Batman adalah superhero favorit peggemar yang terkenal tidak pernah membunuh musuh-musuhnya. Walaupun dalam keadaan terdesak, Batman selalu berhasil menemukan cara untuk tidak membunuh lawannya. Namun, berbeda dengan versi alternatifnya di Dark Multiverse, di mana banyak sekali Batman versi jahat yang telah membuat kekacauan di universenya sendiri. Dari sekian banyak Batman versi jahat di Dark Multiverse, ada tujuh yang terkenal lebih jahat dibanding yang lain, bahkan mereka merepresentasikan 7 anggota pendiri Justice League. Berikut 7 Batman paling jahat sepanjang sejarah!

Batman who Laughs

Batman Who Laughs adalah Batman versi jahat yang kecerdasan, kekuatan, dan kemampuan bertarungnya dipadukan dengan kegilaan dan kelicikan dari Joker. Sejak pertama kali diperkenalkan di komik Dark Days: The Casting #1 karya Scott Snyder dan James Tynion IV pada tahun 2017, dia langsung menjadi salah satu supervillain Batman yang paling menarik sekaligus mengerikan. Batman Who Laughs adalah wujud ketakutan Batman akan dirinya jika menjadi jahat seperti musuh bebuyutannya yaitu Joker.

Kegilaannya bermula ketika dirinya membunuh Joker. Sejak saat itu dia menjadi sosok yang sangat sadis, seakan-akan Joker telah merasuki tubuhnya. Apalagi setelah Barbatos merekrutnya sebagai pemimin pasukan kegelapan dan menyuruhnya untuk mengumpulkan para Dark Knights dari Dark Multiverse untuk menguasai universe lain. Batman Who Laughs bahkan mempunyai pasukan Robinnya sendiri, yang mempunyai penampilan mengerikan seperti dirinya.

Devastator

Devastator melakukan debutnya di komik Batman: The Devastator karya Frank Tieri dan James Tynion IV pada tahun 2018. Di komik ini diceritakan Batman bersama Justice League lain berusaha untuk menghentikan Superman yang menjadi jahat. Saat semuanya menyerah untuk percaya pada Superman, jauh di dalam lubuk hati Batman dia masih ingin mencari cara untuk menyadarkan sahabatnya, sampai akhirnya Superman membunuh istrinya yaitu Lois Lane. Dari situ Batman tahu bahwa tidak ada cara lain selain membunuh Superman.

Sebagai manusia biasa, Batman menyimpan rencana cadangan untuk mengalahkan Superman, yaitu virus Doomsday. Dia kemudian menyuntikan virus tersebut ke tubuhnya dan mulai berubah menjadi monster ganas Devastator yang akhirnya berhasil membunuh Superman. Devastator adalah wujud ketakutan Batman akan kehilangan harapan, dalam hal ini Superman adalah harapannya.

Merciless

Merciless adalah Batman jahat dari Earth-12. Merciless melakukan debutnya di komik Dark Days: The Casting #1 karya Scott Snyder dan James Tynion IV pada tahun 2017. Merciless adalah wujud ketakutan Batman jika dirinya berakhir menjadi seorang pembunuh.

Hal itu dimulai saat Batman di Earth-12, melihat kekasihnya yaitu Wonder Women dikalahkan oleh Ares. Batman yang sebelumnya memegang moral superhero untuk tidak pernah membunuh, justru merasa terpancing oleh hinaan Ares. Batman kemudian memakai helm God of War agar dirinya mendapatkan kekuatan untuk mengalahkan Ares. Dan benar saja, Ares pun akhirnya mati di tangan Batman, tetapi kegilaan mengubah Batman, hingga akhirnya ia berpikir bahwa moral lamanya telah membuatnya lemah. Sejak saat itu Batman mulai membunuh siapa pun yang menghalanginya.

Drowned

Drowned adalah Bryce Wayne alias Batwoman dari Earth-11. Dia adalah representasi ketakutan Batman akan ketidakmampuannya untuk mempercayai siapa pun kecuali dirinya sendiri. Drowned melakukan debutnya di komik Dark Days: The Casting #1 karya Scott Snyder dan James Tynion IV pada tahun 2017. Di komik ini Batwomen diceritakan menjadi jahat setelah kekasihnya yang bernama Sylvester Kyle dibunuh oleh sekelompok manusia super. Setelah berhasil membunuh manusia super yang telah membunuh kekasihnya, dia kemudian membenci semua manusia super, termasuk Aquawoman.

Untuk mengalahkan Aquawoman dan bangsa Atlantis, Bryce mengadu domba manusia permukaan dengan bangsa Atlantis, sampai akhirnya mereka berperang. Bryce yang akhirnya berhasil mencuri trident Aquawoman, menggunakannya untuk membunuh Aquawoman. Bryce kemudian menggunakan semua kemampuan dan kecerdasannya untuk mengubahnya seperti Aquawoman. Dengan trident di tangannya, sejak saat itu dia menjadi Batman jahat dengan nama Drowned.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.