dia langsung diutus ke Bumi untuk mengalahkan Mister Fantastic dan kawan-kawan tanpa embel-embel penyusupan dan penyamaran.

Meskipun dalam prosesnya dia dikalahkan oleh Fantastic Four, Ki’rt tidak pernah mau menyerah dengan misinya. Hal tersebut bisa terjadi karena dia punya ambisi untuk menjamin kehidupan serta kebahagiaan keluarga Skrull-nya dengan jabatannya sebagai seorang super skrull yang dipercaya bangsanya. Namun siapa sangka setelah menjadi salah satu supervillain paling berpengaruh dalam sejarah Marvel, pada peristiwa Secret Invasion dia justru memutuskan untuk berkhianat pada bangsanya.

Pada saat itu dia tiba-tiba berbalik melawan Skrull jahat dengan membantu She-Hulk. Dia bahkan menyuruh sepupu Hulk tersebut untuk merahasiakan pertolongannya dari siapa pun. Terakhir kali Kl’rt muncul di Marvel Universe, dia diceritakan sudah mengambil jalan yang lebih heroik dengan bergabung tim Guardians of the Galaxy. Di mana Kl’rt alias Super Skrull bertanggung jawab dalam memantau berbagai ancaman galaksi dari stasiun luar angkasa Proscenium.

2 Criti Noll

Saat Marvel pertama kali menceritakan kisah Secret Invasion, Criti Noll adalah salah satu super skrull yang mendapatkan misi besar untuk menyusup ke Avengers sebagai Hank Pym. Pada saat itu karena Hank lebih dikenal sebagai Yellowjacket, Criti Noll juga digambarkan mempunyai kemampuan super untuk menyusut dan membesar. Bedanya dengan Hank yang selalu membutuhkan Pym Particle untuk beraksi, Criti Noll justru sudah mempunyai kemampuan super tersebut dari dalam DNA-nya.

Bersama super skrull yang lain, Criti Noll awalnya sempat menduduki Avengers dan hampir berhasil menguasai planet Bumi secara keseluruhan. Namun menjelang peristiwa Secret Invasion, dia malah merasa nyaman dengan kehidupannya di Bumi bersama para manusia. Seiring berjalannya waktu, sisi heroik Criti Noll sebagai seorang super skrull akhirnya muncul ketika Hulk dan para gladiator Warbound menginvasi Bumi dalam peristiwa World War Hulk.

Ketika Hulk hampir menghancurkan seisi Kota New York, Criti Noll tidak ragu menolong pemilik restoran yang selama ini telah memberinya makan enak. Di hadapan bangsanya sendiri dia bahkan membela umat manusia dan menyarankan para Skrull untuk meninggalkan Bumi. Hal ini otomatis membuat bangsanya marah dan memutuskan untuk membunuhnya. Karena posisi Criti Noll yang strategis, Ratu Skrull yang bernama Veranke lantas menggantikannya dengan kloning yang jauh lebih jahat dari versi aslinya.

1 Khn’nr

Khn’nr adalah super skrull yang diberi misi oleh bangsanya untuk menyamar sebagai pejuang Kree yang bernama Mar-Vell alias Captain Marvel pertama. Jauh sebelum Secret Invasion terjadi, dia sudah berhasil menyamar sebagai superhero bahkan menjadi bagian dari Avengers tanpa seorang pun yang menyadarinya. Alasannya karena dalam DNA Khn’nr mengalir DNA Kree Captain Marvel yang membuatnya sama-sama memiliki kekuatan kosmik luar biasa.

Eksperimen genetik Super Skrull sendiri telah membuatnya mampu terhubung dengan replika senjata Captain Marvel yang disebut Nega-Bands, sehingga baik kree maupun penduduk Bumi sama sekali tidak ada yang sadar bahwa Khn’nr adalah seorang Skrull. Walaupun begitu, karena kondisi mentalnya rusak, Khn’nr justru malah merasa lebih nyaman sebagai superhero. Itulah mengapa saat Secret Invasion terjadi, super skrull yang satu ini malah mengedepankan sisi heroik dalam dirinya untuk melawan para Skrull jahat.

Itulah lima super skrull di Marvel Universe yang terbukti mempunyai sifat-sifat heroik sampai akhirnya rela berkhianat pada bangsanya sendiri. Eksistensi mereka secara tidak langsung telah membuktikan bahwa tidak semua super skrull jahat. Lima super skrull ini adalah contoh bagaimana sebuah perjalanan hidup dapat mengubah seseorang dari penjahat menjadi pelindung Bumi yang sesungguhnya.

Exit mobile version