Sosok mata-mata agen 007 alias James Bond dikenal sering menggunakan berbagai peralatan canggih dalam menjalankan misinya. Dan sesuai dengan tugasnya sebagai mata-mata, sebagian besar dari berbagai peralatan canggih tersebut memiliki bentuk yang tidak biasa, unik, dan fungsional. Meskipun ada beberapa teknologi canggih yang berkali-kali digunakan dalam berbagai film, ada juga teknologi baru yang diperkenalkan dalam ceritanya.

Franchise James Bond tanpa kehadiran berbagai macam peralatan canggih dan unik tentunya akan sangat berbeda dan kurang menarik. Film bertema mata-mata ini sering kali menyuguhkan berbagai peralatan yang membuat para penontonnya terkagum-kagum. Sejauh ini, ada banyak peralatan canggih yang sering dibawa dan digunakan oleh James Bond. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Exploding Pen

Exploding Pen atau Pulpen yang bisa meledak bukan hanya merupakan sebuah peralatan canggih yang digunakan oleh James Bond. Namun, ini juga merupakan benda yang sangat krusial bagi ceritanya. Dalam cerita di film Golden Eye, pulpen canggih ini yang kemudian menyelamatkan nyawa Bond dan yang lain. Cara kerjanya sendiri secara garis besar mirip seperti pulpen biasa.

Bond sering menggunakannya dalam berbagai keperluan dan yang paling penting adalah pulpen tersebut muat di kantong. Namun, pulpen ini bisa berubah ketika ada “gerakan khusus” misalnya saat diputar beberapa kali dan menekan ujungnya beberapa kali maka pulpen tersebut akan berubah menjadi bom dan meledak. Dengan adanya ledakan tersebut, Bond mampu menyelamatkan dirinya dari momen berbahaya.

The Briefcase

From Russia With Love adalah salah satu film fenomenal di franchise Bond. Film kedua ini memperlihatkan James Bond yang harus menghadapi kelompok penjahat Spectre saat berusaha untuk mencuri sebuah teknologi canggih milik pemerintah Inggris. Untuk misi ini, sang ahli pembuat peralatan canggih, Q, memberikan Bond sebuah koper baru. Namun, jelas ini bukan koper biasa.

Ada beberapa perubahan yang diberikan terhadap kopernya, mulai dari akses terhadap kaleng gas beracun, pisau tersembunyi, dan bahkan menyimpan amunisi. Dalam ceritanya, koper ini membantu Bond dalam menghadapi musuhnya dalam pertarungan. Teknologinya sendiri mungkin sudah kuno saat ini. Namun, ini tetap jadi salah satu peralatan canggih James Bond yang luar biasa.

Golden Gun

Seperti halnya Exploding Pen, Golden Gun mungkin nampak seperti senjata api pada umumnya. Pistol berwarna emas ini merupakan milik seorang pembunuh bayaran profesional bernama Scaramanga. Pistol ini muncul dalam film The Man With the Golden Gun dan Scaramanga sendiri jadi villain yang dihadapi oleh Bond. Senjata emas tersebut, selain menembakan peluru, juga bisa dilepas dan digunakan sebagai pemantik api, pulpen, tempat rokok, dan sebagainya. Inilah cara Scaramanga mampu kabur dari lokasi kejadian tanpa dicurigai.

Ericsson Smart Phone

Berbicara mengenai kecanggihan teknologi, film Tomorrow Never Dies yang dibintangi oleh Pierce Brosnan menjadi yang terdepan. Berbagai peralatan dan senjata yang hadir dalam cerita filmnya benar-beanr luar biasa. Dan yang menarik, bukan hanya dari pihak Bond yang memiliki teknologi canggih tersebut tetapi juga dari pihak villain atau mereka yang jahat. Salah satunya adalah gawai atau telepon genggam merk Ericsson.

Karena, telepon genggam milik Bond ini bukanlah telepon genggam biasa, ada banyak fitur yang dihadirkan dalam ceritanya. Mulai dari membuka pintu, melumpuhkan musuh, memindai sidik jari, bahkan mengendalikan mobilnya. Hampir sebagian besar adegan yang melibatkan mobil di film ini diperlihatkan dikendalikan oleh Bond melalui telepon genggam ini. Bahkan, dia juga menembakan berbagai senjata di mobilnya menggunakan trackpad.

