Salah satu genre yang sangat populer di industri film dunia adalah horror dan ada beberapa judul film horror yang memiliki rating tertinggi versi situs rating film IMDb. Di sepanjang sejarah perfilman dunia berbagai judul film horror selalu lahir setiap tahunnya. Genre ini dianggap sebagai salah satu genre yang sangat populer selain aksi, komedi, drama, dan juga fiksi ilmiah.

Ketegangan, tone cerita, perkembangan karakter, dan adegan eksplisit menjadi beberapa poin daya tarik yang dihadirkan oleh genre film horror. Para penggemar film-film yang memacu adrenalin memang tidak pernah surut karena itulah genre horror masih bertahan sejak lama hingga sekarang. Dengan banyaknya judul film horror yang sudah hadir, terdapat beberapa judul film yang memiliki rating tertinggi berdasarkan situs IMDb. Apa saja?

What Ever Happened To Baby Jane?

Film horro klasik memang selalu menjadi primadona dan What Even Happened To Baby Jane? adalah salah satunya. Film horror klasik yang rilis pada 1962 ini dibintangi oleh Joan Crawford dan Bette Davis. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang karakter yang merupakan mantan artis cilik bernama Jane Hudson yang tiba-tiba berubah menjadi gila. Sedangkan, sang adik, Blanche harus duduk di kursi roda setelah kecelakaan menimpanya.

Keduanya diteror oleh rasa iri, dengki, kesendirian, masalah mental yang menghinggapi mereka sendiri. Film ini memiliki rating 8.0 di situs IMDb dan bahkan sempat masuk dalam beberapa nominasi penghargaan film. What Ever Happened To Baby Jane juga dianggap sebagai salah satu film psikologi thriller ikonik dalam sejarah film.

Rosemary’s Baby

Film horror psikologis lainnya di daftar ini adalah Rosemary’s Baby, yang merupakan film karya Roman Polanski dan rilis pada 1968. Filmnya berkisah tentang seorang wanita muda yang sedang hamil bernama Rosemary Woodhouse yang pindah ke sebuah apartemen di kota New York bersama suaminya, Guy. Namun, yang tidak disadari oleh mereka saat itu adalah para penghuni lainnya bukanlah manusia normal.

Berbagai teror dan mimpi buruk pun harus dirasakan oleh Rosemary dan juga sang suami selama mereka tinggal di sana. Situs IMDb sendiri memberikan rating 8.0 bagi filmnya yang diketahui berhasil mendapatkan beberapa penghargaan. Film ini dianggap memberikan contoh nyata bahwa momen bahaya dalam sebuah film, khususnya horror, bisa muncul dalam sebuah momen atau tempat yang tidak terduga.

The Blue Elephant

Salah satu judul film horror baru yang ada di daftar ini. The Blue Elephant rilis pada 2014 lalu dan menghadirkan pendekatan baru bagi para penggemar film horror. Ini bukan produksi Hollywood melainkan buatan sineas asal Mesir, yang berkisah tentang seorang psikiatris yang mencoba untuk kembali bekerja dan berusaha untuk bersikap normal setelah mengalami sebuah tragedi aneh dengan dirinya.

Psikiatris itu harus menghadapi sosok iblis dalam dirinya, apalagi setelah dia mengetahui jika salah satu temannya adalah pasien di institusi mental tempat dia bekerja. Ada serangkaian peristiwa dan hal menarik serta mengerikan yang perlu Geeks saksikan jika senang dengan genre horror. Film adaptasi dari novel dengan judul yang sama tersebut mendapatkan rating 8.0.

Les Diaboliques

Film horror internasional lainnya adalah produksi sutradara Henri-Georges Clouzot yaitu Les Diaboliques atau Diabolique. Ini merupakan film horror dari Perancis yang dirilis pada 1955 silam. Filmnya menghadirkan kisah dua orang wanita, Christina Delasalle dan Nicole Horner, yang berkomplot untuk mengakhiri nyawa dari kekasih mereka, Michel Delasalle. Mereka pun kemudian menyusun rencana kriminal yang sempurna dan matang.

Namun, setelah semua hal tersebut dilakukan ternyata mereka harus mengalami sebuah keanehan. Salah satunya adalah jenazah dari Michel justru menghilang. Memiliki rating 8.1 film horror ini diketahui memberikan pengaruh besar terhadap berbagai judul film dengan genre thriller. Perpaduan elemen ketegangan, drama, horror klasik, dan juga twist yang tidak terduga jadi beberapa poin menarik filmnya.

The Exorcist

Rasanya Geeks sudah familiar dengan film horror fenomenal The Exorcist. Ini merupakan salah satu judul film horror paling populer, paling fenomenal, dan banyak memberikan pengaruh juga terhadap film horror lainnya. The Exorcist rilis pada 1973 dan berkisah tentang seorang gadis bernama Regan yang mengalami kerasukan iblis setelah bermain dengan papan Ouija.

Sang ibu beserta dua pendeta mencoba untuk menyelamatkan Regan dari fenomena tersebut. Namun, pada kenyataanya, hal itu tidak mudah karena ada banyak hal-hal tidak terduga dan mengerikan yang terjadi. Salah satu bukti film ini sangat ikonik adalah filmnya berhasil mendapatkan dua penghargaan Academy serta empat penghargaan Golden Globes. Perpaduan musik era 70an, akting yang luar biasa, dan juga efek visual yang mengerikan membuat film ini pantas jadi salah satu film horror dengan rating tertinggi dan ikonik sepanjang masa.

