Menjadi seorang Hunter adalah impian bagi banyak orang dalam cerita di seri Hunter X Hunter. Hal ini karena profesi Hunter adalah profesi yang sangat populer dan paling terpandang. Banyak orang yang berusaha untuk bisa menjadi seorang Hunter, karena memang ada banyak keuntungan dan kelebihan ketika seseorang menjadi Hunter.

Meskipun begitu, faktanya, tidak mudah bagi seseorang untuk menjadi Hunter. Mereka harus melalui berbagai ujian, yang mana tidak jarang ujian tersebut justru merenggut nyawa mereka. Kemudian, mereka pun harus memiliki kekuatan fisik yang luar biasa serta memiliki kemampuan yang epik. Satu hal lainnya adalah mereka perlu memiliki kemampuan untuk mengendalikan energi alam, atau yang biasa disebut sebagai Nen.

Seperti yang muncul dalam ceritanya, ada banyak jenis pekerjaan atau kategori dari Hunter. Berdasarkan informasinya, ada kurang lebih 24 tipe Hunter di mana masing-masing Hunter berburu sesuatu yang berbeda-beda. Beberapa contoh tipe Hunter adalah Blacklist Hunter, Beast Hunter, Hacker Hunter, Head Hunter, dan masih banyak lainnya. Masing-masing tipe Hunter memiliki tugas masing-masing.

Kepopuleran atau tingkat kehebatan dari seorang Hunter bisa kita ukur dari kategori bintang (Star System), apakah seseorang masuk dalam kategori Bintang Satu (Single Star), Binta Dua (Double Star), atau Bintang Tiga (Triple Star). Sebagian Geeks mungkin masih belum ada yang mengenal dengan sistem bintang ini, dan berikut adalah penjelasannya.

Sistem Bintang

Seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya, pada intinya, sistem bintang dari para Hunter ini menjadi cermin seberapa besar kontribusi merekea terhadap pihak asosiasi. Atau bisa juga hal ini menjadi cerminan seberapa besar peran mereka di tengah-tengah masyarakat dalam satu wilayah atau beberapa wilayah sekaligus. Yang menarik adalah terdapat aturan yang menentukan bagaimana seorang Hunter mendapatkan bintang.

Hal ini muncul dalam chapter 331, di mana Asosiasi Hunter mengeluarkan semacam aturan atau undang-undang yang menjelaskan cara atau persyaratan bagi seorang Hunter untuk mendapatkan bintang. Berdasarkan pasal lima, untuk menjadi seorang Single-Star Hunter atau Hunter Bintang Satu maka mereka perlu melakukan sesuatu yang sangat luar biasa di bidang tertentu.

Kemudian, dalam pasal enam, untuk menjadi seorang Double-Star Hunter atau Hunter Bintang Dua maka mereka perlu menjalankan lima pasal dari sepuluh pasal yang ada. Kemudian, mereka juga perlu menduduki sebuah jabatan resmi di Asosiasi Hunter serta menjadi mentor untuk seorang Hunter yang mana Hunter tersebut kemudian menjadi Single-Star Hunter.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: Mengenal Kerumitan Kekuatan Nen!

Terakhir, untuk menjadi Triple-Star Hunter atau Hunter Bintang Tiga maka seseorang perlu mewujudkan enam dari sepuluh pasal yang ada. Mereka juga perlu memiliki berbagai pencapaian yang luar biasa di berbagai bidang atau jenis Hunter. Dan perlu untuk Geeks ketahui, bahwa untuk menjadi Hunter Bintang Tiga merupakan sebuah hal yang paling sulit untuk dilakukan.

Para Hunter Bintang Tiga

Dengan sulitnya seorang Hunter untuk menjadi Triple-Star Hunter, tidak heran jika jumlahnya hanya sedikit. Sejauh ini, berdasarkan informasinya hanya ada sepuluh orang di Asosiasi Hunter yang merupakan bagian dari Triple-Star Hunter. Sayangnya, hanya tiga orang yang kita ketahui identitasnya. Sedangkan, tujuh orang lainnya masih menjadi misteri. Lalu, siapa saja mereka?

Pariston Hill

Setelah kematian dari Isaac Netero, posisi dari pemimpin asosiasi para Hunter kemudian diisi oleh sosok Pariston Hill. Dia merupakan pemimpin asosiasi para Hunter yang ke-13. Sebelum mengisi posisinya sebagai pemimpin para Hunter, Pariston merupakan wakil dari Netero. Selain itu, Pariston juga merupakan bagian dari kelompok Zodiac yang Netero pilih langsung.

Tentu ada alasan mengapa kemudian Netero memilih Pariston sebagai wakilnya dan juga menjadi bagian dari Zodiac. Netero beranggapan bahwa Pariston memiliki kemampuan di atas rata-rata Hunter lainnya, yang mana hal tersebut memang benar. Buktinya, dia mampu menandingi kekuatan Isaac Netero. Dengan semua kemampuan yang dia miliki, wajar jika kemudian Hill termasuk dari Triple-Star Hunter.

Cheadle Yorkshire

Cheadle Yorkshire adalah pemimpin asosiasi para Hunter saat ini, di mana dia menggantikan posisi dari Pariston. Ia pemimpin asosiasi para Hunter yang ke-14. Selain itu, Cheadle juga bagian dari Disease Hunter, yang memiliki tugas untuk mencari obat-obatan demi bisa menyembuhkan berbagai virus atau penyakit baru. Dari segi kemampuan, para fans mengenal sosok Cheadle sebagai pengguna Nen yang dahsyat dan juga petarung yang handal.

Bukti nyata dari hal ini adalah bagaimana Cheadle menjadi salah satu anggota dari kelompok Zodiacs. Meskipun begitu, memang level kekuatan Cheadle berada di bawah Netero. Dan dengan menjadi pemimpin dari asosiasi para Hunter, sudah membuktikan bahwa memang dia layak menjadi seorang Triple-Star Hunter.

Botobai Gigante

Botobai merupakan salah satu anggota dari kelompok Zodiacs, yang berafiliasi dengan asosiasi Hunter. Dia merupakan bagian dari Terrorist Hunter, atau para Hunter yang bertugas untuk mencari, mencegah, dan menghentikan semua upaya terorisme. Botobai merupakan salah satu kandidat yang cukup populer saat pemilihan pemimpin asosiasi Hunter ke-13.

Sebagai seorang Triple-Star Hunter, dia adalah salah satu sosok yang sangat ahli dalam hal politik, strategi militer, dan juga pertempuran. Botobai juga merupakan anggota Zodiac tertua di organisasi Zodiac. Dengan sikapnya yang tenang dan penuh pengalaman, rasanya memang wajar jika kemudian dia menjadi sosok Hunter yang hebat.

Dengan seri Hunter X Hunter yang akan kembali melanjutkan ceritanya, tentu akan sangat menarik untuk melihat siapa lagi Hunter yang menjadi bagian dari Triple-Star Hunter. Apakah ada tokoh baru yang akan muncul? Atau justru terungkap bahwa karakter lama ternyata memiliki kemampuan yang dahsyat. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya!