Penggemar komik superhero Amerika, baik Marvel maupun DC, tidak hanya menikmati petualangan dan kekuatan yang luar biasa dari karakter favorit mereka. Dalam beberapa kasus, mereka juga seringkali tertarik dengan nilai koleksi yang terkait dengan komik-komiknya. Di dunia kolektor komik sendiri, ada beberapa komik superhero yang dihargai dengan nilai yang sangat tinggi bahkan cenderung tidak masuk akal. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lima komik superhero termahal sepanjang masa, yang menjadi incaran para kolektor di seluruh dunia. Apa saja? Simak di bawah ini, Geeks!

Marvel Comics #1 (1939)

Komik superhero termahal yang akan kita bahas pertama adalah Marvel Comics #1 dari penerbit Timely Comics (nama lama Marvel Comics). Di komik debut Marvel Universe ini untuk pertama kalinya penggemar diperkenalkan pada pionir superhero di semestanya, yaitu Jim Hammond alias Human Torch yang merupakan android dan Raja Atlantis bernama Namor the Sub-Mariner. Sebagai komik pertama Marvel tidak aneh jika sekarang banyak kolektor yang mengincar Marvel Comics #1. Yang luar biasanya adalah komik ini ternyata pernah laku terjual di pelelangan dengan harga 2,4 juta dolar Amerika atau sekitar 36,6 miliar rupiah pada tahun 2022 lalu.

Captain America Comics #1 (1941)

komik superhero termahal

Masih dari penerbit Timely Comics, komik superhero termahal selanjutnya yang sekarang bernilai fantastis adalah Captain America Comics #1 yang rilis tahun . Sesuai dengan judulnya, komik Marvel Universe ini untuk pertama kalinya menceritakan origin Steve Rogers sebagai seorang super-soldier kebanggan Amerika yang dijuluki Captain America. Salah satu nilai jual dari komik ini adalah sampulnya yang memperlihatkan Captain America meninju wajah Hitler padahal pada saat itu Perang Dunia II belum berakhir. Tahun 2022 lalu komik ini laku terjual di pelelangan seharga 3,1 juta dolar Amerika yang jika dirupiahkan saat ini mencapai 46,6 miliar.

Action Comics #1 (1938)

komik superhero termahal

Selain Marvel, penerbit DC juga memiliki komik langka berjudul Action Comics #1 yang saat ini menjadi incaran banyak kolektor di seluruh dunia. Komik pertama DC Universe ini menandai debut salah satu superhero paling populer sepanjang masa yang saat ini basis penggemarnya sangat besar di seluruh dunia, siapa lagi kalau bukan Superman. Ciri khas dari salah satu komik superhero termahal ini bisa dengan mudah dikenali dari sampulnya yang memperlihatkan Superman tengah mengangkat sebuah mobil. Untuk nilainya, Action Comics #1 pernah laku terjual di pelelangan resmi seharga 3,2 juta dolar atau 48,6 miliar rupiah, dan pada penjualan pribadi dengan harga 3,5 juta dolar atau 53,1 miliar rupiah.

Amazing Fantasy #15 (1962)

komik superhero termahal

Meskipun tidak setua komik-komik superhero di atas, tetapi Amazing Fantasy #15 dari Marvel Comics termasuk salah satu komik termahal sepanjang masa. Pasalnya pada tahun 2021, komik ini tercatat pernah laku terjual di pelelangan dengan harga 3,6 juta dolar atau sekitar 53,8 miliar rupiah. Alasan mengapa komik ini sangat diincar oleh para kolektor adalah karena di komik ini untuk pertama kalinya Stan Lee memperkenalkan Peter Parker alias Spider-Man di Marvel Universe. Lengkap dengan origin karakternya yang sampai sekarang masih diceritakan di berbagai media, yaitu ketika Paman Ben terbunuh setelah memberi pesan ikonis kepada Peter bahwa “with great power comes great responsibility.”

Superman #1 (1939)

komik superhero termahal

Di antara semua komik Marvel maupun DC, sejauh ini Superman #1 adalah komik superhero termahal sepanjang masa. Melalui komik ini untuk pertama kalinya DC mengungkap sejarah Superman, bahwa dia sebenarnya adalah seorang alien dari Planet Krypton yang telah hancur. Pada titik inilah baby Kal-El alias Superman diadopsi oleh keluarga Kent yang lantas memberinya nama Clark agar kelak dia bisa berbaur dengan manusia. Di pelelangan resmi Superman #1 pernah laku terjual pada tahun 2021 dengan harga 2,6 juta dolar atau sekitar 38,9 miliar rupiah. Namun pada penjualan pribadi tahun lalu seseorang pernah membeli komiknya seharga 5,3 juta dolar atau 79,2 miliar rupiah. Dengan harga tersebut, kita bisa membeli sekitar 120 mobil Tesla yang rata-rata memiliki harga sekitar 44 ribu dollar saja.

Lima komik termahal di atas adalah contoh dari sebuah karya superhero yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah pop culture. Harganya yang tinggi mencerminkan betapa pentingnya karakter dan origin superhero yang saat ini mempunyai basis penggemar terbesar di seluruh dunia. Bagi para kolektor dan pecinta komik fanatik, hal-hal seperti ini mungkin sudah lumrah untuk dilakukan, karena sejatinya komik-komik ini adalah harta karun yang tak ternilai sekaligus saksi bisu dari perkembangan komik superhero Amerika yang telah berjalan selama puluhan tahun.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.