The Thing

John Carpenter dikenal sebagai salah satu sutradara yang menghasilkan berbagai judul film horror. Salah satu yang fenomenal adalah The Thing yang rilis pada 1982. Filmnya menghadirkan kisah tentang sekelompok ilmuwan yang berada di Antartika. Mereka kemudian bertemu dengan sosok alien yang mampu berubah wujud menjadi seseorang ketika alien tersebut berhasil menghabisi nyawa korbannya.

Alien tersebut ternyata mampu menyebar dengan sangat cepat dan para ilmuwan perlu mencari cara untuk menghadapi mereka. Ketegangan yang dihadirkan membuat para penonton akan betah untuk tetap berada di kursi. Efek visual dan juga adegan eksplisit yang dihadirkan membuat film ini mendapatkan rating 8.2. Film ini pun dibintangi nama-nama besar seperti Kurt Russel dan Keith David.

Tumbaad

Tumbaad adalah salah satu film horror dengan rating tertinggi terbaru dan juga film horror internasional yang cukup sukses. Film produksi Bollywood dan bergenre Horor fantasi ini rilis pada 2018 dan menghadirkan cerita tentang sosok Vinayak. Dia adalah seorang pria yang sangat terobsesi untuk mencari sumber kekayaan yang sangat banyak. Vinayak kemudian mengatahui tentang keberadaan harta karun yang tersembunyi di sebuah rumah kuno.

Vinayak kemudian pergi ke rumah tersebut bersama sang anak, Pandurang. Namun, upaya mereka untuk mendapatkan harta tersembunyi tersebut tidaklah mudah. Mereka justru harus menemukan fakta bahwa ada misteri besar dari rumah kuno itu. Tumbaad berhasil mendapatkan 17 penghargaan dan juga masuk dalam lebih dari 22 nominasi yang jadi bukti bahwa ini jadi salah satu film horror yang bisa disaksikan oleh Geeks semua.

The Shining

Selain The Exorcist, The Shining juga jadi salah satu judul film horor psikologis klasik yang sangat ikonik dan populer. Disutradarai oleh Stanley Kubrick pada 1980, filmnya bercerita tentang Jack Torrance dan keluarganya yang pindah ke sebuah bangunan hotel yang terisolasi di wilayah Colorado Rockies. Jack mendapat tanggung jawab untuk merawat hotel tersebut yang bernama Overlook Hotel ketika musim dingin.

Namun, Jack perlahan mulai menemukan berbagai keanehan di gedung hotel tersebut. Semakin lama dia berada di sana, semakin banyak hal aneh dan mengerikan yang dia saksikan yang membuat tingkat kesadarannya perlahan menghilang. Teka-teki, misteri, tragedi keluarga, dan tema tentang setan atau iblis membuat film ini sangat ikonik. Apalagi, ini juga dianggap sebagai salah satu film terbaik yang dibintangi Jack Nicholson.

Psycho

Salah satu film ikonik produksi Alfred Hitchcock, Psycho, berkisah tentang Marion Crane yang berhasil mencuri uang dan kabur dari kejaran polisi. Dia pun kemudian berakhir di sebuah bangunan motel yaitu Bates Motel untuk bersembunyi. Namun, sejak pertama dia tiba di motel tersebut hal mengerikan mulai muncul. Misalnya, dia disapa oleh sang pemilik hotel yang mengerikan dan memiliki misteri besar.

Tidak butuh waktu lama bagi Marion dan juga sang adik yang kemudian harus terseret dalam pusaran mengerikan di motel tersebut. Berkat proses produksi yang cukup revolusioner, terlepas dari filmnya yang dibuat di era 1960an, film ini dianggap masih bisa bersaing dengan film horror modern lainnya. Film ini bahkan mendapatkan penghargan Best Motion Picture di tahun 1961.

Alien

Film klasik karya Ridley Scott yang rilis pada 1979, Alien, menduduki peringkat pertama sebagai film horor dengan rating tertinggi dengan nilai 8.5. Filmnya berkisah tentang sekelompok kru kapal luar angkasa yang dikirim ke planet lain untuk melakukan eksplorasi. Sayangnya, di tengah-tengah misi tersebut mereka justru harus diserang oleh makhluk alien yang sangat mengerikan.

Ripley merupakan salah satu dari kru yang selamat dan harus terus berjuang menghadapi alien yang dikenal sebagai Xenomorph tersebut. Alien dianggap sebagai salah satu film paling berpengaruh baik di industri Hollywood atau perfilman dunia. Ridley berhasil memadukan elemen horor dan juga fiksi ilmiah dengan sangat apik di film tersebut. Bahkan, Xenomorph sendiri dan juga filmnya dianggap sebagai bagian dari budaya pop dunia.

Genre film horor masih akan terus menjaring para penggemar film dengan berbagai elemen-elemen baru dan juga cerita yang lebih kreatif. Apalagi, dengan dukungan teknologi dan juga banyaknya aktor yang luar biasa membuat film horror masih akan terus diminati. Film dengan genre ini juga mampu bertahan ditengah gempuran adaptasi buku komik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.