Yonko merupakan salah satu kekuatan besar yang ada di dunia One Piece, selain angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Tumbangnya salah satu dari mereka, atau bahkan dua sekaligus, sudah sewajarnya merubah keseimbangan kekuatan dunia. Tidak ingin itu terjadi, pasca kekalahan Kaido dan Big Mom akhirnya mereka kemudian dengan cepat menunjuk pengganti Kaido dan Big Mom sebagai Yonko.

Kejutan besar kemudian terjadi di chapter kemarin saat Buggy muncul sebagai Yonko baru bersama Luffy. Hal ini sesuai dengan apa yang banyak pihak prediksi, seperti salah satunya adalah pihak angkatan laut. Sebelum perang besar terjadi, mereka menduga bahwa pertempuran epik di Wano akan menjadi peristiwa besar yang mengubah keseimbangan dunia.

Pasalnya, pertempuran di Wano tersebut melibatkan banyak pihak salah satunya adalah Yonko. Terpilihnya Luffy sebagai Yonko baru mungkin sudah sejak lama para fans prediksi. Bahkan, sejak arc Whole Cake Island, Luffy sudah dianggap sebagai Yonko kelima. Belum lagi Luffy yang mengalahkan Kaido, sehingga masuk akal jika dia kemudian menjadi Yonko selanjutnya.

BACA JUGA: One Piece: Inikah Kelemahan Terbesar Shanks?

Namun, bagaimana dengan sosok Buggy? Banyak dari fans yang tidak menduga tentang hal ini. Pasalnya, sejauh ini Buggy sangat jarang untuk tampil. Terakhir kali Buggy muncul di arc Reverie, saat semua Shichibukai nampak bersiap untuk menghadapi angkatan laut. Para fans pun penasaran bagaimana peran Buggy kedepannya.

Pengaruh Buggy Mengubah Peta Kekuatan Yonko

Selain menjadi Yonko, hal yang membuat Buggy sangat berpengaruh dalam merubah peta kekuatan dunia adalah organisasi yang dia pimpin yaitu Cross Guild. Untuk saat ini, kita masih belum tahu banyak tentang organisasi tersebut. Namun, yang mengerikan adalah mereka nampak seperti kelompok pembunuh bayaran yang mulai mengincar nyawa angkatan laut.

Itu artinya bukan hanya para bajak laut yang akan mengincar nyawa mereka, namun juga para pemburu bayaran dan semua pihak lainnya. Buggy juga memiliki dua kru baru yang sangat kuat yang tergabung di Cross Guild, yaitu Crocodile dan Dracile Mihawk. Cross Guild sekarang menjadi organisasi dan juga kekuatan yang Pemerintah Dunia akui sebagai ancaman.

BACA JUGA: Spoiler One Piece 1057: Anggota Baru Topi Jerami!

Hal ini karena di kelompok tersebut ada seorang Yonko dan juga dua mantan Shichibukai yang sangat tangguh. Namun, masih menjadi pertanyaan besar mengapa kemudian dua mantan Shichibukai tersebut bisa bergabung dengan Buggy. Salah satu spekulasinya menyebutkan bahwa mereka bekerja sama untuk menghancurkan kekuatan angkatan laut yang mencoba menangkap mereka.

Dan yang juga menarik adalah ada spekulasi lainnya yang menyebutkan bahwa bisa jadi mantan Shichibukai lainnya, seperti Doflamingo, Hancock, dan Weevil, akan juga bergabung dengan Cross Guild yang mana hal tersebut akan membuat kekuatan organisasinya semakin besar. Dan mereka pun semakin menjadi ancaman besar bagi pemerintah Dunia.

Kesimpulannya

Dengan kabar tentang status baru Buggy yang tersebar di seluruh lautan One Piece, beserta kelompok Cross Guild, keseimbangan dunia mulai berubah drastis. Hal ini sesuai dengan apa yang banyak orang prediksikan sebelum pertempuran besar di Wano tersebut. Dan bahkan perubahan peta kekuatan ini pun tidak tanggung-tanggung, di mana justru bajak laut yang berada di atas angin.

BACA JUGA: One Piece: Seberapa Kuat Cross Guild?

Dengan Luffy, Kid, dan Law yang sudah kembali memulai petualangan mereka menarik tentunya untuk melihat aksi dari Cross Guild. Dan juga akan sangat menarik jika Cross Guild kemudian menjalin aliansi atau pertarungan dengan salah satu dari ketiga kapten Worst Generation. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.