Mjolnir milik Thor sering kali dianggap senjata kosmik paling kuat di Marvel Universe. Namun tahukah kalian bahwa posisinya sebagai Mighty Mallet Asgard sempat hampir tergeser oleh delapan palu mistis lainnya. Semuanya bermula dari kebangkitan Cul Borson, di mana paman Thor ini lantas menunjuk delapan titisan pasukan khususnya yang disebut Worthy untuk merasuki para karakter tangguh Marvel melalui Mighty Mallet. Saking kuatnya inang dan palu mistis yang dimaksud, Thor sampai harus meminta bantuanĀ  Avengers. Berikut ini delapan palu mistis Asgard yang tidak kalah hebat dari Mjolnir!

Hammer of Skadi

Sesuai dengan namanya Hammer of Skadi adalah palu Asgard yang diciptakan khusus untuk salah satu pasukan elite Cul Borson yang bernama Skadi. Saat Cul pertama kali tewas, palu ini diceritakan jatuh di Bumi kemudian ditemukan oleh Red Skull dan dipakai oleh anaknya yang bernama Sin. Siapa pun yang layak untuk mengangkatnya seperti Sin akan langsung berubah menjadi Skadi. Hammer of Skadi sendiri memungkinkan penggunanya untuk terbang, melakukan teleportasi, menembakkan energi penghancur, serta tentu saja menggunakannya untuk senjata jarak dekat dan jarak jauh.

Hammer of Kuurth

Hammer of Kuurth merupakan senjata andalan dari salah satu anggota pasukan elite Cul Borson alias Agent of Destruction bernama Kuurth. Ketika Cul dibangkitkan oleh Sin menggunakan Hammer of Skadi, palu mistis yang satu ini diceritakan tiba-tiba menghantam penjara Raft milik SHIELD dan hanya bisa diangkat oleh Juggernaut. Pada tiktik inilah Juggernaut mendapatkan julukan Breaker of Stone, karena di tangannya Hammer of Kuurth sama sekali tidak bisa dihentikan. Energi yang meledak-ledak dari palu mistis Asgard ini dapat menghancurkan apa pun yang disentuhnya.

Hammer of Nul

Sama seperti palu mistis Asgard lainnya, ketika Cul bangkit Hammer of Nul juga tiba-tiba jatuh di Bumi, tepatnya di Brazil. Hulk dan Red She-Hulk yang berada di lokasi langsung menginvestigasi tempat kejadian perkara dan mencari tahu asal usul dari palu tersebut. Mirisnya ketika Hulk mencoba mengangkatnya, dia langsung dirasuki oleh salah satu Agent of Destruction bernama Nul dan menghancurkan kota di sekitarnya. Para korban yang menyaksikan kombinasi kekuatan dahsyat Hulk dan energi api dari Hammer of Nul langsung menjulukinya Breaker of Worlds alias penghancur dunia.

Hammer of Nerkkod

Dikenal sebagai Weapon of Destruction, Hammer of Nerkkod adalah senjata andalan Nerkkod yang jatuh di Samudra Pasifik kemudian ditemukan oleh supervillain Attuma. Pada titik inilah Attuma yang berhasil mengangkatnya langsung berubah menjadi Nerkkod dan menggunakannya untuk menghancurkan New Atlantis. Itulah mengapa akhirnya dia dijuluki Breaker of Oceans alias penghancur lautan. Sama seperti sebagian besar palu Asgard, Hammer of Nerkkod memungkinkan penggunanya untuk terbang serta mengeluarkan energi listrik dan api untuk melumpuhkan para lawannya.

Hammer of Skirn

Jatuh di Afrika saat kebangkitan Cul Borson, Hammer of Skirn berhasil ditemukan oleh Absorbing Man yang tidak bisa menyerap atau mengangkatnya. Dia lantas memanggil Titania yang terbukti mampu mengangkatnya dan berubah menjadi Skirn, salah satu Agent of Destruction. Meskipun tidak bisa mengeluarkan tembakan energi seperti palu mistis Asgard lainnya, tetapi Hammer of Skirn masih mempunyai kemampuan untuk menghancurkan apa pun yang disentuhnya. Karena Titania adalah supervillain wanita yang sering digambarkan lebih tangguh dari pria, akhirnya dia dijuluki Breaker of Men.

Hammer of Greithoth

Setelah Titania berhasil mengklaim Hammer of Skirn, dia lantas memandu Absorbing Man untuk mencari palu mistis lain yang jatuh di Bumi. Sampai akhirnya mereka menemukan Hammer of Greithoth yang jatuh di Pegunungan Kunlun di Tiongkok. Absorbing Man yang kali ini berhasil mengangkatnya, langsung menjelma menjadi titisan Greithoth dan menjadi Breaker of Wills. Selain digunakan untuk serangan jarak dekat dan bisa dilempar untuk serangan jarak jauh, Hammer of Greithoth memungkinkan Absorbing Man untuk mengeluarkan energi listrik penghancur seperti palu Asgard lainnya.

Hammer of Mokk

Hammer of Mokk adalah palu Asgard yang diceritakan jatuh di Paris dan ditemukan leh supervillain Grey Gargoyle. Ketika menyentuhnya Grey Gargoyle langsung berubah menjadi Mokk yang dikenal sebagai Agent of Destruction Cul yang dijuluki Breaker of Faith. Sebelum Cul memanggil para Worthy, Gargoyle sempat lebih dahulu menggunakan Hammer of Mokk untuk mengacau di Paris dan mengubah sejumlah penduduknya menjadi batu. Selain itu, sama seperti palu lainnya Hammer of Mokk juga memungkinkan penggunanya untuk terbang sampai ke Asgard tanpa bantuan Rainbow Bridge.

Hammer of Angrir

Terakhir, palu Asgard lainnya yang terbukti bisa menandingi kehebatan Mjolnir adalah Hammer of Angrir, yang awalnya diciptakan khusus untuk Agent of Destruction Cul bernama Angrir. Ketika jatuh di Kota New York, Mister Fantastic menyuruh The Thing untuk mengangkatnya, mirisnya hal tersebut justru langsung mengubah Thing menjadi sang Breker of Souls Angrir yang langsung mengamuk dan hampir menghancurkan seisi kota. Selain memungkinkan Thing untuk terbang, Hammer of Angrir juga membuat bertambah kuat dan tentu saja bisa mengeluarkan energi petir yang sangat mematikan.

Itulah delapan palu Asgard yang memang sengaja diciptakan untuk menandingi Mjolnir dan penggunanya Thor. Karena jumlah Worthy dari Agent of Destruction Cul lebih banyak darinya, Thor merasa sangat kewalahan menghadapi mereka. Akhirnya setelah mendapatkan bantuan dari tim superhero Mighty yang terdiri dari para Avengers, Thor baru mampu mengalahkan para Worthy. Saat ini kedelapan palunya sudah diamankan oleh Valkyrie Brunnhilde agar tidak lagi jatuh ke tangan yang salah dan kembali digunakan untuk menghancurkan dunia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.