Mera

Di DC Universe, Mera dikenal sebagai ratu Atlantis karena dia adalah istri dari Arthur Cury alias Aquaman. Dengan kemampuannya dalam mengendalikan air, banyak penggemar yang menganggap Mera sebagai salah satu superhero wanita yang sangat tangguh. Namun, meskipun dia sering bertarung bersama suaminya, yang tercatat sebagai salah satu pendiri Justice League, ternyata Mera tidak pernah diajak bergabung oleh Justice League. Tidak diketahui mengapa hal tersebut bisa terjadi, tetapi alasan yang paling mungkin adalah karena saat Aquaman bertugas dengan JL, Mera harus menggantikan posisinya untuk menjaga Atlantis.

Raven

Dari sekian banyak ahli sihir di DC Universe, Raven adalah salah satu yang paling hebat dan terbukti sangat sulit untuk dikalahkan. Dengan kemampuan sihirnya tersebut, Raven bisa memanipulasi elemen dasar bumi dan bahkan energi kosmik. Dalam beberapa kesempatan bahkan dia bisa berubah menjadi iblis mengerikan yang sangat kuat. Namun, di balik semua kekuatan tersebut, alasan mengapa Justice League tidak pernah mengajaknya bergabung adalah karena Raven anak dari musuh JL yang bernama Trigon. Walaupun begitu, dia tetap dibiarkan bergaul dengan Teen Titans dan menjadi anggotanya.

Thunderbolt

Thunderbolt adalah salah satu supehero lama yang mempunyai nama asli Peter Cannon. Sebagai superhero yang mengandalkan otaknya, kemampuan utama Thunderbolt adalah memaksimalkan kemampuan otaknya untuk meningkatkan kekuatan fisiknya, dari mulai kecepatan, kekautan, stamina, daya tahan, dan sebagainya, bahkan dalam beberapa kesempatan dia terbukti sampai bisa mengendalikan binatang. Alasan mengapa superhero hebat sepertinya tidak pernah bergabung dengan Justice League, mungkin karena Thunderbolt lebih senang untuk beraksi sendirian daripada bersama dengan sebuah tim.

Jonah Hex

Terlepas dari wajahnya yang tampak seperti seorang villain, Jonah Hex sebenarnya adalah salah satu superhero cowboy yang sangat berpengaruh. Sebagai seorang penembak jitu yang sangat tangguh, sebagian besar kisah Jonah Hex terjadi pada era Perang Saudara di Amerika. Itulah mengapa meskipun dia sangat hebat, Jonah tidak pernah terlihat bergabung dengan Justice League yang berbeda masa. Namun, dengan adanya perjalanan time travel, sebenarnya Jonah bisa saja menjadi aset yang sangat berharga bagi tim JL, sayangnya hal tersebut belum pernah terjadi di era modern DC Universe.

Spectre

Jim Corrigan alias Spectre adalah salah satu superhero tertua DC yang dikenal mempunyai kekuatan maha dahsyat. Sebagai titisan dari Spirit of Vengeance, Spectre terbukti bisa mengendalikan ruang dan waktu, di mana kemampuan tersebut membuatnya bisa melakukan banyak hal yang mustahil. Dengan kemampuannya yang sangat berguna untuk melawan villain kosmik, entah mengapa sampai saat ini Justice League tidak pernah mengajaknya bergabung, mungkin karena mereka sulit untuk menemui Spectre yang keberadaanya sangat sulit dilacak.

Kesepuluh superhero ini menjadi bukti bahwa kekuatan super saja masih belum cukup untuk menarik perhatian Justice League, karena tim super terhebat di DC Universe ini mungkin hanya akan benar-benar merekrut anggotanya ketika semua aspeknya dirasa sudah cukup tepat, dari mulai superhero yang akan direkrutnya, sampai waktu perekrutannya yang dianggap ideal. Karena jika melihat sejarahnya, Justice League ternyata pernah merekrut banyak superhero biasa saja karena memang mereka membutuhkannya. Itulah sepuluh superhero DC yang tidak pernah diceritakan direkrut oleh Justice League.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.