10 tahun sebelum pertarungan besar di Marineford Dragon pernah memerintahkan anak buahnya untuk mencari keberadaan seorang arkeologis yang selamat dari bencana besar Ohara, Nico Robin. Menurut Dragon dan para Pasukan Revolusi, Robin adalah cahaya dari revolusi. Sampai saat ini masih belum diketahui, apa alasan Dragon mencari keberadaan Robin.

Satu hal yang pasti adalah Dragon ingin bertemu dengan Robin, bahkan sebelum dia menjadi bagian dari kru anaknya. Anggota Pasukan Revolusi pertama yang ditemui oleh Robin adalah mereka yang membebaskan para budak di Tequila Wolf. Robin terkejut ketika mengetahui kalau dia merupakan “cahaya revolusi” bagi mereka dan mereka sudah mencari Robin selama lebih dari 10 tahun atas perintah Dragon.

Setelah mereka membebaskan Nico Robin dari Tequila Wolf setelah dia dikirim kesana oleh Kuma, akhirnya Robin memilih untuk menemui Dragon setelah menerima pesan dari Luffy untuk menunggu selama dua tahun. Pada saat itulah Nico Robin kemudian menjadi rekan bagi Dragon dan berbagai Pasukan Revolusi lainnya seperti Sabo dan Koala.

Dalam arc Zou, Dragon pernah bertanya kepada Koala tentang kondisi Robin karena dia dan pasukan Revolusi lain mendengarkan sebuah rumor kalau Robin ditangkap di kepualauan Sabaody. Tapi, Dragon dan yang lain kemudian bersyukur ternyata kabar itu tidak benar. Hal ini menunjukan kalau Dragon peduli tentang nasib Robin dan keselamatannya.

Dengan kuatnya ikatan persahabatan/kekeluargaan antara bajak laut topi jerami dan pasukan Revolusi, kita bisa prediksikan kalau topi jerami akan bergabung dengan pasukan Dragon di akhir cerita One Piece dalam sebuah pertempuran besar melawan Pemerintah Dunia. Hal ini kemungkinan terjadi setelah Luffy menjadi raja bajak laut.

BACA JUGA: Inikah Penyebab Perselisihan Zoro dan Sanji?

Seperti yang pernah disebutkan oleh Mihawk, kekuatan terbesar Luffy bukannya terletak pada kemampuan fisiknya. Melainkan sebuah kekuatan misterius yang bisa membuat semua orang di sekelilingnya mau untuk membantu Luffy dan berjuang bersama. Pemerintah Dunia akan menjadi lawan terakhir yang dihadapi oleh Luffy. Dengan bantuan dari Nico Robin, semua rahasia pasti akan terungkap, dan bersama dengan Pasukan Revolusi kekuatan mereka akan semakin bertambah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.