Sama halnya seperti populer Shonen lainnya, Naruto juga memiliki banyak sekali karakter dalam ceritanya. Para karakter ini ikut terlibat dalam berbagai cerita epik di serinya, dan juga berbagai pertarungan seru dan menarik. Meskipun sangat menarik melihat perkembangan para  karakter utama untuk tumbuh dan menjadi lebih kuat di sepanjang cerita, sayangnya tidak semua karakter mendapatkan hal sama.

Mereka memang berlatih dengan keras, terlibat dalam berbagai arc yang panjang dan menarik tapi mereka tidak memiliki kesempatan untuk menunjukan kekuatannya yang sebenarnya. Para karakter ini seolah dibiarkan begitu saja, dimana seakan-akan mereka hanya menjadi peran pembantu dalam cerita tersebut. Berikut adalah para karakter yang tidak pernah menunjukan kekuatan asli mereka.

Kurenai Yuhi

Dari semua Jonin yang diberi tugas untuk menjadi guru para Genin, Kurenai bisa dibilang adalah sosok Jonin yang perkembangan kekuatannya paling lambat. Kurenai biasanya selalu berpasangan dengan Asuma Sarutobi. Hubungan mereka juga sangat dekat, bahkan mereka sampai menikah. Kurenai sebenarnya memiliki potensi menjadi shinobi hebat, namun dia tidak pernah memperlihatkan kekuatan aslinya.

Kurenai pernah berhadapan dengan Itachi Uchiha dan Kisame Hoshigaki, ketika keduanya sedang pergi menuju Konoha. Kurenai memperlihatkan kemampuan Genjutsunya, meskipun kemudian Itachi mampu membalikan Genjutsu tersebut. Di seri Shippuden, Kurenai benar-benar hancur pasca kematian Asuma. Seharusnya, bukan Shikamaru yang mencari pembunuh Asuma melainkan Kurenai. Namun, Kurenai justru diperlihatkan menghilang pasca kejadian ini.

Suigetsu Hozuki

Salah satu bawahan dari Sasuke yang direkrut untuk membantunya mencari dan mengalahkan Itachi Uchiha, Suigetsu memiliki mimpi untuk menjadi salah satu dari ninja berpedang terhebat dari Kirigakure. Tapi, dia kemudian menjadi tahanan dan subjek ujicoba dari Orochimaru, dan tidak pernah bisa mewujudkan mimpinya tersebut. Meskipun Suigetsu memiliki peran yang cukup penting di serinya, kisah masa lalu dari Suigetsu yang menarik tidak mampu memberikan pengaruh pada perkembangan karakternya.

Bahkan ketika ketujuh ninja berpedang tersebut dibangkitkan kembali, Suigetsu tidak mendapatkan porsinya untuk dieksplor lebih jauh. Saudara dari Suigetsu adalah salah satu yang dibangkitkan dari kematian, tapi mereka tidak pernah diperlihatkan saling bertemu. Padahal akan sangat menarik jika kita menggali lebih dalam tentang masa lalu Kirigakure melalui Suigetsu.

Ino Yamanaka

Ino sebenarnya adalah salah satu karakter utama dalam serinya. Ino adalah saingan dari Sakura, meskipun mereka juga sebenarnya berteman. Ino sendiri memiliki kekuatan yang sangat luar biasa. Namun, sayangnya, kekuatan yang dahsyat tersebut tidak pernah dipergunakan secara baik dalam ceritanya. Jika kemampuan bayangan milik keluarga Nara menjadi salah satu teknik favorit para fans, seharusnya teknik bertukar jiwa milik Ino juga bisa menjadi favorit.

Ketika Shikamaru dan Choji sudah terbukti menjadi karakter penting dalam misi balas dendam kepada Hidan dan kakuzu, Ino lebih condong berada di pinggir garis permainan. Dia tidak menunjukan apapun kekuatan barunya yang dia pelajari selama time-skip. Namun, dalam perang besar ninja keempat terjadi Ino baru menunjukan kemampuannya meskipun kembali, peningkatannya tidak sehebat rekan-rekannya yang lain.

BACA JUGA: Mereka Yang Terlupakan di Serial Boruto!

Rock Lee

Sama seperti Naruto, Rock Lee adalah sosok sjinobi pekerja keras. Dia rela berlatih secara rutin dan keras demi mewujudkan mimpinya menjadi seorang shinobi hebat. Rock Lee sedikit berbeda dengan para shinobi lain, yaitu dia tidak memiliki kemampuan ninjutsu atau genjutsu. Rock Lee lebih ahli dalam teknik taijutsu. Pertarungannya melawan Gaara dan Kimimaro menjadi bukti ketangguhan dari Lee.

Sayangnya, di cerita Shippuden peran Lee tidak seperti ketika Lee awal muncul. Justru, anehnya, cerita tentang perkembangan kekuatan malah diberikan kepada sang guru, Might Guy, yang mana memang pada perang shinobi keempat dia melakukan yang terbaik untuk mengalahkan Madara Uchiha. Sepertinya, petualangan Lee untuk menjadi lebih kuat berhenti setelah dia pulih dari luka.

Jugo

Sama seperti Suigetsu, Jugo sebenarnya juga adalah karakter yang menarik namun sayangnya kurang begitu dieksplor. Ada dua cerita besar yang berkaitan dengan sosok Jugo, yaitu ketika dia menerima segel kutukan dari Orochimaru, dan yang kedua adalah hubungannya dengan Kimimaro, yang mana seharusnya dia menjadi wadah selanjutnya bagi Orochimaru.

Terlepas dari semua cerita menarik tersebut, Jugo hanya berperan sebagai karakter pendukung bagi Sasuke di sepanjang serinya. Diketahui juga bahwa klan Jugo merupakan sumber dari segel kutukan, tapi tidak ada perkembangan lanjutannya mengenai hal ini. Bahkan hubungan dengan Kimimaro juga tidak terlalu diekspos, juga dia tidak bertemu dengan para shinobi yang sudah tewas lainnya setelah dia kembali dibangkitkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.