Dalam beberapa film ternyata kata-kata umpatan sangat sering diucapkan oleh para aktornya dalam dialog mereka yang membuat film tersebut jadi film yang memiliki banyak kata umpatan. Dialog dalam sebuah film memang jadi salah satu elemen penting yang tidak terpisahkan. Pasalnya, dialog tersebut adalah jembatan untuk kemudian menghadirkan sebuah akting yang menarik dan natural.

Mayoritas film-film Hollywood memang menghadirkan kata umpatan untuk membuat situasi dalam sebuah adegan terasa nyata dan cair, meskipun ada juga yang kemudian melarang atau menghindari hal tersebut. Tetapi, dalam beberapa film justru kata umpatan seolah menjadi “kata sambung” dalam kalimat yang mereka ucapkan. Dan berikut adalah deretan film yang banyak menghadirkan kata umpatan atau kata kotor.

The Outpost

Sudah bukan hal aneh jika film perang atau bertema tentang peperangan tidak akan ragu-ragu dengan bahasa yang dihadirkan dalam dialog, termasuk menghadirkan kata umpatan. Pasalnya, hal tersebut menjadi gambaran dari situasi hidup dan mati yang dihadapi oleh para tentara di medan perang. Dan untuk menangkap sisi realitas tersebut para penulis naskah biasanya sering menghadirkan kata umpatan.

The Outpost adalah contoh nyata dari hal tersebut. Film yang dirilis pada 2006 ini menyuguhkan cerita pertempuran di wilayah Kamdesh, Afghanistan. Diketahui dalam filmnya terdapat 355 kata umpatan yang diucapkan dalam dialog para aktor. Namun, kembali, seperti disebutkan di atas bahwa hal ini sengaja dilakukan untuk menghadirkan sisi realitas para tentara di medan perang.

Straight Outta Compton

Straight Outta Compton merupakan sebuah film biopik tentang sebuah kelompok musik rap legendaris yaitu NWA. Personilnya sendiri adalah para rapper legendaris seperti Ice Cube, Snoop Dog, Eazy E, dan sebagainya. Meskipun masa-masa kejayaan mereka tidak lama, namun berbagai kontroversi dan karya yang mereka hasilkan berhasil memberikan pengaruh besar di industri musik khususnya rap.

Disutradarai dan diproduseri oleh para personel asli dari NWA, film ini coba untuk menghadirkan cerita masa lalu mereka. Seperti yang sering diperlihatkan oleh para rapper tersebut di dunia nyata, di film ini diperlihatkan bagaimana mereka tidak ragu untuk menghadirkan berbagai kata umpatan baik dalam kehidupan sehari-hari atau dalam lirik yang mereka ciptakan. Total ada sekitar 392 kata umpatan yang muncul dalam filmnya.

Nil By Mouth

Nil by Mouth adalah sebuah film drama Inggris yang kelam dan intens tentang sebuah keluarga kelas pekerja yang tinggal di wilayah London. Dibintangi oleh Ray Winstone, hampir di sepanjang filmnya para penonton disuguhkan kata umpatan yang dihadirkan oleh Ray Winstone dan karakter lain. Hal ini memang wajar, mengingat Ray adalah karakter yang populer karena sifat emosionalnya.

Diketahui ada total sekitar 428 kata umpatan yang dihadirkan dalam film Nil by Mouth. Ini juga jadi film debut bagi Gary Oldman sebagai sutradara. Dan menurut informasi lainnya film ini diadaptasi dari kehidupan nyata yang dialami oleh Oldman ketika membuat filmnya. Mungkin, inilah alasan mengapa filmnya begitu kelam dan penuh dengan emosi.

Summer of Sam

Sebuah fakta menarik adalah film drama kriminal Summer of Sam pernah memegang rekor sebagai film dengan kata umpatan terbanyak pada 1999 sampai 2005. Diketahui ada total 435 kata umpatan yang keluar dari film ini. Namun, karena durasi yang terlalu lama dan alur cerita yang kurang fokus membuat film ini memang kurang populer. Meskipun begitu, sang sutradara, Spike Lee, dianggap berhasil menghadirkan energi dan gayanya di film ini.

