Dirilis perdana pada tahun 2009, film Avatar karya James Cameron memperlihatkan bagaimana jadinya jika manusia menjadi alien yang menginvasi planet lain untuk mengambil alih sumber dayanya. Berlangsung di Planet Pandora, manusia harus berhadapan dengan penduduk asli, Na’vi, yang berusaha melindungi planetnya dari para manusia serakah yang dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih.

Pada akhirnya, setelah Jake Sully (Sam Worthington) dan beberapa manusia lain membantu perjuangan para Na’vi untuk lepas dari cengkraman manusia, perang antara mereka pun pada akhirnya selesai dengan diusirnya para manusia dari Pandora. Namun, kemenangan tersebut tidak diraih dengan mudah begitu saja, karena pada kenyataannya banyak orang baik yang menjadi korban dan diceritakan mati di film pertamanya, salah satunya adalah seorang manusia bernama Dr. Grace Augustine (Sigourney Weaver).

Menariknya, dengan dijadwalkannya perilisan film Avatar 2 pada akhir tahun 2022 ini, ternyata aktris Weaver dipastikan akan kembali di sekuelnya. Sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana dia bisa hidup kembali? Padahal cukup jelas bagaimana akhirnya dia mati dan dikubur di Pandora. Berdasarkan beberapa petunjuk yang telah terungkap, mari kita bahas teori bagaimana Grace bisa kembali di Avatar 2 nanti!

Mati Secara Heroik

Dr. Grace Augustine adalah pemimpin program Avatar, di mana dia bersama timnya berusaha mengenali bangsa Na’vi termasuk dengan mempelajari bahasa dan budayanya. Seiring berjalannya waktu, Grace tumbuh sebagai manusia yang menaruh simpati kepada para Na’vi, setelah menyadari bahwa menghancurkan ekosistem di Planet Pandora hanya akan membawa kehancuran terhadap planet indah tersebut. Hal tersebut membuat Grace pada akhirnya sering berselisih dengan Kolonel Quaritch dan pasukannya yang melakukan agresi militer kepada para Na’vi.

Menjelang akhir film, ketika Grace tertembak dan hampir mati, Jake yang sudah menjadi bagian dari Na’vi kemudian membawanya ke Tree of Souls. Tindakan tersebut diharapkan dapat membuat Grace selamat dengan cara mentransfer jiwanya ke tubuh Avatar Na’vi, sama seperti yang dilakukan oleh para Na’vi kepada Jake. Sayangnya, Grace lebih dahulu mati sebelum proses transfernya selesai. Grace pun pada akhirnya terlihat dikuburkan dekat Tree of Souls bersama jasad Na’vi lainnya yang dianggap sebagai pahlawan Pandora.

Kembali dalam Wujud Lain?

Meskipun kematian karakternya sudah sangat jelas, tetapi baru-baru ini aktris pemeran Grace, Sigourney Weaver, dikonfirmasi telah melakukan syuting di bawah air menggunakan teknologi motion capture canggih. Weaver sendiri mengungkapkan bahwa dirinya harus menahan napas selama enam menit untuk mengambil adegannya. Hal tersebut mengidikasikan bahwa peran Weaver di Avatar 2 nanti bukanlah manusia. Dengan petunjuk tersebut, kemungkinan besar karakternya akan kembali dalam bentuk humanoid atau makhluk air di Pandora.

Di semesta Avatar, Tree of Souls adalah pohon suci raksasa yang dianggap sebagai awal dan akhir para Na’vi, di mana para Na’vi yang mati akan dikuburkan dekat Tree of Souls agar jiwanya “menyatu” dengan pohon tersebut. Kemungkinan setelah tubuh manusia Grace dikubur dekat Tree of Souls, jiwanya ternyata telah menyatu dengan pohon tersebut. Pada titik ini, Tree of Souls bisa kapan saja mentransfer jiwa Grace selama ada tubuh baru, di mana mungkin dia akan dimasukan ke sebuah tubuh Na’vi atau makhluk air di Avatar 2 nanti.

Dengan tubuh yang sudah bukan manusia lagi, Grace tampaknya harus belajar beradaptasi dengan tubuh baru apa pun bentuknya nanti. Apalagi kemungkinan besar dia akan lebih aktif di dalam air daripada di daratan, sehingga ada kemungkinan Dr. Grace Augustine akan menjadi sosok penting di Avatar 2 nanti, mengingat filmnya sudah dipastikan akan mengekplorasi dunia air di Planet Pandora. Itulah penjelasan teori tentang bagaimana karakter Grace bisa kembali di Avatar 2. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.