Klan Otsutsuki merupakan salah satu klan yang cukup populer di cerita Boruto. Bahkan, mereka pun menjadi salah satu klan yang berpengaruh di franchise Naruto. Berasal dari luar planet, tidak heran jika mereka memiliki kekuatan yang dahsyat. Klan Otsutsuki juga dianggap sebagai “pencipta” dunia shinobi di bumi. Karena ada banyak elemen yang mereka perkenalkan seperti chakra, jutsu, dan sebagainya.

Meskipun begitu, sampai sejauh ini klan Otsutsuki masih menyimpan banyak sekali misteri. Contohnya kita masih belum tahu dari mana mereka berasal. Sampai sejauh ini, baru ada beberapa karakter dari klan tersebut yang muncul di cerita utama/canon. Sisanya, ada beberapa anggota klan lainnya yang muncul dalam cerita non-canon. Sebagian dari anggota mereka diceritakan sudah tewas. Namun, ada juga yang statusnya masih hidup. Siapa saja?

Toneri Otsutsuki

Toneri Otsutsuki merupakan salah satu anggota klan Otsutsuki yang muncul dalam cerita non-canon. Sosoknya muncul dalam film The Last: Naruto The Movie, di mana Toneri muncul sebagai antagonis utama dalam filmnya. Seperti halnya para Otsutsuki lainnya, Toneri diberkahi oleh berbagai kemampuan dan kekuatan yang dahsyat. Contohnya dia bisa menghancurkan planet.

Dalam ceritanya, Toneri harus mengakui kekalahannya dari Urashiki dan kemudian dia pun terkurung di bulan dengan menggunakan jutsu segel. Artinya, secara teknis, Toneri masih hidup meskipun dia harus berada di bulan. Selain mampu menandingi kekuatan Kurama Chakra Mode, banyak yang meyakini bahwa dia adalah sosok yang bertanggung jawab atas Jougan milik Boruto. Tetapi, masih belum ada konfirmasi jelas terkait hal tersebut.

Kaguya Otsutsuki

Kaguya Otsutsuki adalah salah satu karakter terkuat dalam franchise Naruto. Dia merupakan sosok villain yang muncul di akhir seri Naruto Shippuden, tepatnya dalam perang besar ninja keempat. Dia merupakan ibu dari Hagoromo Otsutsuki dan juga Hamura Otsutsuki. Secara kekuatan, Kaguya jauh lebih kuat dari Hagoromo dan juga Hamura.

Meskipun begitu, Hagoromo dan Hamura sendiri pernah berhasil mengalahkan sang ibu dan kemudian menyegelnya. Namun, dalam cerita Naruto Shippuden para fans melihat bagaimana Kaguya berhasil kembali bangkit. Tetapi, tiga karakter utama dalam ceritanya – Naruto, Sasuke, dan Sakura – akhirnya kembali menyegel sosok Kaguya dengan teknik Chibaku Tensei. Artinya, sama seperti Toneri, secara teknis Kaguya masih hidup.

Momoshiki Otsutsuki

Momoshiki Otsutsuki merupakan salah satu dari tiga anggota klan Otsutsuki yang datang ke bumi untuk menyerap chakra besar yang ada di sini. Rekan dari Kinshiki Otsutsuki ini pernah bertarung menghadapi Naruto dan Sasuke sekaligus. Meskipun pada awalnya dia berhasil menguasai keadaan, dan membuktikan keduanya bukan tandingan klan Otsutsuki, pada akhirnya Momoshiki pun kalah.

Meskipun begitu, seperti halnya para Otsutsuki lain, sebelum kematiannya Momoshiki menanamkan segel Karma miliknya terhadap Boruto. Dalam chapter 57 kemarin di manga Boruto, kita mengetahui bahwa proses Otsutsukifikasinya sendiri sudah 82%. Meskipun kemudian Momoshiki tidak akan bisa kembali bangkit, namun secara teknis dia masih belum tewas. Banyak fans yang berspekulasi bahwa sosoknya akan kembali bangkit suatu hari nanti.

Kawaki

Mungkin Geeks merasa heran dengan adanya sosok Kawaki dalam daftar ini. Namun, secara teknis Kawaki pun merupakan bagian dari klan Otsutsuki. Hal ini karena segel Karma Isshiki yang ada dalam tubuhnya. Sebenarnya, segel karma Isshiki yang ada di tubuh saudara dari Boruto ini sudah menghilang saat Isshiki kembali bangkit setelah tewas dari Kashin Koji.

Namun, tanpa Kawaki sadari segel Karma Isshiki tersebut kembali aktif. Hal itu karena ulah dari Amado. Dalam chapter kemarin kita melihat bagaimana Amado berhasil mengubah segel Karma tersebut menjadi sebuah senjata mematikan, tanpa perlu lagi Kawaki khawatir bahwa Isshiki akan mengambil alih tubuhnya. Artinya, kini Kawaki pun sudah menjadi bagian dari klan Otsutsuki.

BACA JUGA: One Piece: 9 Karakter yang Tewas di Wano!

Uzumaki Boruto

Sama halnya seperti Kawaki, Boruto pun merupakan wadah dari Otsutsuki yaitu Momoshiki. Seperti yang terungkap di poin sebelumnya, dalam chapter 57 kemarin kita mengetahui bahwa proses Otsutsukifikasi Boruto sudah mencapai 82%. Momoshiki harus rela mengorbankan 18% sisanya demi bisa membangkitkan kembali wadahnya, yang “tewas” akibat terkena serangan Kawaki.

Momoshiki sendiri mengatakan bahwa Boruto kini sudah menjadi seorang Otsutsuki yang sempurna. Artinya, bisa kita katakan meskipun tubuhnya manusia namun sisi manusia Boruto sudah hilang. Dia sudah menjadi bagian dari klan Otsutsuki. Dan juga yang sangat ironis adalah Momoshiki sendiri masih hidup dalam diri Boruto, meskipun dia tidak mampu untuk kembali bangkit.

Code di Boruto

Sosok Code sudah menjadi salah satu bagian penting dalam seri Boruto: Naruto Next Generation, terutama setelah kita mengetahui bahwa Code memiliki jenis lain dari Karma. Code diketahui memiliki Karma putih, yang berbeda dari segel Karma pada umumnya. Dengan adanya Karma putih tersebut, Code disebut mewarisi tekad dari Isshiki Otsutsuki.

Meskipun Karma putih tersebut banyak yang menganggap sebagai Karma yang tidak sempurna, namun kita masih melihat sejauh mana level kekuatannya. Di sisi lain, hal ini pun memberikan petunjuk bahwa Code adalah sosok Otsutsuki lainnya meskipun mungkin tidak sempurna. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana aksi dari Code selanjutnya untuk membalas dendam Kawaki dan Boruto.

Untuk saat ini, memang kita sudah tidak lagi berhadapan dengan sosok fisik dari klan Otsutsuki karena mereka – saat ini – sudah tidak ada lagi di bumi. Ada yang sudah tewas, ada yang masih tersegel oleh berbagai jutsu handal. Meskipun begitu, Kishimoto mulai memperkenalkan sosok Otsutsuki lainnya dalam sosok lain. Contohnya adalah Kawaki, Code, dan juga Boruto. Namun, menarik juga tentunya untuk menantikan apakah Kishimoto akan menghadirkan klan Otsutsuki lainnya di seri Boruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.