Chapter 1010 dari seri manga One Piece masih terus menjadi perbincangan hangat para fans. Dengan pengungkapan fakta menarik di dalamnya, wajar memang chapter ini masih menjadi bahan diskusi di kalangan fans. Salah satu hal menarik yang terungkap di chapter ini adalah bagaimana Luffy pada akhirnya bisa menggunakan advanced Conqueror Haki, seperti para karakter legendaris lainnya.

Pertarungan melawan Kaido dan Big Mom masih terus berlanjut dalam arc Wano ini. Bahkan, sekarang situasinya sudah semakin memuncak. Di chapter 1009 kemarin, kita melihat bagaimana akhirnya taktik atau strategi Kidd berhasil dilakukan. Kidd memiliki ide untuk memisahkan Kaido dan Big Mom, karena menghadapi keduanya sekaligus tentu akan menjadi kesulitan besar.

Hiro Studios

Luffy yang sempat tidak sadarkan diri kemudian terbangun. Luffy mengatakan bahwa tidak ada dari mereka yang mau bergabung dengan Kaido dan kelompoknya. Selain Luffy yang menolak untuk bergabung dengan kaido, dan juga pengungkapan tentang advanced Conqueror Haki, ada juga hal menarik lainnya di chapter tersebut. Disadari atau tidak, pertarungan Luffy di chapter 1010 kemarin memiliki kesamaan dengan beberapa pertarungan Luffy di chapter sebelumnya.

Contohnya, di chapter 199 saat Luffy bertarung melawan Crocodile, Crocodile sudah bisa memperkirakan serangan dari Luffy. Namun, pada akhirnya dia tetap terkena serangan dari Luffy tersebut. Sama halnya di chapter 1010 kemarin. Kaido menyadari bahwa Luffy akan menyerang dengan kekuatan dahsyat – tepatnya menggunakan advanced Conqueror Haki. Namun, Kaido tidak menghindar dan terkena serangannya.

Di chapter 427 diperlihatkan bagaimana Luffy berdiri di belakang Rob Lucci, setelah menerima serangan dahsyat dari form hibrida Lucci. Disaat Lucci hendak pergi, dia menyadari bahwa Luffy masih berdiri. Di chapter 1010, saat Kaido hendak pergi karena merasa sudah menang, Luffy kemudian bangkit dan mengatakan bahwa dia dan yang lain tidak akan pernah mau bergabung dengan kelompoknya.

Di chapter 782, Luffy melakukan serangan uppercut kepada Doflamingo, yang mana di chapter 1010 Luffy melakukan hal yang sama kepada Kaido dengan menggunakan Conqueror Haki. Di chapter 883, Luffy diperlihatkan mulai menyadari dan memahami kekuatan dari Charlotte Katakuri. Di chapter 884, Luffy kemudian menyadari mengenai kemampuan Haki milik Katakuri.

one-piece-1010-12Chapter 1010 memperlihatkan bagaimana Luffy akhirnya menyadari kekuatan Kaido, disaat pertama kali dia menyeranganya dengan Thunder Bagua. Kemudian Luffy menyadari bahwa Conqueror Haki miliknyalah yang selama ini sudah membuatnya kuat, dan bukan Armament Haki. Hal ini semakin memperkuat citra Eiichiro Oda sebagai penulis yang memiliki pola dalam sebuah pertarungan atau cerita.

Pola tersebutlah yang kemudian memunculkan sebuah paralel atau kesamaan antara satu pertarungan atau cerita dengan yang lain. Kita nantikan saja ya Geeks apa kira-kira yang akan terjadi dalam pertarungan antara Luffy dan Kaido di chapter yang akan datang.

Hiro Studios