Joker adalah film DC non-DCEU garapan Todd Phillips yang perilisannya sangat sukses pada tahun 2019 lalu. Berfokus pada karakter Arthur Fleck/Joker (Joaquin Phoenix), film ini menceritakan kisah orisinal yang sama sekali tidak ada di DC Comics. Ada banyak sekali pencapaian yang telah filmnya raih. Termasuk menjadi film dengan R-rated alias dewasa yang paling sukses sampaihari ini. Pendapatan filmnya sendiri bahkan sampai mencapai 1 miliar dolar atau setara dengan 15 triliun rupiah, dari seluruh dunia.

Berkat kesuksesan film pertamanya, Warner Bros. selaku perusahaan yang menaungi semua film DC, telah memberi lampu hijau untuk sekuelnya. Sutradara Todd Phillips masih akan menggarap sekuel Joker ini sekaligus bertindak sebagai penulis bersama Scott Silver, sama seperti film pertamanya. Filmnya sendiri sudah mempunyai judul resmi yaitu Joker: Folie A Deux, yang artinya ‘kegilaan untuk dua orang’. Judul ini selaras dengan para karakter di dalamnya, yaitu Joker dari Phoenix dan juga Harley Quinn dari Lady Gaga.

BACA JUGA: Warner Bros Batalkan Film DCEU Batgirl!

Plot Joker 2 Berhubungan Dengan Tempat Ikonik Gotham

Sejauh ini masih minim sekali informasi mengenai film Joker: Folie A Deux. Walaupun begitu, baru-baru ini The Wrap setidaknya telah mengungkapkan bahwa film kedua Joker ini akan berhubungan erat dengan Arkham Asylum. Sejauh ini masih belum jelas apa yang akan Joker lakukan di rumah sakit jiwa Gotham ini. Namun, kemungkinan besar plotnya tidak akan terlepas dari adegan yang sempat terlihat di ending film pertamanya.

Setelah sempat menyebabkan kekacauan, di ending Joker kita bisa melihat Arthur akhirnya tertangkap dan dijebloskan ke Arkham Asylum. Dalam adegan terakhirnya, seorang perawat bertanya tentang keadaannya. Alih-alih menjawab, Arthur malah tertawa dan mengatakan bahwa “kamu tidak akan mengerti,” dan film Joker pun berakhir. Sepertinya film sekuelnya nanti akan melanjutkan apa yang terjadi di ending ini.

BACA JUGA: 5 Kematian Superhero DC Paling Brutal!

Ada kemungkinan juga di sekuelnya nanti Joker akan bertemu untuk yang pertama kalinya dengan Harley Quinn di dalam Arkham Asylum. Di mana mereka saling jatuh cinta dan akhirnya mencoba untuk kabur dari lokasi ikonik tersebut seperti yang sering mereka lakukan di DC Comics. Jika tidak ada halangan, film Joker: Folie A Deux alias Joker 2 akan tayang di bioskop pada tanggal 4 Oktober 2024, bertepatan dengan ulang tahun kelima film pertamanya.