Perang Besar Marineford merupakan salah satu peperangan yang paling besar di serial One Piece. Selain melibatkan banyak karakter penting, Perang Besar Marineford menjadi saksi akan kehebatan Luffy, Ace, Shirohige dan beberapa karakter lain. Bahkan, Arc itu juga menjadi bukti kekejaman pihak Angkatan Laut seperti Akainu dan juga bajak laut licik seperti Kurohige alias Teach. Dari sedemikian banyak karakter, ada beberapa dari mereka yang Useless alias tidak berguna, sebab kontribusinya di Perang itu sangat sedikit dan akhirnya memperkeruh keadaan. Berikut lima karakter tidak berguna di Perang Besar Marineford.

Ace

Portgas D. Ace adalah alasan utama, kenapa terjadi Perang Besar Marineford, saat itu dia tertangkap oleh Angkatan Laut dan akan dieksekusi. Oleh sebab itu Shirohige dan armadanya beserta Luffy, datang untuk menyelamatkan Ace. Sayangnya, Ace tidak memberikan kontribusi yang cukup besar di perang tersebut. Dia malah tewas dengan singkat di tangan Akainu gara-gara melindungi Luffy.

Ace memang karakter penting di serial One Piece, dia adalah kakak angkat Luffy dan anak kandung dari mendiang Roger. Perang Besar itu menjadi saksi kematian Ace. Meski tidak berguna di Perang Besar tersebut, namun karakter ini telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi serial One Piece, dan mengajarkan banyak hal kepada Luffy hingga bisa menjadi seorang bajak laut sejati.

Buggy

Si Badut Buggy menjadi salah satu karakter yang tidak berguna di Perang Besar Marineford. Saat itu dia lebih condong kepada pihak Angkatan Laut karena dirasa akan memenangkan peperangan. Bagi Buggy, menyelamatkan diri sendiri lebih baik daripada memperdulikan orang lain, itulah yang membuat Buggy menjadi karakter tidak berguna di Perang Besar tersebut.

Meski pada akhirnya Buggy menjadi penolong Luffy saat menjelang akhir pertarungan, namun dia tetap seorang Bajak Laut yang licik dan pengecut. Buggy menjadi satu-satunya karakter yang masih bisa menggunakan alat komunikasi saat Perang Besar berlangsung. Padahal, Angkatan Laut lainnya telah menonaktifkan alat komunikasinya. Buggy melakukannya hanya agar bisa membuat dirinya selamat.

Blamenco

Blamenco merupakan Komandan Divisi 6 armada bajak laut Shirohige. Meski dia menjadi seorang komandan divisi, Blamenco menjadi karakter yang tidak berguna di Perang Besar Marineford. Dia menjadi karakter yang memang sempat menghabisi beberapa anggota Angkatan Laut. Sayangnya, hanya itu kontribusi dari Blamenco dari sedemikian banyak anggota Angkatan Laut di Marineford, dia hanya berhasil mengalahkan beberapa saja.

Decalvan Brothers

Duo bersaudara Decalvan adalah salah satu dari pelayan setia Shirohige, namun ternyata ia tidak memberikan dampak yang berarti di Perang Besar Marineford. Keduanya memang melawan puluhan ribu Angkatan Laut, namun keduanya tidak bisa memenangkan pertarungannya sendirian. Alhasil, meski keduanya cukup kuat, namun Decalvan tetap memerlukan bantuan dari bajak laut lain untuk mengalahkan lawannya.

Squard

Squard merupakan seorang bajak laut yang mengkhianati Shirohige di Perang Besar Marineford, bahkan dia yang telah menusuk Shirohige, sehingga membuatnya menjadi lemah dan kalah di tangan Teach. Squard menjadi karakter yang tidak berguna karena telah berhasil dihasut oleh Akainu, hingga membuatnya mengkhianati ayah angkatnya sendiri. Namun Shirohige tetap memaafkannya dan menganggap sang pengkhianat tersebut sebagai anaknya sendiri.