Eternals adalah film Marvel Cinematic Universe yang sebentar lagi akan tayang di bioskop. Sebagai bagian dari MCU, Eternals menghadirkan ras kosmik yang diceritakan telah ada di Bumi sejak 7.000 tahun yang lalu. Tugas para Eternals adalah mengawasi dan melindungi umat manusia dari ras Deviants yang sangat ingin mengacaukan Bumi. Terdiri dari 10 individu kosmik dengan kekuatan dan kepribadiannya masing-masing, dikatakan bahwa para karakter Eternals ini terinspirasi dari mitologi-mitologi yang ada di Bumi. Berikut 10 dewa mitologi yang menjadi referensi para Eternals!

Ikaris – Mitologi Yunani Icarus

Diperankan oleh Richard Madden, Ikaris adalah Eternals yang mengambil referensi dari Icarus dari mitologi Yunani. Di filmnya Ikaris adalah Eternals yang kuat, dia bisa terbang melesat dan mengeluarkan laser dari matanya. Di Marvel Comics, Ikaris terkenal karena karakternya yang sombong, hal tersebut cukup masuk akal karena dia adalah Eternals terkuat kedua setelah Zuras.

Sedangkan di versi mitologi Yunani, Icarus adalah sosok mitos yang bisa terbang. Namun kisahnya yang paling terkenal adalah ketika dia tewas karena terbang terlalu dekat matahari, akibat sayapnya yang terbuat dari lilin terbakar. Kecepatan terbang Icarus konon bisa mencapai 1.300 km/jam.

Sersi – Mitologi Yunani Circe

Diperankan oleh Gemma Chan, Sersi adalah Eternals yang mengambil referensi dari Circe di mitologi Yunani. Di filmnya, sersi adalah Eternals yang mempunyai paras cantik. Dia terlihat mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan manusia, padahal Eternals dilarang untuk terlalu dekat dengan manusia. Di trailernya Sersi terlihat mempunyai hubungan romantis dengan Ikaris. Dan di Marvel Comics, Sersi juga mempunyai hubungan dengan Dane Whitman alias Black Knight.

Sedangkan Circe di mitologi Yunani adalah penyihir sakti yang tidak terlalu mengenal cinta. Sebaliknya, dia sering menggunakan sihirnya untuk mengubah manusia menjadi hewan. Sampai akhirnya, seorang pahlawan bernama Odysseus bertemu dengannya. Setelah gagal mengubah Odysseus menjadi hewan, Circe akhirnya jatuh cinta padanya dan hidup bersama Odysseus selama bertahun-tahun. Apakah Odysseus adalah Black Knight di MCU?

Thena – Mitologi Yunani Athena

Diperankan oleh mega bintang ANgelina Jolie, cukup jelas bahwa Eternals Thena mengambil referensi dari Dewi Athena dari mitologi Yunani. Thena adalah sosok Eternals wanita yang diperlihatkan gagah sekaligus elegan. Dia mempunyai kekuatan untuk menciptakan senjata dari ruang hampa dengan kekuatan kosmiknya.

Di Marvel Comics, Thena adalah anak dari Zuras yang sempat diceritakan mengaku sebagai Zeus pada manusia. Sama seperti Athena, dia adalah anak dari Dewa Zeus. Dewi Athena terkenal karena sangat cinta damai dan juga menyukai kerajinan tangan. Namun, dalam versinya di mitologi Roma, Athena adalah dewi perang yang tangguh.

Ajak – Mitologi Yunani Ajax

Diperankan oleh mega bintang lainnya, yaitu Salma Hayek, Ajak kemungkinan terinspirasi dari Ajax di mitologi Yunani. Di filmnya, dia adalah Eternals yang ditunjuk oleh Celestials untuk memimpin para Eternals di Bumi. Ajak adalah satu-satunya Eternals yang bisa berkomunikasi dengan Celestials. Dia terkenal karena kemampuan penyembuh kosmiknya.

Walaupun di filmnya Ajak adalah seorang wanita, tetapi di Marvel Comics dia pertama kali diperkenalkan sebagai Eternals pria. Di mitologi Yunani, Ajax adalah pejuang tangguh yang terkenal karena kekuatan dan keberaniannya. Di mana keberaniannya mungkin direpresentasikan sebagai sifat pemimpin di film Eternals.

Makkari –¬†Mitologi Roma Mercury

Diperankan oleh Lauren Ridloff, Makkari adalah Eternals yang mengambil inspirasi dari Dewa Mercury di mitologi Roma. Digambarkan sebagai Eternals tuna rungu, Makkari mempunyai kemampuan kosmik untuk berlari sangat cepat. Selain kemampuan berlarinya, Makkari juga bisa berpikir dengan cepat, seperti yang terlihat di trailer Eternals ketika dia membaca buku dengan cepat.

Di mitologi Roma, Mercury adalah dewa petualang dan pedagan. Di mitologi Yunani, Mercury terkenal sebagai Hermes yang mempunyai sepatu bersayap yang membuatnya bisa berlari bahkan di udara. Mercury juga dikenal sebagai dewa yang cukup iseng, sama seperti Makkari di Marvel Comics.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2