Menjadi bajak laut, mencari keberadaan One Piece, dan menduduki titel raja bajak laut adalah impian terbesar dari Monkey D. Luffy. Memang sudah menjadi sebuah keharusan jika sang protagonis utama dalam sebuah seri harus sesuai dengan tema dari serinya. Karena itulah dalam cerita One Piece, Luffy berniat menjadi raja bajak laut dan berpetualang mengelilingi Grand Line.

Di sisi lain, para kru Topi Jerami juga memiliki mimpinya sendiri. Nami memiliki mimpi untuk bisa membuat gambar peta seluruh Grand Line. Sanji memiliki mimpi untuk menemukan All Blue. Chopper memiliki mimpi untuk membuat obat yang bisa menyembuhkan penyakit apa pun. Atau Zoro yang ingin menjadi ahli pedang terkuat di dunia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, pernahkan terlintas dalam benak Geeks apa yang mungkin akan dilakukan oleh para kru Topi Jerami jika kemudian mereka tidak menjadi seorang bajak laut atau bergabung dengan Luffy? Hal inilah yang Oda Sensei hadirkan dalam salah satu kolom SBS. Lalu, apa yang kemudian menjadi karir dari para kru Topi Jerami jika kemudian mereka tidak menjadi bajak laut?

BACA JUGA: One Piece: 10 Kemungkinan Lokasi Road Poneglyph Terakhir!

Karier Topi Jerami

Dalam kolom SBS Volume 76 seorang fan bertanya kepada Oda Sensei mengenai apa karier yang dipilih kru Topi Jerami jika mereka bukanlah seorang bajak laut. Oda pun kemudian memberikan gambaran tentang karier dari masing-masing kru Topi Jerami jika mereka tidak menjadi bajak laut. Pertama, Luffy akan akan menjadi seorang pemadam kebakaran.

Memang dirasa cukup aneh. Namun, jika dilihat dari sifat Luffy selalu memiliki determinasi tinggi, pantang menyerah, dan selalu mengedepankan nyawa orang lain rasanya memang cocok jika Luffy menjadi seorang pemadam kebakaran. Para pemadam kebakaran selalu berjuang dan tidak akan pulang sebelum api padam. Kedua, Roronoa zoro akan menjadi polisi.

Mungkin hal ini ada kaitannya dengan apa yang Zoro lakukan sebelum bergabung dengan Luffy, di mana dia adalah pemburu bajak laut. Zoro merupakan sosok yang tegas dan tangguh, dan hal ini sesuai dengan sosok polisi. Lagipula, dia bisa jadi polisi handal yang akan menangkap banyak penjahat. Ketiga adalah Sanji, di mana pekerjaannya adalah sebagai penata rambut.

Geeks mungkin menyangka bahwa Sanji akan tetap menjadi chef sesuai keahliannya. Tetapi, ternyata Sanji akan menjadi penata rambut jika tidak menjadi bajak laut. Hal ini kemungkinan karena karakter Sanji yang selalu rapih dan menawan. Apalagi, rambunya selalu tertata rapih. Sehingga rasanya wajar jika kemudian Sanji menjadi seorang penata rambut.

BACA JUGA: One Piece: Inikah Musuh Terakhir Sanji?

Selanjutnya adalah Nico Robin, yang akan menjadi seorang pramugari pesawat terbang. Robin adalah sosok cerdas dengan sifatnya yang dewasa. Dia selalu menjadi penengah dan menjadi sosok yang mengingatkan kru lainnya. Hal ini sesuai dengan pekerjaan pramugari yang menuntut kesabaran dan kedewasaan. Semuanya demi melayani para penumpang.

Karier Kru Topi Jerami Lainnya

Kru selanjutnya adalah Nami, yang akan menjadi guru taman kanak-kanak/penjaga anak kecil. Meskipun Nami senang dengan uang, perhiasan, senang untuk mencuri, namun di balik semua hal tersebut Nami adalah sosok yang penyayang terhadap rekannya, apalagi terhadap anak kecil. Hal ini bisa dilihat bagaimana dia begitu menyukai sosok Momonosuke dan berusaha melindungi Otama.

Bahkan, dia marah saat Ulti melukai Otama. Jadi, melihat sifat Nami tersebut memang rasanya pas jika kemudian Nami bekerja sebagai guru TK. Kru selanjutnya adalah Franky, yang akan menjadi seorang pilot. Hal ini juga menjadi sesuatu yang tidak terduga seperti halnya sosok Sanji. Namun, Franky memiliki keahlian dalam mengendalikan kapal, dan dia juga hafal seluk beluk kapal.

Karena itu, menjadi seorang pilot handal juga dirasa sangat pas dengan keahlian yang dimiliki Franky. Usopp akan menjadi seorang desain grafis jika tidak menjadi bajak laut. Usopp mungkin bukanlah sosok yang bertipe petarung, tetapi dia adalah sosok yang bisa menyusun rencana atau bisa membuat suasana menjadi cair. Selain itu, bagaimana Usopp sering menciptakan sebuah benda atau sesuatu membuat Usopp memang dirasa pas untuk bekerja di balik meja, seperti menjadi desainer grafis.

Chopper akan menjadi seorang guru. Lagi-lagi hal ini diluar dugaan, karena mungkin banyak yang berpikir bahwa Chopper akan menjadi dokter. Tetapi, jika melihat dari sifat Chopper yang manis, lemah lembut terhadap yang lain, dan mau mengajarkan sesuatu kepada rekannya, memang Chopper pantas untuk menjadi guru. Dan tetunya akan menarik jika hal ini benar terjadi.

BACA JUGA: One Piece: 5 Fakta Keluarga Luffy!

Terakhir adalah Brook yang akan bekerja sebagai detektif. Sebenarnya, cukup sulit untuk mencari di mana kesesuaian atau koneksi antara pekerjaan Brook ini dengan karakternya dalam cerita. Mungkin, hal ini karena Brook yang gemar mengintip atau melihat celana dalam wanita. Kemampuan melihat sesuatu kejanggalan di tempat kejadian perkara, akan menjadi kemampuan yang dahsyat yang Brook miliki sebagai detektif.

Kesimpulannya

Bagaimana kemudian karier dari para kru Topi Jerami di dunia nyata jika kemudian mereka tidak menjadi bajak laut sangatlah menarik. Hal ini karena memang pekerjaan tersebut sangat pantas atau sesuai dengan sifat mereka dalam ceritanya. Tentunya akan sangat menarik jika Oda Sensei membuat semacam epilog atau spinoff singkat tentang karir mereka saat tidak menjadi bajak laut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.