Spider-Man adalah salah satu karakter komik yang mempunyai banyak sekali basis penggemar di seluruh dunia, di mana sedikit di antaranya yang sangat fanatik dalam membela superhero favoritnya. Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali yang membandingkan seorang superhero dengan superhero lainnya, atau bahkan mungkin dengan para supervillain, dan perdebatan tersebut seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Menariknya, hal tersebut juga berlaku bagi superhero seperti Spider-Man.

Bedanya dalam kisah Spider-Man, tidak jarang Spider-Man justru dibandingkan dengan sesama manusia laba-laba lainnya, misalnya seperti perbandingan antara Peter Parker, Miles Morales, dan Ben Reilly. Meskipun perdebatan tersebut sebenarnya sudah cukup memusingkan, ternyata ada juga yang lebih membingungkan dari itu, di mana kita dihadapkan pada pilihan yang terdiri dari tiga karakter yang sama-sama Peter Parker, dari mulai Peter Parker versi Tobey Maguire, kemudian Andrew Garfield, sampai Tom Holland. Siapa sebenarnya yang paling kuat di antara mereka? Mari kita bahas sekarang, Geeks!

Spider-Man Tobey Maguire

Diperankan oleh Tobey Maguire, Peter Parker yang satu ini muncul pertama kali di film Spider-Man (2002) karya Sam Raimi, setelah itu dia kembali lagi di dua film sekuelnya yang berjudul Spider-Man 2 (2004) dan Spider-Man 3 (2007). Sejauh ini telah menghadai beberapa supervillain komik seperti Green Goblin, Doctor Octopus, Sandman, dan Venom. Selama petualangannya, Spider-Man Maguire telah berkali-kali membuktikan kekuatannya dengan terus bangkit saat menghadapi rintangan yang awalnya tidak bisa dia atasi.

Spider-Man Maguire ini pernah diperlihatkan menghentikan sebuah kereta bawah tanah yang melaju sangat cepat, kemudian dia juga pernah selamat dari ledakan yang berasal dari granat labu Green Goblin, dan terakhir dia terlihat mampu bertahan ketika melawan tiga villain sekaligus di film terakhirnya. Bahkan ketika dia kembali dan bertemu dengan Peter Parker lain di film Spider-Man: No Way Home, ada beberapa hal yang membuatnya tampak unggul, salah satunya adalah jaring yang tidak membutuhkan web-shooter seperti Spider-Man lain.

Spider-Man Andrew Garfield

Dikenal dengan sebutan The Amazing Spider-Man, Peter Parker di film The Amazing Spider-Man (2012) dan The Amazing Spider-Man 2 (2014) karya Marc Web ini diperankan oleh Andrew Garfield. Di waralaba film ini untuk pertama kalinya Spider-Man live action diperlihatkan melakukan beberapa kali penelitian dan melakukan penemuan seperti web-shooter. Dalam petualangannya, Spider-Man Garfield ini harus berhadapan dengan para supervillain genius seperti Lizard, Electro, dan Goblin, di mana pertarungannya tidak hanya melibatkan fisik saja, tetapi juga emosi.

Ketika bertarung melawan Lizard, Spider-Man Garfield harus menerima kenyataannya bahwa ayah kekasihnya telah berkorban untuk menyelamatkannya. Kemudian ketika berhadapan dengan Goblin, dia harus menerima kesedihan lainnya setelah gagal menyelamatkan Gwen Stacy yang terjatuh. Dan dari segi kekuatan, Spider-Man Garfield terlihat sangat mampu ketika menghadapi listrik elektro, dia juga membuat kostumnya sendiri agar kebal terhadap listrik. Bahkan ketika dia kembali di No Way Home, Spider-Man Garfield masih terlihat mampu menghadapi Electro yang telah mendapatkan pembaruan.

Spider-Man Tom Holland

Setelah kejadian Spider-Man: No Way Home, Peter Parker MCU yang diperankan oleh Tom Holland ini, terlihat meninggalkan semua yang telah dia dapatkan sebelumnya di film Spider-Man Homecoming (2017) dan Spider-Man: Far From Home (2019) karya sutradara Jon Watts, termasuk teknologi canggih dan juga relasi. Padahal sebelumnya dia mempunyai akses pada teknologi Stark yang sering membantunya ketika melawan supervillain seperti Vulture dan Mysterio. Bahkan teknologi tersebut membantu Spider-Man Holland juga saat menghadapi Thanos di planet Titan.

Selama petualangannya ada beberapa momen ikonik di mana Spider-Man Holland membuktikan kekuatannya, misalnya ketika menahan kapal ferry yang terbelah, mengendalikan sebuah pesawat yang hampir menabrak Stark Tower, kemudian masih tetap hidup meskipun ditabrak oleh kereta cepat, dan dia juga telah berhasil mengasah spidersense-nya sampai dia bisa mengalahkan Mysterio dengan mata tertutup. Secara emosional Spider-Man Holland juga mampu bertahan dari cemooh orang-orang yang menuduhnya sebagai pembunuh Mysterio.

Siapa yang Lebih Kuat?

Ketika berbicara tentang siapa yang lebih kuat di antara ketiga Spider-Man ini, ujung-ujungnya selalu berakhir pada kesimpulan yang sama, yaitu mereka bertiga hebat dengan caranya sendiri. Dan tentu saja hal tersebut ada benarnya juga, mengingat ketiga Spider-Man ini mempunyai keunggulannya masing-masing, misalnya Spider-Man Maguire yang jaringnya organik, kemudian Spider-Man Garfield yang cukup cerdas untuk menciptakan kostumnya sendiri, dan terakhir Spider-Man Holland yang mempunyai banyak sekali kostum canggih.

Jika berbicara kekuatan, sebenarnya ada beberapa adegan di filmnya yang sekilas membandingkan kekuatan dari para Spider-Man ini. Di filmnya, Spider-Man Andrew Garfield terlihat mampu menahan sebuah bus yang hampir terguling dengan mudah, kemudian dia juga berhasil menggantung beberapa mobil yang hampir terjatuh dari sebuah jembatan. Namun, ternyata itu masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Spider-Man Tom Holland yang menahan terbelahnya sebuah kapal ferry seberat 3.000 ton, sampai akhirnya dia dibantu oleh Iron Man yang datang dengan armor canggihnya.

Menariknya, itu juga masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Spider-Man Maguire yang menahan laju sebuah kereta, di mana bukan hanya berat saja yang dia tahan, melainkan gaya dorongan dari mesin dan juga kecepatan yang mungkin mencapai puluhan ribu ton pada detik-detik awal. Jika mengacu pada hal tersebut, seharusnya cukup aman untuk mengatakan bahwa “saat ini” Spider-Man Tobey Maguire adalah yang paling kuat di antara ketiganya.

Itulah pembahasan mengenai siapa Spider-Man live-action terkuat di MCU. Walaupun Spider-Man Maguire tampak lebih kuat dari yang lain, bukan berarti Spider-Man Garfield dan Holland bisa dibilang lemah. Karena dari segi umur dan pengalaman, mereka masih lebih unggul karena jauh lebih muda, sehingga mereka berdua masih mempunyai potensi untuk menjadi lebih kuat lagi. Apalagi Spider-Man Tom Holland masih mempunyai masa depan yang cerah, dengan trilogi film berikutnya yang akan diproduksi oleh Marvel dan Sony. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.