Dengan Marvel Cinematic Universe yang mendominasi industri perfilman dalam waktu satu dekade terakhir, membuat banyak pihak studio yang mencoba peruntungannya untuk melakukan hal yang sama. Memang bisa dipahami mengapa konsep shared universe bisa sangat sukses: dengan konsep ini berbagai karakter dan cerita bisa dihadirkan dalam satu wadah. Selain itu, ada banyak sekali kemungkinan cerita yang bisa diadaptasi ke filmnya.

Sayangnya, hampir setiap franchise yang mencoba untuk meniru kesuksesan dari MCU harus mengalami nasib yang dimana cerita mereka tidak berkembang. Hasilnya adalah franchise mereka gagal dan begitu juga dengan konsep shared universenya. Berikut adalah beberapa contoh shared universe yang gagal untuk berkembang.

The Amazing Spider-Man

Dibawah pengawasan Marvel Studios, Spider-Man bertransformasi menjadi salah satu karakter yang sangat populer. Spidey berkembang menjadi karakter yang bisa diterima oleh semua kalangan, berkat karakternya yang sangat menarik. Tapi, Sony Pictures selaku rumah produksi yang memegang hak cipta Spider-Man sempat merasakan kegagalan untuk membangun universe Spider-Man.

Sony berencana untuk membuat sebuah shared universe Spider-Man yang diawali oleh film The Amazing Spider-Man. Gagal di film pertama, Sony kemudian berjanji kepada para fans untuk membat film keduanya menjadi sangat luar biasa. Faktanya, justru film The Amazing Spider-Man 2 kembali menjadi film Spider-Man yang mendapatkan pemasukan paling rendah dan akhirnya rencana Sony pun gagal.

King Arthur

Warner Bros memang memiliki rencana untuk membuat sebuah shared universe selain film bertema superhero. Salah satunya adalah melalui film King Arthur: Legend of the Sword yang disutradarai oleh Guy Ritchie. Pihak Warner Bros sendiri sudah mempersiapkan sekitar enam buah film yang kemudian akan menjadi shared universe.

Film-film tersebut rencananya akan menghadirkan berbagai karakter dari legenda raja Arthur seperti Lancelot dan Merlin. Sayangnya, WB justru harus mendapatkan kesialan dengan pemasukan yang hampir tidak menutupi biaya produksi. WB harus mengeluarkan dana sebesar 175 juta Dollar hanya untuk ongkos produksi film Arthur, dan belum termasuk biaya promosi. Sedangkan filmnya hanya mendapatkan pemasukan sebesar 148 juta Dollar. Belum lagi kritik yang disampaikan juga cenderung negatif, membuat WB akhirnya membatalkan semua rencananya.

The Dark Universe

The Dark Universe mungkin merupakan contoh yang paling nyata dan paling banyak dikenang oleh banyak orang, jika berbicara mengenai usaha shared universe yang gagal. Universal mencoba peruntungannya untuk membuat sebuah shared universe yang berisi para monster, seperti Hollow Man atau Dracula. Proyek ini diawali dengan film Dracula Untold.

Sayangnya, usaha Universal ini gagal total. Usaha kemudian dilanjutkan dengan film The Mummy yang dibintangi oleh Tom Cruise. Dan lagi-lagi usaha Universal tersebut gagal total. Film tersebut menjadi sumber kritikan tajam dengan “konsep” yang berbeda dengan film Mummy yang asli. Film tersebut justru berubah menjadi film aksi dibandingkan dengan film petualangan seperti sumber aslinya.

Transformers

Sebenarnya Transformers merupakan sebuah shared universe yang gagal, tapi tidak banyak orang yang membicarakannya. Sebenarnya pada awalnya franchise Transformers berjalan dengan baik. Paramount kemudian mulai mempertimbangkan untuk membuat sebuah shared universe Transformers setelah film Transformers: Age of Extinction sukses di pasaran.

Paramount kemudian mulai mempertimbangkan untuk mengembangkan universenya, dan hasilnya ada dua rencana yang muncul, Transformers 5 dan Bumblebee. Transformers 5 sendiri adalah The Last Knight, yang justru menjadi film yang gagal di pasaran. Kegagalan tersebut membuat Paramount akhirnya menyusun ulang rencana mereka untuk mengembangkan universe Transformers. Mereka kemudian lebih berfokus dengan film solo Bumblebee yang justru mendapatkan keuntungan.

Independence Day

Banyak orang beranggapan jika franchise Independence Day berusaha untuk menjadi sebuah shared universe, yang dimulai dari film keduanya yaitu Independence Day: Resurgence. Dirilis pada 2016, sayangnya film Resurgence justru tidak mendapatkan hasil yang memuaskan di box office. Filmnya banyak dikritik karena tidak memiliki unsur yang ada di film pertamanya.

Filmnya juga harus kehilangan salah satu karakter penting yang diperankan oleh Will Smith. Kegagalan film ini membuat rencana untuk membuat shared universe harus ditunda. Selain itu, kegagalan ini juga membuat karir Roland Emmerich dan Dean Devlin sebagai orang dibalik layarnya harus tertunda untuk mengembangkan shared universe ini.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2