Salah satu seri manga dengan penjualan terbaik, Hunter X Hunter, terkenal karena konsep level kekuatannya yang sangat kompleks. Jika seri populer seperti One Piece mengenal konsep Haki dan buah iblis, maka seri HXH mengenal konsep ‘Nen.’ Nen sendiri merupakan sebuah level kekuatan yang wajib para Hunter miliki. Karena, tanpa Nen seorang Hunter tidak akan bisa bertahan.

Selain Hunter, sebenarnya Nen juga bisa orang lain miliki seperti para villain yang ada dalam ceritanya. Namun, memang mayoritas pengguna Nen adalah para Hunter yang menjalankan tugas dan misinya. Dengan kembalinya seri populer ini, mungkin ada sebagian Geeks yang belum terlalu paham dengan konsep Nen.

Apa Itu Nen

Setiap makhluk hidup dalam serinya memiliki sebuah energi dalam diri mereka yang kemudian disebut sebagai Aura. Nen sendiri merupakan sebuah kemampuan dalam diri seseorang untuk bisa mengendalikan dan memanipulasi aura tersebut. Mereka yang memiliki kemampuan Nen akan mampu untuk menutup, membuka, mengatur aliran, atau bahkan memfokuskan aura tersebut terhadap sesuatu.

Untuk bisa mencapai level tersebut, pengguna Nen perlu menguasai “Four Major Principles” atau “Empat Dasar Utama” dari konsep Nen. Pertama adalah Ten, yaitu sebuah momen di mana aura tetap berada di dalam tubuh. Zetsu adalah momen ketika aura sudah tubuh tidak lagi memproduksi aura. Ketiga adalah Retsu, yaitu momen di mana mereka akan mampu menggunakan aura jauh lebih kuat dari biasanya.

Yang keempat dan terakhir adalah Hatsu, yaitu kemampuan di mana pengguna Nen dapat mengeluarkan kekuatan khas mereka. Hal ini pun akan memberikan efek yang berbeda dan unik. Setelah mereka menguasai keempat hal dasar yang penting tersebut, mereka baru bisa mengombinasikannya dengan berbagai teknik yang kompleks.

Misalnya memanipulasi atau membentuk aura dari seseorang untuk sebuah serangan yang mengerikan. Semua kombinasi tersebut bisa menjadi sumber kekuatan paling mengerikan di serinya. Killua dan juga Gon, dua protagonis utama di serinya, sengaja berlatih kemampuan tersebut di bawah asuhan Biscuit Krueger, seorang Hunter berpengalaman dari Greed Island.

Bagaimana Seseorang Mempelajari Nen

Semua Hunter wajib untuk belajar caranya menggunakan Nen. Mereka yang sudah lolos dari ujian Hunter, dan mendapatkan surat izinnya, akan tetap melakukan tahapan dari tes selanjutnya. Dalam tahapan tersebut para peserta harus bisa lolos agar benar-benar bisa dianggap sebagai Hunter. Mereka pun akan mempelajari bagaimana menguasai teknik Nen.

Mempelajari Nen tidak bisa sembarangan. Ada sosok praktisi khusus yang akan memberikan penjelasan dan keterangan tentang Nen. Meskipun begitu, ada juga karakter yang memang sudah memiliki kemampuan Nen sejak mereka lahir. Contohnya adalah Meruem, Royal Guards, dan juga mayoritas dari Chimera Ants.

Berbagai Macam Jenis Nen di Hunter X Hunter

Kurang lebih ada enam jenis Nen yang sudah muncul: Conjuration, Manipulation, Emission, Transmutation, Enhancement, dan Specialization. Masing-masing orang lahir dengan satu jenis aura atau pengendalian Nen tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan jika seseorang akan mempelajari jenis Nen lainnya.

Meskipun begitu, aturan umumnya sendiri menyebutkan bahwa akan lebih mudah bagi seseorang untuk tetap fokus pada Nen yang memang menjadi spesialisasi mereka. Ada beberapa karakter yang memang memiliki keunggulan untuk bisa mempelajari beberapa Nen sekaligus. Misalnya Ging Freecs, Neferpitou, dan juga Hisoka. Kurapika mampu merubah Nen miliknya saat dia mengaktifkan Scarlett Eyes.

Untuk menentukan jenis Nen seseorang, mereka akan mengujinya menggunakan Water Divination. Mereka akan melakukan teknik Ren diatas gelas tersebut, di mana di atas airnya terdapat satu helai daun. Efeknya kemudian akan muncul, dan kita akan melihat perubahan pada air di gelas tersebut. Hal itulah yang kemudian akan menentukan jenis Nen dari seseorang.

Mereka yang termasuk Conjurer akan terlihat ketika muncul kotoran di airnya. Sedangkan, seseorang yang memiliki jenis Nen Manipulator bisa terlihat dari daun yang bergerak ke pembukaan. Mereka yang termasuk Emitter akan terlihat dari warna air yang berubah. Sedangkan Transmutation bisa terdeteksi melalui rasa dari air yang berubah.

BACA JUGA: One Punch Man: Ini Cara Saitama Hancurkan Limiter?

Volume air akan berubah dan bertambah jika seseorang merupakan Enchancer. Dan terakhir, semua hal yang ada di gelas tersebut akan berubah drastis ketika seseorang merupakan Specialist.

Apakah Nen Memiliki Batasan?

Sejauh ini tidak ada informasi pasti mengenai apakah Nen memiliki batasan kekuatan. Namun, ada beberapa contoh nyata bagaimana kemudian seseorang yang mampu melampaui batasan Nen akan memiliki kekuatan dahsyat. Contoh nyata dari hal ini adalah Chain Jail milik Kurapika. Teknik Nen Conjuration tersebut sengaja Kurapika ciptakan untuk mengikat para anggota Phantom Troupe.

Kurapika pun membuat sebuah batasan di mana dia akan mati ketika teknik Nen tersebut dia gunakan terhadap orang lain. Meskipun hal tersebut merupakan sebuah kondisi yang sangat beresiko, namun Nen miliknya tersebut justru menjadi sangat kuat. Hampir tidak ada yang bisa lolos dari teknik Chain Jail milik Kurapika ini, bahkan anggota Phantom Troupe terkuat sekali pun.

Kesimpulannya

Nen adalah salah satu sistem kekuatan yang unik dalam dunia anime dan manga. Yang membedakan Nendari sistem energi atau kekuatan lainnya adalah Nen membawa hasrat dan emosi dari penggunanya. Hal tersebut bisa kemudian mereka gunakan untuk berbagai kepentingan atau apa pun itu. Dan bisa kita simpulkan bahwa Nen adalah salah satu sistem kekuatan yang sangat kompleks di Hunter X Hunter.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.