Marvel kenalkan villain multiverse baru. Jika berbicara tetang multiverse Marvel, Kang the Conqueror adalah nama supervillain  yang mungkin akan muncul pertama kali di pikiran kita. Karena dari dahulu hingga sekarang, dia terkenal sebagai seorang penjelajah waktu kejam yang sering menggunakan kekuatannya untuk menaklukan timeline. Hal inilah yang pada akhirnya berimbas pada kemunculan berbagai varian Kang di multiverse Marvel. Membuat semuanya makin kusut, runyam, sekaligus berbahaya, khususnya bagi tim superhero pelindung Bumi, Avengers.

Terlepas dari nantinya dia akan menjadi big-bad-villain di MCU, sebenarnya ancaman Kang sendiri sudah cukup jelas di Marvel Comics. Dengan pengetahuan dan pengalamannya, Kang sangat tahu bagaimana caranya mengeksploitasi waktu, baik kelebihan maupun kelemahannya. Di mana akhirnya dia bisa mengetahui apa yang telah terjadi dan apa yang akan terjadi selanjutnya pada suatu timeline. Dengan keunggulan ini tidak aneh jika pada akhirnya Kang terkenal sebagai villain paling berbahaya. Setidaknya sampai Marvel memperkenalkan supervillain baru di komik Edge of Spider-Verse yang belum lama ini rilis.

BACA JUGA: Marvel Ungkap Asal-usul Spider-Verse!

Big Bad Villain Baru di Marvel Comics

Edge of Spider-Verse sendiri adalah komik baru Marvel yang secara tidak langsung telah menulis ulang struktur dan cara kerja multiverse. Di salah satu kisah Edge of Spider-Verse #2, yang berjudul ‘A Single Thread‘, penulis Dan Slott dan ilustrator Paco Medina telah memperkenalkan sosok villain baru bernama Shathra. Dia adalah dewa pertama yang diciptakan langsung oleh elder god Gaea dan Oshtur. Yang membuat Shathra lebih bebahaya dari Kang adalah karena dia berada di tengah-tengah multiverse, menunggu waktu yang tepat untuk mengubah multiverse sesuai dengan keinginannya.

Shathra adalah villain baru Marvel yang penampilannya mirip seperti tawon. Sejak pertama kali muncul, dia sudah mengawasi berbagai timeline untuk memburu manusia laba-laba-/Spider-Totem dan kemudian menjadikan mereka sebagai budaknya. Sementara Kang ingin menguasai berbagai timeline, Shathra justru mempunyai keinginan yang jauh lebih berbahaya. Di mana dia ingin mengubah semua aturan sekaligus penggambaran timeline, sesuai dengan keinginannya. Dengan kata lain dia ingin menghancurkan cara kerja multiverse saat ini.

BACA JUGA: Poster Spider-Verse 2 Tampilkan Pertarungan 2 Spidey!

Dengan peristiwa Edge of Spider-Verse yang masih berlangsung, saat ini kisah Shathra masih menjadi bagian dari petualangan seorang manusia laba-laba bernama Araña alias Spider-Girl. Araña sendiri tengah mempelajari legenda konflik antara Order of the Spiders dan Order of the Wasps. Tinggal menunggu waktu sampai akhirnya Shathra benar-benar menampakan diri pada masa sekarang untuk menjadi ancaman alias villain multiverse yang sebenarnya