Beyblade adalah mainan mirip gasing yang dikemas modern dengan pelontar mekanik yang membuatnya berputar lebih cepat dan lama. Diciptakan oleh perusahaan mainan Jepang Takara Co., Ltd., beyblade dirilis pertama kali pada tahun 1999 dan makin populer setelah perusahaan mainan Amerika, Hasbro, mendistribusikannya ke seluruh dunia khususnya Amerika dan Eropa. Di Indonesia sendiri, dari mulai anak-anak generasi 90-an sampai milenial pasti mengenal beyblade sebagai mainan alternatif selain tamiya dan crush gear.

Selama bertahun-tahun, beyblade makin berkembang dengan beberapa tayangan dan komik yang mengemas mainannya dengan cerita heroik para anak muda yang salng mengadu beybladenya. Berbagai bentuk dan juga kekuatan dari beyblade diimajinasikan dalam format gambar dan animasi agar para anak-anak lebih tertarik lagi untuk memainkan beyblade mereka. Selain komik, sejak tahun 2000-an banyak sekali animasi Beyblade yang dirilis dalam format film, serial, dan berbagai spin-off, termasuk Beyblade: Metal, BeyWheelz, BeyWarriors, dan Beyblade Burst yang saat ini tengah berlangsung.

Mencoba mengadaptasi mainannya dalam bentuk live-action, baru-baru ini, Paramount Pictures telah memasuki tahap awal pengembangan filmnya. Pertama kali dilaporkan oleh Collider, kabarnya Paramount telah menunjuk produser Pirates of the Caribbean, Jerry Bruckheimer, untuk mengembangkan live-action Beyblade. Meskipun plot masih dirahasiakan, naskah filmnya dipastikan akan ditulis oleh Neil Widener dan Gavin James.

Proyek film live-action Beyblade sebenarnya sudah pernah terungkap pada tahun 2015 sila saat Paramount mendapatkan hak siar untuk waralaba Beyblade, tetapi selama bertahun-tahun tidak pernah terdengar lagi kabar sampai akhirnya kabar ini mencuat. Paramount sendiri sudah tidak asing lagi dengan proyek tayangan yang mengadaptasi mainan, sebelumnya mereka telah merilis waralaba live-action populer, seperti Transformers pada tahun 2007 sampai sekarang, dan G.I. Joe pada tahun 2009 sampai sekarang.

Pengumuman film Beyblade ini sekaligus menandai berkembangnya kerja sama film antara Paramount dan Hasbro, yang dalam beberapa tahun ke depan rencananya akan merilis sekuel Snake Eyes: G.I. Joe Origins, trilogi Transformers: Rise of the Beasts, dan Dungeons & Dragons. Untuk film live-action Beyblade sendiri, karena untuk saat ini masih dalam tahap awal pengembangan, kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.