Summer of Sam sendiri bersetting di era akhir 1970an, di mana penduduk kota New York dihinggapi oleh rasa takut oleh ancaman dari seorang pembunuh berantai. Dengan tensi yang tinggi dan ketegangan yang dihadirkan, para karakter dalam ceritanya pada akhirnya menghadirkan kata-kata umpatan dalam keseharian mereka.

Uncut Gems

Ini adalah salah satu film terbaik yang dibintangi oleh sosok adam Sandler. Uncut Gems adalah film yang disutradarai oleh Safdie Brothers dan dirilis pada 2019 kemarin. Filmnya sendiri bercerita tentang seorang pecandu judi yang tidak tahu kapan dia harus berhenti. Melihat premis filmnya ini, di mana sang karakter selalu berada di bawah tekanan, tidak mengherankan jika ada banyak kata umpatan yang kemudian muncul dalam ceritanya.

Kata-kata umpatan tersebut dihadirkan ketika sang karakter berda di luar kendali, saat dia saling mengejek satu sama lain dengan karakter lain, dan sebagainya. Jumlah kata umpatan yang kemudian muncul dalam film Uncut Gems ini mencapai 560 kali. Sehingga, rasanya wajar jika kemudian film ini masuk dalam daftar salah satu flm dengan kata umpatan paling banyak terutama dalam 10 tahun terakhir.

The Wolf Of Wall Street

Salah satu film epik di awal era 2010 yang disutradarai oleh Martin Scorsese dan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Margot Robbie. Film ini berkisah tentang sosok Jordan Belfort, salah satu broker atau pialang besar di Wall Street. Namun, kesuksesannya harus hancur setelah diketahui dia melakukan berbagai tindakan kriminal seperti menipu para kliennya dengan berbagai investasi kurang menguntungkan.

Dalam film ini, kita melihat bagaimana kondisi lingkungan dan sekitar dari Jordan Belfort yang sangat kacau setelah dia berubah menjadi sosok yang sukses. Kehidupannya seolah tidak bisa dikendalikan dengan adanya narkoba dan hal gila lainnya. Sehingga, rasanya masuk akal jika ada 569 kata umpatan yang kemudian dihadirkan di film ini baik yang dihadirkan oleh Jordan atau pun karakter lain.

F★CK

Simpelnya, ini merupakan film dokumenter dari sejarah kata umpatan yang sangat populer ini. Dan karena ini adalah film sejarah dari kata tersebut, tentunya akan ada banyak penggunaan dari kata umpatannya. Film dokumenter ini memang menghadirkan sebuah premis unik dan menarik, di mana para penonton disuguhkan tentang asal-usul dari kata umpatan yang populer ini, berbagai macam penggunaanya, dan mengapa kata umpatan ini begitu kontroversial.

Film ini juga banyak menghadirkan wawancara dengan sederet komedian yang memang dikenal sering melontarkan lelucon yang menggunakan kata tersebut, yang mana ternyata sangat menarik dan lucu. Meskipun filmnya menghadirkan sejarah dari kata fenomenal tersebut, namun film ini menghadirkan total 857 kata umpatan di filmnya.

Swearnet: The Movie

Dari seluruh film yang ada dalam daftar dan juga berbagai film yang dihadirkan di industri perfilman sejauh ini, Swearnet: The Movie menjadi film yang banyak menghadirkan kata umpatan dalam sejarah. Hal ini memang tidak mengejutkan, apalagi jika kita melihat judulnya. Dalam film ini, hampir 1000 kata umpatan dikeluarkan di mana total pastinya adalah 935.

Film ini menghadirkan sebuah cerita di mana sekelompok orang berusaha untuk menghadirkan sebuah jaringan daring khusus di mana tidak ada sensor sama sekali. Hal ini mereka lakukan setelah mereka sangat marah dan terganggu dengan penyensoran yang terjadi di TV. Sayangnya, selain menjadi film yang paling banyak memiliki kata umpatan tidak ada hal positif yang muncul karena film ini mendapatkan ulasan yang buruk dari banyak orang.

Kata-kata umpatan dalam sebuah film memang bisa menjadi contoh buruk bagi para penontonnya. Meskipun begitu, terkadang, kata-kata tersebut juga dirasa perlu dan bisa menjadi elemen menarik dari filmnya. Seperti yang disebutkan di paragraf awal, jika kata-kata umpatan tersebut bisa menghadirkan unsur natural dan realistis dalam sebuah adegan di film.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.