Li’ona

Li’ona adalah klan yang muncul dalam Avatar: The Game. Hanya satu anggota Li’ona yang diketahui namanya, dan dia adalah Tasun. Tasun diceritakan pernah membantu Rai’uk ketika dia terkapar setelah berkelahi dengan kalajengking besar. Well, mungkin klan ini hidup dalam kondisi yang memprihatinkan. Pasalnya mereka hidup ditempat yang sangat menyedihkan, di mana sungai-sungai di tempat mereka mengering. Karena itulah flora dan fauna di sana mati. Rai’uk pun menyalahkan itu semua karena ulah manusia. Pada akhirnya Rai’uk pergi sendiri untuk menghancurkan bendungan manusia yang menyebabkan kekeringan tersebut.

Hulanta

Mungkin Hulanta mirip dengan Metkayina, karena mereka hidup berdekatan dengan air. Simbol klan inipun adalah air, karena menurut mereka air dianggap suci. Mereka tinggal di sebuah tempat bernama Wetlands, dan sangat ahli dalam tembikar dan menenun. Nah menariknya, Hulanta pernah diserang oleh Trinity Harper, dan Trinity Harper sempat mengebom area Wetlands dengan brutal, yang membuat tempat tersebut hancur. Pada akhirnya, Hulanta pun harus tersingkir dari tempat tersebut, dan mencari tempat baru. Klan ini pertama kali dikenalkan dalam game mobile berjudul Avatar: Reckoning.

Huyuticaya

Tidak banyak informasi yang bisa digali tentang Huyuticaya. Tetapi mereka dikenal karena kecintaan dan rasa hormat terhadap viperwolf. Bahkan, mereka sering menghiasi para viperwolf dengan pita. Beberapa anggota Huyuticaya juga menggunakan pakaian yang mirip seperti viperwolf. Nah menariknya lagi, mereka juga menandai wajah, tangan, dan kaki mereka dengan cat putih untuk menunjukkan bahwa mereka tidak takut akan kematian. Huyuticaya sendiri pernah disebutkan dalam Avatar’s Activist Survival Guide, dan sangat jarang muncul.

Ni’awve

Nah di antara semua klan, Ni’awve menjadi klan Na’vi pertama yang eksis. Mereka tinggal di Valley of Origins, dan Tsu’hak adalah pemimpin mereka. Ni’awve melakukan kontak pertama kali dengan manusia ketika mereka menemukan Ryan Lorenz di dekat Tree of Souls. Ketika itulah mereka menganggap bahwa Ryan adalah orang yang terpilih. Ryan Lorenz pun banyak membantu mereka selama berada di sana, dan Ni’awve mengajarinya cara untuk menjadi Na’vi. Namun setelah kematiannya, Ryan dianggap sebagai pahlawan bagi klan Ni’awve. Kiprah Ni’awve diceritakan secara gamblang dalam game mobile Avatar. Nah menariknya, ada teori yang menyebutkan bahwa klan ini bukan berasal dari Pandora.

Kekunan

Sama seperti Huyuticaya, sangat sedikit informasi tentang klan ini, termasuk cara hidup mereka. Diketahui bahwa Kekunan sangat terampil dalam mengendalikan banshee. Walaupun terkenal buas, tetapi berkat ketenangan hati Kekunan, mereka bisa menaklukan banshee dengan cukup mudah. Nah menariknya, para Kekunan selalu menggunakan pakaian berwarna cerah yang merupakan simbol kepercayaan diri mereka. Pada dasarnya, Kekunan mirip seperti Tayrangi, di mana mereka jago pertempuran di udara. Ada beberapa anggota Kekunan yang paling popular yaitu Taronyu dan Valke.

Mangkwan

Mangkwan secara singkat diperkenalkan dalam komik Avatar: The Last Shadow, di mana mereka adalah sekutu klan Omaticaya. Menariknya setelah diasingkan oleh Jake Sully, Ateyo dan Artsut pernah memutuskan untuk pergi ke klan Mangkawan, dengan harapan Mangkwan akan menerima Ateyo dan Artsut. Ternyata terungkap bahwa sebenarnya klan ini sering menerima orang-orang buangan dari klan lainnya. Tetapi tidak diketahui secara pasti apa yang membuat klan ini selalu menerima orang-orang buangan. Sayangnya tidak banyak informasi yang bisa digali dari klan ini.

Rey’tanu

Rey’tanu ditampilkan dalam game mobile Avatar: Reckoning. Disebutkan bahwa mereka tinggal di dataran tinggi yang gersang. Tidak banyak hal yang bisa ditemui di tempat tinggal mereka. Oleh sebab itulah mereka lebih beradaptasi untuk hidup dengan bertani dan mengembala hewan ternak. Mereka pun tidak pandai untuk berburu, dan hanya beberapa dari anggotanya saja yang bisa.

Tomac’ta

Nama Tomac’ta pernah disebutkan dalam Pandorapedia. Disebutkan bahwa Tomac’ta adalah klan yang dikenal karena kecintaan mereka terhadap banshee. Selain itu tidak banyak informasi yang bisa digali tentang mereka, karena mereka hanya muncul sekali.

Itulah dia Geeks 15 klan yang diketahui eksis di semesta Avatar. Beberapa klan tersebut memang cukup familiar di telinga kita, tetapi beberapa di antaranya cukup asing, karena hampir tidak pernah muncul. Di antara klan tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

1
2
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/