Pedang menjadi salah satu senjata paling sering digunakan dalam dunia One Piece. Bahkan pedang lebih sering terlihat daripada senjata lainnya. Memang bajak laut selalu diidentikkan dengan pedang, sehingga penggunaan pedang bukanlah hal aneh. Sudah banyak pedang hebat yang diceritakan di One Piece. Tetapi beberapa di antara pedang tersebut ada yang dianggap terkutuk, karena memberikan aura negatif kepada penggunanya. Apa saja pedang terkutuk tersebut?

Nidai Kitetsu

Sesuai dengan namanya, pedang yang konon terkutuk ini diciptakan oleh seorang pembuat pedang bernama Kotetsu, leluhur dari Tenguyama Hitetsu. Namun sekarang pedangnya tak lagi dimiliki oleh Kotetsu, melainkan oleh Tenguyama Hitetsu alias Kozuki Suki dan tersimpan di Wano. Tidak diketahui secara pasti bagaimana Kotetsu menempatkan kutukan pada pedangnya itu, tetapi sudah banyak karakter yang merasakan kutukan dari pedang ini. Contohnya adalah Luffy. Ketika Luffy diperingkatkan Hitetsu bahwa Nidai Kitetsu terkutuk, Luffy mengabaikannya dan menggunakan pedang ini serampangan. Dan Luffy sendiri merasakan sesuatu yang berbeda dari pedang ini.

Shodai Kitetsu

Sejauh ini, bentuk dan pemilik Shodai Kitetsu masih misterius. Tetapi banyak yang menduga bahwa pedang terkutuk itu sekarang dimiliki oleh Gorosei, melihat bentuk dari gagangnya. Namun yang harus dicatat bahwa hal itu masih belum dikonfirmasi kebenarannya. Konon, Shodai Kitetsu adalah pedang Kitetsu yang paling kuat di antara semua pedang. Namanya juga menunjukkan bahwa Shodai Kitetsu adalah yang pertama dari tiga Kitetsu yang dibuat. Dan mengingat pedang ini datang dari keluarga Kotetsu, maka dapat dipastikan bahwa pedangnya juga terkutuk. Mungkin tak lama lagi, kita akan segera melihat pedang ini dalam cerita One Piece.

Sandai Kitetsu

Inilah pedang dari Kitetsu terakhir dalam daftar ini. Buat Geeks yang belum tahu, Tenguyama Hitetsu lah yang menciptakan pedang ini sampai akhirnya sebuah toko di Loguetown memilikinya. Namun suatu ketika, pemilik dari toko tersebut, Ipponmatsu, merasa kawatir dengan pedang ini yang dianggap terkutuk dan menjualnya dengan harga murah. Hingga akhirnya pedang ini jatuh ke tangan Zoro setelah dia mencoba peruntungannya. Zoro sendiri menyadari bahwa pedang ini terkutuk. Dan meski begitu, Zoro tetap menggunakan pedang ini selama beberapa waktu lalu untuk mengalahkan musuh.

Kikoku

Inilah pedang yang dimiliki oleh Trafalgar Law. Eiichiro Oda sudah mengkonfirmasi bahwa pedang ini merupakan pedang terkutuk, meski tidak punya peringkat sama sekali. Dan yang harus dicatat bahwa Kikoku bukan bagian dari Kitetsu. Karena ukurannya, Law biasanya membawa Kikoku di atas pundaknya, berbeda dengan beberapa pengguna pedang yang menyimpan pedangnya di pinggul. Dengan menggabungkan kekuatan Ope Ope no Mi, Law pernah menggunakan pedang ini seperti pisau bedah untuk memotong atau menusuk dari kejauhan. Konon dengan kekuatan penuh, pedang ini bisa membelah gunung dan meteor.

Schichiseiken

Yang harus dicatat bahwa Schichiseiken bukanlah pedang canon karena hanya muncul dalam film The Cursed Holy Sword. Pedang ini digunakan oleh Saga, antagonis utama dalam film tersebut. Dia adalah teman masa kecil Zoro sekaligus mantan Maya. Sebagai pedang terkutuk, Schichiseiken ternyata mampu mempengaruhi penggunannya. Pedangnya mampu membuat siapapun yang memegangnya menjadi sangat kejam, karena itulah efek negatif yang ditimbulkan dari pedang ini. Saga menjadi contoh bagaimana Schichiseiken mampu mengubahnya, dan tanpa memegang pedang ini, Saga berubah drastis.

Itulah dia Geeks beberapa pedang terkutuk yang pernah dikenalkan dalam cerita One Piece. Di antara beberapa pedang tersebut, mana yang pernah kalian lihat Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/