Gol D. Roger dan Edward Newgate atau yang biasa disebut sebagai Whitebeard, merupakan dua sosok penting dan populer serta legendaris dalam cerita One Piece. Whitebeard dikenal sebagai manusia paling kuat di dunia, yang memiliki buah iblis paling kuat di jenisnya yaitu Paramecia. Sedangkan Roger merupakan raja bajak laut, yang menginspirasi banyak orang untuk mencari hartanya.

Meskipun mereka merupakan rival, sebagai sesama bajak laut, mereka berbagai hubungan yang baik satu sama lainnya, seperti yang diperlihatkan beberapa kali dalam cerita. Dalam hal kekuatan mungkin mereka seimbang, seperti yang diperlihatkan dalam sebuah pertarungan dalam flashback Kozuki Oden. Tapi, ada beberapa hal yang menjadi kelebihan Roger dibandingkan Whitebeard. Apa saja?

Ambisi

Berbicara mengenai ambisi, determinasi, semangat yang sangat tinggi sebagai seorang bajak laut, Whitebeard mungkin masih jauh jika dibandingkan dengan Roger. Ambisi yang sangat luar biasa tersebut jika digabungkan dengan kekuatannya yang sangat fenomenal dan luar biasa dahsyat, hasilnya kita melihat figur paling hebat dalam seriesnya.

Tidak diragukan lagi, ambisi Roger untuk menjadi yang terbaik tidak ada yang bisa mengalahkannya jika dibandingkan dengan bajak laut lain (selain Luffy). Dan hal ini termasuk rivalnya, Whitebeard. Dibandingkan memilih untuk menjadi yang terbaik diantara yang terbaik, Whitebeard justru lebih berfokus untuk membangun keluarganya sendiri.

Petualangan

Beberapa kru Roger mengakui bahwa Monkey D. Luffy memiliki kesamaan dengan sang kapten, jika berbicara mengenai kepribadiannya. Luffy merupakan sosok yang menyenangkan. Meskipun ancaman kematian selalu ada, Roger tidak pernah berhenti untuk menjalani hidupnya dengan caara yang terbaik yang bisa dia lakukan. Menurut Rayleigh, tidak peduli pada saat sedang bertarunga atau sedang dalam keadaan berpesata, Roger selalu terlihat cerita, penuh energi, dan menjalani hidup dengan sepenuh hati.

Ceroboh

Roger merupakan orang yang ceroboh, dimana dia bukanlah sosok yang bisa diandalkan untuk menyusun sebuah strategi. Dan hal ini sudah beberapa kali diperlihatkan di dalam cerita. Bahkan, Roger menjadi raja bajak laut pun sebenarnya bukan hanya karena kekuatannya saja, melainkan juga keberuntungan.

Meskipun dia menghadapi musuh yang dia tahu tidak akan pernah bisa menang, dia tetap tidak kabur. Tapi, entah mengapa dia selalu bisa berhasil lolos atau menyelesaikannya. Meskipun Roger selalu bertindak bodoh, karena kecerobohan itu pula yang membuatnya menjadi raja bajak laut.

Nilai Buruan Lebih Tinggi

Dalam hal kekuatan, Whitebeard dan Roger mungkin seimbang. Tapi, dalam hal nilai buruan ada perbedaan cukup mencolok diantara keduanya. Meskipun ada yang beranggapan nilai buruan tidak selamanya menentukan kekuatan seseorang, tapi hal ini tetap bisa dijadikan patokan atau tolak ukur seberapa berbahayanya seseorang.

Whitebeard sendiri memiliki nilai buruan sekitar 5.046 milliar Belly, sedangkan Roger memiliki nilai buruan sedikit lebih besar saat kematiannya, yaitu 5.056 milliar Belly. Nilai tersebut diakibatkan karena Roger berhasil mencapai Laugh Tale, menemukan rahasia dunia, menemukan One Piece, dan menjadi raja bajak laut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2