Red Death

Red Death adalah representasi ketakutan Batman akan kehilangan keluarganya. Dia adalah versi jahat Bruce Wayne alias Batman yang mempunyai kemampuan seperti Flash. Melakukan debutnya di komik Dark Days: The Casting #1 karya Scott Snyder pada tahun 2017, awalnya Red Death adalah Batman yang sama seperti di universe utama, tetapi di Earth-52 ini Batman mencoba menguasai kekuatan Speed Force milik Flash untuk menghidupkan kembali Robin.

Karena Flash menolak untuk memberinya kekuatan Speed Force, Batman yang marah kemudian melawan Flash dan mencoba mengambil paksa kekuatan Speed Force. Dengan berbagai macam senjata yang dimilikinya, Batman akhirnya bisa menjatuhkan Flash dan mengikatnya di Batmobile. Setelah itu Batman kemudian membawa dirinya dan Flash ke dalam Speed Force, membuatnya menyatu menjadi sosok Red Death.

Dawnbreaker

Dawbreaker adalah Batman jahat yang mempunyai kekuatan Power Ring Green Lantern. Dia melakukan debutnya di komik Dark Days: The Casting #1 karya Scott Snyder dan James Tynion IV pada tahun 2017. Batman dari Earth-31 ini berubah menjadi jahat setelah dirinya membunuh Joe Chill, pembunuh orang tuanya, dengan menggunakan Power Ring. Dia kemudian menjadi Green Lantern yang membela Kota Gotham dengan cara membunuh semua yang menghalanginya, termasuk Pinguin, Komisaris Gordon, dan seluruh Green Lantern Corps.

Merasa lelah sebagai Green Lantern, dia kemudian mecoba menggabungkan kekuatan kegelapan dengan energi Green Lantern. Sejak saat itu dia bersumpah akan menjadi Dawnbreaker yang dipenuhi dengan dendam dan kebencian. Dawbreaker adalah representasi dari ketakutan Batman akan dirinya jika mendapatkan kekuatan besar yang tidak bisa dia kendalikan, dalam hal ini adalah kekuatan dari Power Ring Green Lantern.

Murder Machine

Murder Machine melakukan debutnya di komik Dark Days: The Casting #1 karya Scott Snyder pada tahun 2017. Dia adalah representasi ketakutan Batman akan ketergantungannya pada teknologi dan figur ayahnya yaitu Alfred Pennyworth. Batman jahat ini mempunyai tubuh robot seperti Cyborg. Di Earth-44 yang terletak di Dark Multiverse, dicertakan bahwa Batman yang menolak kenyataan bahwa Alfred telah mati, meminta tolong pada Cyborg untuk membuatkan A.I. Alfred.

Namun, A.I. tersebut justru malah menyebar seperti virus dan bahkan masuk ke dalam pikiran Batman, menghapus kesedihan dan rasa takut Batman serta membuat tubuhnya menjadi cyborg agar Batman tidak mempunyai kelemahan seperti manusia. Dengan A.I. Alfred yang mengganggu pikirannya dan tubuh cyborg yang membuatnya makin kuat, Murder Machine percaya bahwa semua orang adalah ancaman baginya, sehingga pada akhirnya dia membunuh semua orang, termasuk Justice League.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.