Semenjak fakta mengejutkan yang Eiichiro Oda hadirkan mengenai buah iblis Luffy, dunia di seri One Piece benar-benar berubah drastis. Para fans sendiri terkejut dengan fakta tersebut. Pasalnya, selama ini Oda Sensei memperkenalkan buah iblis Luffy dengan nama Gomu Gomu no Mi. Buah iblis Paramecia inilah yang memberikan Luffy kekuatan karet seperti yang sebelumnya kita ketahui.

Faktanya, buah iblis tersebut adalah Hito hito no Mi, Model: Nika dan merupakan buah iblis berjenis Mythical Zoan. Pemerintah Dunia sengaja menyembunyikan nama atau menghilangkan nama asli dari buah iblis tersebut dari catatan sejarah. Namun, masih belum ada informasi secara pasti apa yang kemudian menjadi alasan Pemerintah Dunia melakukan hal tersebut.

Selain dari apa yang sudah kita lihat selama serinya berlangsung, buah iblis Nika juga memiliki kemampuan yang sangat dahsyat seperti yang bisa kita lihat pada chapter 1043 kemarin. Bahkan, sejak chapter itu sampai chapter 1049 kemarin kita melihat bagaimana awakening dari buah iblis Nika milik Luffy berhasil pada akhirnya membuat Kaido akhirnya kalah.

BACA JUGA: Ini Karier Kru Topi Jerami Menurut Oda

Geser Kekuatan Buah Iblis Terkuat

Gorosei sendiri menyebutkan bahwa buah iblis ini adalah buah iblis paling mengerikan di dunia. Menurut penjelasan Gorosei, buah iblis Nika memberikan penggunanya kemampuan untuk menjadi manusia karet dan bertarung dengan rasa kebebasan yang tinggi. Yang lebih penting adalah buah iblis ini memiliki sebuah kekuatan besar yaitu mampu menyebarkan kebahagiaan dan tawa kepada semua orang, dan mampu membebaskan mereka yang tertekan.

Gorosei menamai mereka yang memakan buah iblis ini sebagai “Pejuang Kebebasan.” Dari apa yang bisa kita lihat dalam chapter 1045 kemarin, memang kekuatan dari buah iblis Nika sangatlah luar biasa. Kita bisa melihat bagaimana Luffy dengan mudah mencengkram tubuh naga Kaido, mempermainkannya, dan bahkan mengubah sekitarnya menjadi karet.

Meskipun pada awalnya buah iblis ini tidak terlalu mendapatkan perhatian alias underrated. Barulah ketika buah iblisnya bangkit semua orang pun terkejut dengan berbagai kemampuannya. Bahkan, dalam chapter 1045 dan chapter 1046 Kaido merasa keheranan dengan buah iblis tersebut. Dia heran melihat berbagai kekuatan epik yang buah iblisnya perlihatkan. Bahkan, Kaido menyebutkan bahwa dia belum pernah melihat kekuatan semacam itu.

Buah iblis Nika mungkin tidak memiliki kekuatan yang bisa menghancurkan dunia seperti Gura Gura no Mi atau mengambil/menyerap kekuatan buah iblis lainnya seperti Yami Yami no Mi. Tetapi, kekuatan awakening buah iblis ini yang membuatnya berbahaya dan mengerikan. Kekuatan awakeningnya benar-benar diluar nalar, bahkan mampu melawan setiap hukum alam yang ada.

Sehingga, ucapan Gorosei yang menyebutkan bahwa buah iblis Nika adalah buah iblis dengan kekuatan paling mengerikan di dunia rasanya memang pantas disematkan kepada buah iblis ini. Berdasarkan hal tersebut, rasanya tidak salah jika kemudian buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika berhasil menggeser peta kekuatan buah iblis saat ini.

BACA JUGA: One Piece: Inikah Musuh Terakhir Sanji?

Kekuatan yang Overpower?

Selain fakta yang sudah dijelaskan di atas, ada juga fakta menarik lain yang muncul berdasarkan informasi yang muncul di booklet Road To Laugh Tale Vol. 3. Dalam booklet tersebut, terdapat pembahasan mengenai buah iblis. Dan buah iblis yang menjadi pembahasan sendiri adalah Zoan. Menurut informasinya, buah iblis Zoan memang memiliki “pikiran” mereka sendiri.

Inilah yang kemudian membuat mereka yang memakan buah iblis Zoan, dan berhasil membangkitkan kekuatannya, akan memiliki “pribadi yang berbeda.” Karena, ketika kekuatan fisik mereka berhasil meningkat drastis, kepribadian mereka justru berubah atau melemah. Ini juga yang kemudian memunculkan ide di mana pihak angkatan laut mencoba untuk “menghidupkan” benda mati dengan memanfaatkan kekuatan Zoan.

Selain itu, informasi yang menarik yang muncul di bookletnya adalah buah iblis yang Luffy makan ternyata masuk dalam 2 tipe, yaitu Paramecia dan juga Zoan. Inilah alasannya mengapa kemudian Luffy bisa mengubah area sekitar menjadi karet ketika buah iblisnya mencapai tahap awakening. Di sisi lain, awakening itu juga mengubah kepribadian Luffy menjadi terlalu riang dan sering tertawa tidak jelas.

Mengapa kemudian fakta tersebut menarik, ini menjadi pertama kalinya buah iblis terkonfirmasi masuk dalam klasifikasi dua jenis buah iblis. Sebelumnya, hal ini pun sempat memunculkan kebingungan di kalangan fans saat mereka melihat kekuatan Mochi Mochi no Mi. Oda Sensei kemudian memasukan buah iblis Katakuri tersebut dalam kategori Paramecia Special, seperti halnya Gura Gura no Mi.

BACA JUGA: One Piece: Mengenal Buah Iblis Anak Shanks!

Selain masuk dalam dua jenis buah iblis yang berbeda, dalam booklet tersebut juga kita mendapatkan penjelasan bahwa buah iblis Luffy memiliki dua “nama”. Selain Hito hito no Mi, Model: Nika ternyata buah bookletnya juga mengonfirmasi bahwa buah iblis Luffy bisa disebut sebagai Gomu Gomu.

Mengapa kemudian Oda menghadirkan buah iblis Nika sebagai Mythical Zoan dan juga Parameica, bukan Paramecia Special, masih menjadi tanda tanya. Yang pasti, ini menjadi bukti nyata bahwa kekuatan buah iblis Nika milik Luffy tersebut memang sangat luar biasa. Dan juga ini menjadi bukti bahwa kekuatan buah iblis Luffy memang sangat overpower, dengan masuk dalam dua kategori berbeda. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.