Seri One Piece karya Eiichiro Oda sudah berjalan lebih dari 20 tahun lamanya. Selama lebih dari dua dekade tersebut berjalan, Oda Sensei menghadirkan banyak hal yang menarik, unik, serta luar biasa di dalam ceritanya. Kita bisa melihat bagaimana perubahan dunia terjadi serta perkembangan karakter yang cukup signifikan. Dunia pun kini berada di ambang perubahan besar.

Dalam dunia One Piece, Oda memperkenalkan mengenai kekuatan besar yang mengatur keseimbangan dunia. Mereka adalah angkatan laut, Shichibukai, dan juga para Yonko. Seperti yang sudah kita ketahui, Yonko merupakan istilah untuk menyebutkan empat orang bajak laut penguasa samudera. Mereka adalah penguasa wilayah di New World, dan bajak laut terkuat.

Meskipun mereka adalah bajak laut terkuat bukan berarti mereka tidak bisa kalah atau bahkan tewas. Ada banyak faktor yang membuat mereka kalah atau pun akhirnya tewas. Intinya, semua hal itu tidak bisa terhindarkan. Sudah ada beberapa contoh nyata dari hal ini, di mana para karakter tersebut kini sudah tidak lagi menduduki jabatan sebagai Yonko. Siapa saja?

BACA JUGA: One Piece: Buggy Ubah Peta Kekuatan Yonko!

Whitebeard

Dalam sejarah One Piece, Edward Newgate alias Whitebeard merupakan bajak laut terkuat kedua di dunia setelah Gol D. Roger. Dia memiliki julukan “Manusia Paling Kuat di Dunia” dan “Manusia Yang Paling Dekat Dengan One Piece” pasca kematian Roger. Selama beberapa dekade, dia berhasil menguasai beberapa wilayah di lautan dan tidak ada yang berani melukai salah satu krunya. Whitebeard memang sudah dari lama menjadi sosok yang kuat, apalagi kekuatannya ditambah dengan buah ibis Gura Gura no Mi.

One Piece Revisits Whitebeard On Screen at Last

Dengan kekuatannya tersebut dia bisa saja menghancurkan dunia ini. Dia juga bisa saja membuat sebuah kekacauan besar di dunia kapan pun yang dia inginkan. Tapi, hal itu tidak dia lakukan karena dia memilih untuk menjadi seorang ayah yang baik bagi “anak-anaknya.” Whitebeard sendiri tewas dalam pertempuran di Marineford, setelah mendapatkan serangan dari angkatan laut dan mantan anak buahnya, Blackbeard.

Big Mom

Charlotte Linlin atau yang kita kenal sebagai Big Mom adalah sosok lainnya yang pernah memiliki titel Yonko. Dia merupakan kapten dari kelompok bajak laut Big Mom dan menguasai banyak wilayah di Grand Line. Kekuatan Linlin benar-benar sangat luar biasa, di mana dia diketahui pernah membunuh seorang raksasa ketika usianya masih 5 tahun. Ketika dewasa, dia mampu menghabisi siapapun yang menghalangi jalannya.

One Piece 1.011, Big Mom Menghajar Page One | Republika Online

Big Mom sendiri bahkan mampu menandingi kekuatan dari Kaido meskipun dia tidak menggunakan kekuatannya secara penuh. Hal tersebut membuktikan bahwa Big Mom bukanlah karakter yang bisa kita remehkan. Setelah berkuasa cukup lama, nasib Big Mom akhirnya harus berakhir di tangan Eustass Kid dan Law saat pertempuran di Onigashima. Keduanya berhasil menaklukan salah satu sosok terkuat di serinya.

BACA JUGA: Oda Telah Siapkan Yonko One Piece Selanjutnya?

Kaido

Kaido terkenal memiliki julukan sebagai “makhluk paling kuat di dunia.” Dia merupakan kapten dari bajak laut Beast, dan sempat menjadi pemimpin dari negara Wano. Sebagai salah satu dari empat penguasa samudera, tentunya kekuatan Kaido tidaklah main-main. Selama ini, Kaido tidak bisa terbunuh atau tidak bisa terluka. Satu-satunya orang yang pernah melukai Kaido adalah Kozuki Oden, sebelum kemudian Zoro pun mampu melakukannya.

Teori One Piece: Apakah Kaido Sudah Mati Usai Dikalahkan Luffy? Begini Situasinya - Gora Juara

Kekejaman Kaido sebagai seorang bajak laut juga menjadikannya sebagai sosok yang berbahaya. Dan kemampuannya untuk hidup kekal juga menjadi sebuah kemampuan yang mengerikan. Kaido juga memiliki kemampuan buah iblis Uo Uo no Mi yang mampu membuatnya berubah menjadi naga. Nasib Kaido harus berakhir di tangan Luffy, setelah pertempuran mereka menjadi salah satu yang paling epik di serinya sejauh ini.

BACA JUGA: 5 Kebodohan Yang Dilakukan Para Yonko One Piece!

Satu hal yang spesial dari seorang Yonko adalah level kekuatan mereka yang sangat luar biasa. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang menyebut jika mereka adalah para bajak laut terkuat. Namun, meskipun begitu, bukan berarti para Yonko ini sama sekali tidak bisa kalah atau tewas. Contoh karakter di atas adalah bukti nyata dari hal ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.