Home COMIC COMIC FEATURES 7 Fitur Rahasia di Armor Iron Man!

7 Fitur Rahasia di Armor Iron Man!

Sejak debutnya pada tahun 1960-an, Tony Stark alias Iron Man telah menjadi salah satu superhero paling ikonis dalam dunia komik dan film-film Marvel. Salah satu alasan utama mengapa karakternya sangat populer adalah karena Iron Man memiliki desain armor yang sangat keren sekaligus canggih. Namun tahukah kalian bahwa di balik tampilannya yang mengesankan, armor Iron Man juga sebenarnya menyimpan banyak fitur rahasia yang membuatnya makin kuat dan juga unik. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap tujuh fitur rahasia yang tersembunyi di dalam armor Iron Man, baik versi komik maupun filmnya!

7 Sepatu Roda Jet

Jet powered roller skate atau sepatu roda jet adalah fitur rahasia paling pertama yang tersimpan di balik salah satu armor klasik Iron Man, tepatnya Mark II di Marvel Universe. Sesuai dengan namanya, fitur yang satu ini sejatinya adalah sepatu roda yang bisa muncul dari armor bagian kakinya. Semuanya bermula dari ide Iron Man yang ingin menciptakan transportasi baru untuk tentara Amerika. Dia lantas melakukan uji coba pada armornya sendiri dengan menyematkan sepatu roda bertenaga jet. Hasilnya fitur yang satu ini memungkinan dia untuk bergerak seperti superhero yang mempunyai kecepatan super.

6 Toilet Berjalan

Sebagai penggemar, mungkin tidak sedikit di antara kita yang bertanya-tanya bagaimana Iron Man buang air ketika dirinya tengah mengenakan armor. Pada kenyataannya hal ini ternyata sudah ada di pikiran Iron Man sejak awal, di mana dia sengaja menciptakan fitur rahasia di balik armor miliknya yang berfungsi sebagai sistem pembuang. Seperti yang pernah diceritakan di film Iron Man 2, ketika dia dengan sengaja buang air di depan umum saat mengenakan armor Mark VI. Fitur ini secara tidak langsung telah membuatnya tidak hanya dikenal sebagai gudang senjata berjalan Marvel, tetapi juga sebagai ‘toilet berjalan’.

5 Counterattack Mode

Saat ini mungkin masih banyak yang belum sadar mengapa Iron Man mahir bertarung walaupun dia tidak pernah mendalami ilmu beladiri. Hal yang sama juga sempat menjadi isu di kalangan villain Marvel yang mengira bahwa Iron Man tidak bisa apa-apa tanpa semua persenjataan miliknya. Faktanya ada satu fitur rahasia di balik armor Iron Man yang membuatnya bisa mengalahkan semua lawannya dalam pertarungan. Yaitu counterattack mode yang memungkinkannya untuk membaca gerakan lawan dan kemudian melakukan serangan balik dengan mematikan. Hal ini pernah diceritakan ketika Iron Man harus menghadapi Captain America dan Winter Soldier di film MCU Captain America: Civil War.

4 Build In Armor

Setelah bertahun-tahun mendalami dan memperbarui kualitas armornya, Iron Man pernah sampai pada satu titik di mana dia mampu dan dengan sengaja memasukan armor ke dalam tubuhnya sendiri. Contoh terbaik untuk menggambarkan fitur rahasia yang satu ini adalah Extremis armor milik Iron Man yang tersimpan di dalam tulang belakangnya. Hal tersebut bisa terjadi karena armornya tercipta dari virus atau bakteri nano yang sangat kecil dan banyak, sehingga bisa tersimpan di balik pori-pori kulit dan tulang-tulangnya. Ketika dibutuhkan fitur ini memungkinkan Iron Man untuk berubah kapan pun dalam kondisi apa pun.

3 “Transformers”

Penggemar film Hollywood atau mainan Amerika pasti tahu apa itu Transformers. Waralaba multimedia yang satu ini terkenal karena robot-robotnya yang bisa berubah menjadi bentuk alternatif lain. Nah di Marvel Universe sendiri, Iron Man pernah menyematkan fitur rahasia ini ke dalam salah satu armornya yang disebut Bleeding Edge. Teknologi nano dari armor yang satu ini memungkinkan amor Iron Man untuk berubah menjadi bentuk lain, termasuk setelan jas, armor lain, atau bahkan mobil seperti armor Mark 52. Bleeding Edge sendiri kurang lebih mirip seperti armor nanotech Mark 85 di jagat sinema MCU.

2 Artificial Healing Factor

Meskipun bukan seorang mutan, Iron Man ternyata mempunyai fitur rahasia di balik armor miliknya yang membuatnya nyaris abadi seperti Wolverine. Fitur ini lahir dari ambisi Iron Man yang ingin menyembuhkan semua penyakit di dunia dengan teknologi canggih ciptaannya. Dari situlah lahir sebuah teknologi nano hidup yang bisa mengobati luka bahkan mengganti bagian tubuh yang hilang layaknya healing factor versi artifisial. Itulah mengapa Iron Man bisa bertarung untuk waktu yang lama walaupun tubuhnya sudah mengalami luka-luka. Sayangnya karena teknologi nano hidup ini terbatas, maka penggunaannya pun tergantung dari ketersediaan yang ada di balik armornya.

1 Akses Komuninasi

Fitur rahasia terakhir yang terdapat di balik armor Iron Man adalah akses komunikasi yang sangat luas, sampai-sampai dia bisa menggunakannya untuk masuk ke obrolan orang lain. Seperti yang kita tahu, bersamaan dengan pengembangan armornya, Iron Man sebenarnya cukup sering menerbangkan sejumlah satelit buatannya sendiri ke luar angkasa. Siapa sangka ternyata satelit-satelit inilah yang memungkinkan Iron Man untuk menembus semua obrolan yang dilakukan menggunakan sistem komunikasi apa pun jenisnya. Tentunya fitur yang satu ini membuat Iron Man nyaris seperti dewa, karena jika mau dia bisa dengan mudah mengetahui semua rahasia dunia.

Itulah tujuh fitur rahasia armor Iron Man yang jarang orang tahu. Berdasarkan semua fitur ini bisa kita simpulkan bahwa armor Iron Man bukan hanya sekadar kostum superhero yang hanya mengandalkan penampilan. Karena di balik tampilannya sendiri, ternyata ada banyak fitur rahasia yang membuatnya tak terkalahkan. Mulai dari toilet berjalan sampai artificial healing factor, fitur-fitur ini telah memberikan Iron Man keunggulan yang luar biasa dalam melawan kejahatan di Marvel Universe.

Exit mobile version