Dengan tema cerita tentang bajak laut, wajar jika One Piece menghadirkan banyak karakter-karakter bajak laut kuat dalam cerita manga ataupun animenya. Para karakter bajak laut kuat tersebut ada yang berpetualang sendiri, namun ada juga yang tergabung dalam sebuah kru atau kelompok bajak laut – kebanyakan mereka bergabung dengan kru. Dan berbicara mengenai kru bajak laut, ada banyak juga kru yang hadir dalam cerita.

Kelompok Topi Jerami menjadi salah satu contoh nyata dari hal ini. Kelompok Topi Jerami merupakan kelompok bajak laut dimana Luffy menjadi kaptennya. Tapi, seperti disebutkan di atas, ada banyak kelompok bajak laut yang juga berpetualang di lautan. Dan dari sekian banyak kelompok bajak laut, ada satu kelompok yang dianggap sebagai kru bajak laut terkuat yaitu kru bajak laut Rambut Merah.

Kelompok bajak laut Rambut merah adalah kelompok bajak laut pertama yang muncul dalam cerita manga dan menjadi yang kedua dalam versi animenya (setelah bajak laut Alvida). Kelompok bajak laut Rambut Merah dikapteni oleh Shanks. Shanks dan yang lain adalah inspirasi bagi Luffy untuk menjadi seorang bajak laut hebat, dan juga Usopp (dia ingin seperti ayahnya, Yasopp).

Tidak banyak yang diketahui tentang para kru dari kelompok bajak laut ini. Hanya beberapa diantara mereka yang sudah diketahui namanya: Shanks, Benn Beckman, Lucky Roo, dan Yasopp. Untuk kru yang lain masih belum diketahui namanya. Nilai buruan para kru Shanks ini juga tidak diketahui sampai sekarang. Namun, bisa jadi nilai buruan mereka tidak jauh berbeda dengan Shanks.

Kelompok bajak laut Rambut Merah adalah satunya kelompok bajak laut Yonko yang sejauh ini diketahui tidak ada satupun dari krunya yang memiliki kekuatan buah iblis. Meskipun begitu, kekuatan dari kru bajak laut Shanks diakui oleh Pemerintah Dunia, bahkan Pemerintah Dunia khawatir dan takut jika kemudian kelompok bajak laut Rambut Merah kemudian menggabungkan kekuatannya dengan kelompok Whitebeard.

Bukti kekuatan Shanks lainnya adalah pertarungannya melawan Kaido berlangsung secara singkat, saat perang puncak Marineford terjadi. Dan hanya butuh satu hari bagi Shanks dan krunya untuk berlayar dari New World menuju Marineford. Ketika Shanks datang bersama krunya, dia berhasil menghentikan serangan yang sudah banyak memakan korban. Bahkan, Shanks menyelamatkan nyawa Coby yang hendak dibunuh oleh Sakazuki.

Shanks menahan pukulan magma Sakazuki hanya dengan pedangnya saja – dan satu tangannya. Bahkan, Blackbeard dan krunya yang juga ada di peristiwa tersebut lebih memilih untuk pergi dibandingkan menghadapi Shanks, dan menganggap diri mereka belum siap. Sengoku juga mempercayakan pemakaman Ace dan Whitebeard kepada dirinya.

Menurut pihak angkatan laut – dan juga Vivre Book – kelompok Shanks adalah kelompok bajak laut yang paling seimbang di lautan. Hampir semua krunya memiliki kekuatan yang hampir sama dengan sang kapten. Disebutkan bahwa kelompok ini menjadi kelompok yang sulit untuk dihancurkan – padahal jumlah krunya sendiri hanya sekitar berjumlah 20 orang.

Saat ini, para fans masih menantikan informasi detail tentang Shanks dan kelompoknya. Tidak sedikit teori dan asumsi yang muncul mengenai Shanks. Mudah-mudahan saja sebelum cerita One Piece berakhir, kita akan diberikan informasi lebih banyak mengenai Shanks dan krunya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.