Gilgamesh – Mitologi Sumeria Gilgamesh

Diperankan oleh Ma Dong-seok alias Don Lee, Gilgamesh adalah Eternals yang namanya paling familier. Nama Gilgamesh berasal dari mitologi Sumeria. Gilgamesh versi filmnya adalah Eternals yang terkenal karena kekuatan fisiknya. Tubuhnya bisa memproduksi tinju kosmik yang dia gunakan untuk menyerang maupun bertahan. Konon kekuatan utamanya adalan “one punch” di mana dia akan menumbangkan musuh dalam sekali pukulan.

Di mitologi Sumeria, Gilgamesh adalah setengah dewa yang menjadi raja Mesopotamia. Diceritakan bahwa Gilgamesh menghabiskan umurnya untuk mencari cara agar bisa hidup abadi, tetapi pada akhirnya dia sadar betapa pentingnya kehidupan itu sendiri. Sejak saat itu dia menjadi sosok raja yang terkenal karena kekuatan dan kebaikannya.

Phastos – Mitologi Yunani Hephaestus

Diperankan oleh Brian Tyree Henry, Phastos adalah Eternals yang mengambil referensi dari Dewa Hephaestus di mitologi Yunani. Di filmnya dia adalah Eternals yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan teknologi kosmik. Selain itu, di Marvel Comics dia terkenal sering membawa palu raksasa sebagai senjata dan alat untuk mempermudah tugas Eternals. Di mitologi Yunani, Hephaestus adalah dewa pandai besi yang sering menciptakan senjata untuk dewa-dewa Olimpus lainnya. Bahkan saking seringnya membuat senjata, konon Hephaestus bisa menciptakan sesuatu dengan kepalan tangannya.

Sprite – Mitologi Eropa Sprites

Diperankan oleh Lia McHugh, Eternals Sprite terinspirasi dari makhluk peri yang disebut Sprites. Di filmnya, Eternals memiliki kemampuan kosmik untuk menciptakan ilusi, baik di tubuhnya sendiri maupun di lingkungannya, kurang lebih sama seperti Asgardian Loki. Di Marvel Comics, bahkan dia terkenal sebagai Eternals yang nakal. Di mitologi Eropa, Sprites adalah sejenis peri atau elf yang mempunyai sifat seperti anak kecil. Walaupun umurnya sudah jauh lebih tua dari manusia, Sprites selalu terlihat seperti anak-anak. Sehingga masuk akal mengapa Eternals Sprite diperlihatkan lebih muda dari Eternals lain.

Kingo – Mitologi Babilonia Kingu

Diperankan oleh Kumail Nanjiani, Kingo adalah Eternals yang mengambil referensi dari Kingu di mitologi Babilonia. Di filmnya, Kingu adalah Eternals yang mendalami hobinya untuk menari dan menjadi bintang Bollywood. Dia mempunyai kekuatan untuk menembakan energi kosmik dari tangannya.

Di mitologi Babilonia, diceritakan bahwa Kingu diberi baju perang yang membuatnya menjadi sakti. Tetapi pada akhirnya baju perang tersebut tidak berhasil melindunginya dari kematian. Setelah Kingu mati, konon para dewa menggunakan darahnya untuk menciptakan manusia pertama. Hampir sama dengan versinya di film Eternals, di mana Kingo diperlihatkan sebagai Eternals yang mempunyai kesaktian untuk bertarung, serta sering membuat kebahagian bagi orang-orang di sekitanya dengan cara menari.

Druig – Mitologi Celtic Druid

Dari semua karakter di daftar ini, Druig adalah Eternals yang tidak mempunyai keterikatan khusus dengan dewa-dewa atau makhluk mistis. Druig sedikit berbeda yang lainnya. Diperankan oleh Barry Keoghan, Druig kemungkinan mengambil referensi dari kata Druid di mitologi Celtic. Eternals Druig mempunyai kekuatan kosmik untuk memanipulasi pikiran seseorang, bahkan sampai ke tahap mengendalikannya.

Di antara para Eternals lain, Druig mempunyai kepribadian yang lebih pendiam, cenderung dingin terhadap orang lain. Sedangkan di mitologi Celtic, Druid adalah sebutan untuk pendeta Celtic yang terkenal cinta damai. Dalam kisah lain Druid juga digambarkan sebagai sosok penyihir. Di mana hal tersebut cukup mirip seperti karakter Druig di film Eternals.

Dengan referensi dari berbagai mitologi ini, sepertinya Marvel berharap agar karakter Eternals lebih “relate” dengan ingatan penggemar. Di tambah lagi, di MCU dan Marvel Comics, Eternals diceritakan sebagai makhluk kosmik yang telah hidup sejak zaman dahulu, sehingga tidak aneh jika para manusia zaman dahulu menganggapnya seperti dewa, yang akhirnya berkembang menjadi mitologi seperti sekarang. Untuk melihat lebih jelas para Eternals ini, kita nantikan saja filmnya yang akan dirilis pada tanggal 5 November 2021.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.