Nama Ken Levine tentunya sudah tidak asing di telinga gamers. Levine adalah sosok penting dibalik terciptanya game Bioshock yang fenomenal. Levine sukses menutup trilogi Bioshock dengan game terakhirnya, Bioshock Infinite. Namun setelah kesuksesan yang diraih, Ken Levine memutuskan mematikan developer Irrational Games, yang berada dibawah kendalinya. Tak lama setelah itu, ia membuat studio baru, Ghost Story Games, yang sudah ia ciptakan sejak tahun 2014.

Setelah lebih dari 7 tahun, tidak ada game baru garapan Levine dan Ghost Story Games yang dirilis. Nah baru-baru ini, Jason Schreier, seorang jurnalis video game terkenal melaporkan alasan mengapa tidak ada game terbaru dari Ghost Story Games. Schreier menyebutkan bahwa Ghost Story Games menghadapi masalah pengembangan yang cukup kompleks, sehingga developer tersebut tidak menghasilkan satu game pun.

Disebutkan bahwa akar masalah yang terjadi datang dari Levine. Levine dianggap terlalu berambisi membuat game AAA. Padahal, budget mereka sangat terbatas. Selain budget, Levine juga sangat perfeksionis. Levine tidak ragu memulai dari awal pengembangan gamenya, saat merasa tidak puas. Bahkan ada beberapa progress yang sudah dimulai selama berbulan-bulan, namun kemudian dibatalkan oleh Levine. Lebih buruknya lagi, beberapa co-founder Ghost Story memutuskan hengkang.

Sejak berita ini ditulis, Levine masih belum memberikan pernyataan resmi terkait kabar ini. Tetapi jika benar, maka kita tidak akan melihat game perdana Ghost Story Games dalam waktu dekat. Levine sendiri tidak akan dilibatkan di pengembangan Bioshock 4. Hal tersebut sudah dikonfirmasi langsung olehnya di tahun 2020 lalu. Saat itu, Levine mengkonfirmasi bahwa dirinya tengah mengembangkan gamenya sendiri, namun tidak disebutkan secara pasti detail gamenya.

Di tahun 2020 lalu juga, Levine hanya menyebutkan bahwa game terbarunya akan menjadi game first person sci-fi. Game tersebut kabarnya akan menggunakan sistem yang terinspirasi dari Middle-earth: Shadow of Mordor, yaitu Nemesis System. Kita tunggu aja ya Geeks, apakah game terbaru Levine dan Ghost Story Games ini akan benar-benar rampung atau tidak.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.