Monkey D. Luffy, Trafalgar Law, dan Eustass Kid akhirnya berhasil mengalahkan Kaido dan Big Mom dalam cerita di seri One Piece. Kemenangan tersebut menjadi akhir kisah tirani Kaido di negeri Wano. Ketika mereka sedang merayakan kemenangan, kabar terbaru mengenai nilai buruan pun muncul. Mereka bertiga ternyata memiliki nilai buruan yang sama, namun ada yang berbeda dari mereka.

Dari ketiga kapten bajak laut Worst Generation tersebut hanya Luffy yang kemudian mendapatkan titel sebagai Yonko baru. Satu posisi kosong lainnya justru menjadi milik karakter lain yaitu Buggy. Hal ini pun memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans, mengapa bukan salah satu dari mereka yang menjadi Yonko? Ada beberapa hal yang mungkin menjadi alasan dari hal tersebut.

Contohnya adalah bagaimana Kid dan Law belum berhasil menarik perhatian Pemerintah Dunia. Berbeda dengan Luffy, Law dan Kid bukanlah sosok yang sering terlibat dalam berbagai peristiwa atau kejadian penting di sepanjang seri One Piece. Law mungkin pernah menduduki jabatan Shichibukai, dengan berhasil menangkap seratus bajak laut dan menyerahkannya kepada angkatan laut. Namun, berbagai hal lainnya kurang mendapat perhatian pemerintah.

Belum Berada Di Level Yonko?

Tidak terpilihnya Kid dan Law sebagai Yonko memunculkan spekulasi di kalangan fans bahwa mereka berdua mungkin masih belum berada di level Yonko. Eustass Kid dan Trafalgar Law memang berasal dari Worst Generations. Mereka adalah sosok kapten yang memiliki peranan penting bagi pihak aliansi untuk bisa menang dan mengalahkan kedua Yonko.

Dari segi kekuatan, Law memiliki kekuatan buah iblis Ope Ope no Mi, yang kabarnya merupakan salah satu buah iblis terkuat di dunia. Law juga memiliki kemampuan berpedang yang luar biasa. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungannya melawan Vergo dan Smoker di arc Dressrosa. Namun, dalam pertarungan melawan Doflamingo memang Law tidak bisa berbuat banyak.

Di arc Wano, Law berhasil menang mudah menghadapi Hawkins dan berhasil menyelamatkan Red Scabbards dari serangan Kaido. Eustass Kid memiliki potensi untuk menjadi salah satu karakter terkuat berkat buah iblis Jiki Jiki no Mi, yang membuatnya bisa mengendalikan kekuatan magnet. Yang sangat disayangkan adalah selama di arc Wano Kid kurang mendapatkan porsi muncul dalam cerita.

Hal ini pun membuat sulit untuk mengukur level kekuatan Kid saat ini. Beberapa momen epik dari Kid adalah ketika dia berhasil salah satu dari Sweet Commander kelompok Big Mom dan mencoba untuk bertarung menghadapi Shanks. Dan dalam momen tersebut, nasib Kid justru buruk karena dia harus kehilangan lengannya. Dalam pertarungan di atap istana Kaido, Kid hampir tidak melakukan apa pun yang luar biasa.

Kedua Worst Generation tersebut memiliki momen besar mereka sendiri terutama saat menghadapi Big Mom. Harus kita akui Big Mom sempat berada di atas angin di awal-awal pertarungan. Namun, situasi kemudian berubah ketika mereka berdua memanfaatkan kekuatan awakening buah iblisnya. Kedahsyatan awakening buah iblis tersebut bahkan memaksa Big Mom untuk menggunakan jatah nyawanya sendiri untuk meningkatkan kekuatan.

Pada akhirnya, keduanya berhasil mengalahkan Big Mom. Meskipun ini merupakan pencapaian yang luar biasa, namun untuk menghadapi Big Mom butuh kekuatan gabungan dari dua karakter. Hal ini berbeda dengan apa yang terjadi kepada Luffy, yang sanggup menghadapi Kaido sendirian. Artinya, memang faktanya level kekuatan mereka berdua masih belum berada di tahap Yonko.

Masa Depan Kedua Karakter

Meskipun mereka masih belum berada di level Yonko, bukan berarti mereka lemah. Masih ada banyak yang terjadi dalam cerita selanjutnya, di mana mungkin kita akan melihat sesuatu yang lebih dahsyat lagi dari keduanya. Oda juga mungkin akan menyiapkan peran yang sangat penting di Saga terakhir, namun apakah keduanya akan menjadi Yonko?

Dengan keduanya yang sekarang berpisah, potensi salah satu dari mereka untuk mengalahkan Buggy tentunya cukup besar. Dengan begitu, mereka akan bisa mengklaim posisi Yonko. Namun, yang perlu mereka perhatikan adalah adanya Cross Guild yang bukan mustahil justru akan menyulitkan mereka mewujudkan misi tersebut. Kid dan Law juga rasanya tidak akan berusaha untuk mengalahkan Luffy demi posisi tersebut.

Artinya, hanya tersisa Blackbeard dan Shanks. Seperti halnya Luffy, rasanya kecil kemungkinan Law dan Kid akan coba untuk menantang kedua bajak laut tersebut. Pertama, mereka (khususnya Kid) tahu seberapa kuat dan mengerikannya Shanks. Kedua, mereka juga tahu bahwa Blackbeard adalah sosok yang berbahaya dengan dua kekuatan buah iblis.

Di sisi lain, dengan Luffy yang sudah selangkah lagi menjadi raja bajak laut fokus mereka mungkin bukan lagi menjadi Yonko. Namun, berlomba untuk mencari di mana Road Poneglyph terakhir dan siapa yang lebih dahulu mencapai Laugh Tale. Kid tentunya tidak ingin Luffy yang menjadi pemenang dan meraih titel raja bajak laut. Karena itulah, dia dan Law mungkin akan berusaha menyalip Luffy dan kelompok Topi Jerami.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.