Pemerintah Amerika Membuat Superhero Harus Terdaftar – Civil War

Salah satu momen besar yang sangat berpengaruh dalam cerita Marvel Comics adalah ketika pemerintah Amerika mengadakan sebuah aturan dimana para superhero atau pahlawan super harus terdaftar dalam sebuah pakta yang disebut Superhero Registration Act. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kejadian yang melibatkan masyarakat sipil akibat aksi pahlawan super.

Cyclops Captain America Avengers Vs X-MenPemerintah meminta para pahlawan lebih bertanggung jawab atas aksinya, dan mendaftarkan diri mereka di bawah pemerintah adalah salah satu jalannya. Namun, seperti yang kita duga, hal itu memunculkan pro dan kontra. Para pahlawan dibagi menjadi dua kubu yang mana kemudian kedua kubu tersebut saling berperang satu sama lain. Momen di komik Civil War ini juga sempat diadaptasi ke versi layar lebarnya.

Wakanda Memulai Proses Demokrasi – A Nation Under Our Feet

Seri komik Black Panther dan cerita A Nation Under Out Feet yang dirilis pada 2016 dan ditulis oleh Ta-Nehisi Coates dianggap menjadi salah satu cerita yang terbaik yang pernah ada di marvel Comics. Setelah serangkaian peristiwa yang mengerikan dan melelahkan dengan para supervillain beserta pasukannya, juga kematian dari Ratu Shuri, pasukan revolusi beserta para Dora Millaje kemudian bangkit untuk menghadirkan sesuatu yang baru di Wakanda.

Cyclops Captain America Avengers Vs X-MenMereka memutuskan untuk menghancurkan monarki yang sudah terbangun lama, dan kemudian mengadaptasi sistem yang baru yaitu sistem demokrasi. Dalam ceritanya, T’Challa diperlihatkan mencoba membangun kembali pemerintahan Wakanda agar lebih demokratis. Ini tentunya menjadi sebuah perubahan yang sangat masif bagi salah satu wilayah populer di Marvel Comics.

Miles Morales Menjadi Bagian Dari Timeline Utama – Secret Wars (2015)

Cerita Secret Wars versi tahun 2015 menjanjikan banyak sekali perubahan terhadap Marvel Universe secara keseluruhan, namun selain menghadirkan perubahan, Marvel Comics memanfaatkan ceritanya sebagai sebuah awalan yang baru. Salah satu perubahan yang dihadirkan oleh Marvel adalah karakter Miles Morales, yang kemudian menjadi bagian dari timeline utama Marvel.

Cyclops Captain America Avengers Vs X-MenSebelumnya, sosok Miles Morales diketahui berasal dari realita alternatif lain, tepatnya dari Ultimate Universe. Meskipun berasal dari realita alternatif, Miles menjadi karakter yang sangat populer. Ketika cerita Secret Wars selesai, Marvel pun kemudian memboyong Miles ke universe utama dan menjadi partner bagi Peter Parker. Bukan hanya langkah itu sangat kreatif dan cerdas dari sudut pandang marketing, namun juga merubah interaksi Miles secara keseluruhan.

Kematian Gwen Stacy – Amazing Spider-Man #121

Kematian Gwen Stacy bukan hanya dianggap menjadi salah satu cerita yang paling populer dari seri komik Spider-Man, namun juga menjadi tonggak penting bagi sejarah buku komik. Banyak sejawaran buku komik beranggapan bahwa tanggal dirilisnya komik Spider-Man edisi ini – yaitu pada Juni 1973 – menjadi penanda berakhirnya era perak (silver age) dari buku komik.

Cyclops Captain America Avengers Vs X-MenKematian sang kekasih, Gwen Stacy, benar-benar merubah hidup dari Peter Parker dan juga Spider-Man. Peter menjadi sangat tertutup terhadap orang-orang, dan dia menjadi sangat benci terhadap para supervillain. Namun, kejadian ini juga membuat Peter menjadi lebih dewasa. Kematian Gwen terus menghantui Peter selama bertahun-tahun. Bagi sebagian generasi pembaca komik, kematian Gwen sama pentingnya dengan kematian paman.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.