Little Nelly

Little Nelly merupakan salah satu peralatan canggih yang ikonik dari franchise ini. Pertama kali muncul di film You Only Love Twice, Little Nelly merupakan sebuah pesawat helikopter kecil yang bisa digabungkan atau dibongkar dan pasang kapan pun dan di mana pun oleh James Bond. Meskipun Little Nelly nampak seperti helikopter kecil biasa, ada fitur khusus yang membuat pesawat ini mematikan.

Selain berbagai persenjataan mulai dari roket misil dan juga senapan otomatis, Little Nelly juga dilengkapi oleh flamethrower dan roket pencari panas. Dengan menggunakan Little Nelly, Bond mampu menghancurkan satu skuadron helikopter

Jetpack

Jetpack merupakan salah satu teknologi yang lama dikembangkan di dunia nyata. Dan ini juga yang coba dihdirkan dalam film Thunderball. Film ini memang kurang laku secara finansial, bahkan popularitasnya sangat kurang. Banyak orang yang lupa atau bahkan tidak pernah tahu tentang film ini. Salah satu momen yang banyak dikenal dari filmnya adalah ketika Bond mengendarai sebuah jetpack. Dalam filmnya, Sean Connery menggunakan jetpack untuk kabur dari kejaran para anak buah yang mengejarnya. Dia pun kemudian pergi ke tempat yang aman di mana mobil Aston Martin DB5 terparkir secara tersembunyi.

The Wristwatch

James Bond diketahui tidak pernah menjalankan misi tanpa dibekali oleh jam tangan khusus yang dibuatkan untuknya. Di sepanjang kemunculannya sejauh ini, franchise James Bond sering kali menghadirkan berbagai merk dan juga fungsi epik dari jam tangan yang dia kenakan. Banyak dari jam tangan tersebut merupakan produk asli di dunia nyata yang berasal dari berbagai merk, misalnya Rolex.

Salah satu contoh kedahsyatan dari jam ini adalah mampu mengirimkan pesan yang dikirimkan kepada Bond, seperti yang diperlihatkan dalam film The Spy Who Loved Me. Dalam film Live and Let Die, jam tangan ini memiliki mata gergaji mesin kecil yang membuatnya mampu untuk lolos dari penjara. Ada juga fungsi lain misalnya menembakan sinar laser atau memiliki elektromagnet kecil di dalamnya.

Smart Blood

Alat pelacak sudah jadi salah satu ciri khas dalam berbagai film-film James Bond di era awal kemunculannya. Biasanya, alat pelacak tersebut berukuran sangat kecil dan tidak terlihat yang kemudian diaktifkan ketika dalam keadaan bahaya. Namun, dalam versi modern Q kemudian menciptakan alat yang jauh lebih mutakhir terkait pelacakan ini. Contohnya adalah di film Spectre.

Film yang dibintangi oleh Daniel Craig ini memperlihatkan cara yang jauh lebih modern dalam menyimpan alat pelacak. Tidak lagi menggunakan benda berukuran kecil, mereka menanamkan ribuan nanomachines ke dalam tubuhnya. Dengan begitu, markas MI6 bisa leluasa mengetahui posisi mereka melalui GPS. Selain menentukan posisi dan letak Bond, Smart Blood ini juga bisa mengetahui level alkohol dalam darah.

Mobil Canggih

Dari semua peralatan canggih yang pernah dihadirkan dalam franchise film James Bond, yang paling fenomenal dan ikonik dari semuanya jelas adalah mobil yang digunakan saat menjalankan misi. James Bond dikenal sering menggunakan berbagai jenis dan merk mobil. Salah satu yang paling ikonik adalah Aston Martin DB5. Namun, seiring berjalannya waktu merk mobil lainnya pun mulai bermunculan.

Tentunya, mobil yang digunakan oleh James Bond tersebut bukanlah mobil biasa. Terdapat berbagai modifikasi yang dihadirkan di mobil tersebut. Misalnya, bagian kaca dan juga bodi mobil yang tahan terhadap terjangan peluru. Tidak lupa juga berbagai persenjataan epik yang disematkan di mobilnya mulai dari roket atau senapan mesin. Bahkan, dalam film The Spy Who Loved Me, mobil Lotus yang digunakan oleh Bond mampu untuk menyelam.

Selama puluhan dekade cerita tentang sosok agen mata-mata Inggris, James Bond selalu berhasil untuk membuat para penontonnya terkagum-kagum. Selain dari sisi cerita, hal yang juga menarik dihadirkan dalam franchise tersebut adalah bagaimana berbagai peralatan yang dihadirkan sangat canggih dan unik. Beberapa contoh di atas adalah contoh nyata dari hal itu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.