Shirahoshi pun kemudian belajar banyak hal setelah bertemu dengan Luffy. Dia bahkan berani keluar dari zona nyamannya, dan ikut pergi ke Reverie. Sayangnya, Shirahoshi harus merasakan sendiri pengalaman tidak menyenangkan yang ibunya pernah rasakan. Beruntung, Mjosgard berhasil melindungi Shirahoshi dan menyerang Charlos. Mjosgard meminta maaf kepada Shirahoshi. Dia sudah belajar banyak kejadian sebelumnya dan memutuskan untuk berubah.

Kekuatan Menghancurkan Dunia di One Piece

Poseidon memiliki kekuatan untuk bisa berkomunikasi dengan para Sea Kings, serta memberikan mereka perintah. Sea Kings sendiri adalah makhluk laut yang memiliki ukuran sangat besar, yang bahkan bisa dengan mudah menghancurkan sebuah kapal perang atau pun kapal biasa. Kekuatan dari Poseidon sendiri kabarnya pada awalnya akan dimanfaatkan untuk membawa Noah, kapal besar yang sengaja dibuat untuk membawa para makhluk laut ke daratan.

Namun, sayangnya, semua rencana tersebut akhirnya harus gagal. Tugas dan misi ini pun kemudian diwariskan kepada generasi putri duyung di kerajaan selanjutnya. Tetapi, tidak ada yang berhasil untuk membangkitkan kekuatan tersebut sampai Shirahoshi lahir. Melihat bagaimana sosok Shirahoshi, yang tidak penakut dan bukan sosok yang senang akan kekerasan, kecil kemungkinan jika dia akan menggunakan kekuatannya untuk menghancurkan sebuah pulau.

Namun, situasi mungkin akan berbeda jika situasi buruk menimpa Shirahoshi seperti dia yang berhasil tertangkap oleh orang lain. Sea Kings bukanlah makhluk laut tanpa pikiran. Mereka akan memperhitungkan resiko dan segala halnya sebelum kemudian menghancurkan sesuatu. Mereka juga tidak akan bergerak tanpa adanya perintah. Ketika kemudian Shirahoshi dalam keadaan bahaya, mungkin mereka akan bergerak dan bisa saja menghancurkan segalanya.

Jika satu Sea Kings saja sudah berbahaya, tentu sekelompok Sea Kings akan mampu bukan hanya menghancurkan satu pulau melainkan semua pulau yang ada di dunia One Piece. Jika kemudian Shirahoshi tetap berada di pihak Luffy, maka mereka akhirnya akan mampu menyelesaikan apa yang Joy Boy inginkan sejak lama. Yang kemudian perlu menjadi catatan penting adalah bagaimana Shirahoshi bisa tetap aman sampai waktunya tiba.

Karakter Paling Kuat Saat Ini di One Piece?

Sebagai sebuah Senjata Kuno, Shirahoshi tentunya adalah ancaman besar khususnya bagi pihak Pemerintah Dunia. Dalam arc Reverie, kita melihat bagaimana Im nampak kesal dengan beberapa orang seperti Luffy, Blackbeard, Vivi, dan juga Shirahoshi. Artinya Im dan juga Pemerintah Dunia mungkin sudah mengetahui bahwa dia adalah salah satu Senjata Kuno yaitu Poseidon.

Meskipun Shirahoshi memiliki kekuatan yang sangat mengerikan dan dahsyat, sayangnya dia bahkan tidak memiliki keberanian untuk melindungi dirinya sendiri. Hal ini bisa kita lihat selama arc Pulau Manusia Ikan di mana dia harus terkurung di kamarnya selama bertahun-tahun. Padahal, jika dia mau, dia bisa saja menghancurkan kelompok Hody Jones dan Vander Decken IX dengan cara memerintahkan Sea Kings untuk menyerang mereka.

Jadi, apakah Shirahoshi merupakan karakter terkuat di serinya? Jawabannya adalah tidak. Dia perlu seseorang untuk selalu melindunginya dari berbagai ancaman yang ada. Meskipun bukan sosok atau karakter paling kuat, Shirahoshi tetaplah karakter yang paling mengerikan dan berbahaya di seri One Piece mengingat dia adalah salah satu Senjata Kuno.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.