Sejak pertama kali Marvel Comics memperkenalkan First Family of Comics yaitu Fantastic Four, Marvel kini selalu berfokus pada sudut pandang keluarga. Mulai dari hubungan keluarga yang rumit dan membingungkan tim X-Men, sampai karakter yang saling terhubung seperti Avengers. Keluarga udah menjadi sebuah peran penting dalam cerita Marvel Comics.

Salah satu contoh dari hal ini adalah Hank Pym. Keluarga Pym ini semuanya terhubung dengan tim Avengers. Hank sendiri adalah salah satu karakter pendiri dari tim Avengers, yang kemudian diteruskan oleh keluarganya yang lain. Lalu, siapa saja keluarga Hank Pym yang luar biasa ini?

Jocasta

Meskipun Ultron punya misi atau tujuan utama buat menghancurkan seluruh umat manusia, dia juga memiliki beban psikologis dalam dirinya yaitu rasa kesepian. Oleh karena itulah dia kemudian memutuskan untuk membuat teman untuk dirinya sendiri. Usaha yang dia lakukan adalah dengan menculik sang kreator, yaitu Hank Pym, dan mencuci otaknya untuk membuat robot perempuan.

Hank kemudian menciptakan Jocasta, sebuah robot yang terinspirasi dari sang istri yaitu Janet Van Dyne/Wasp. Karena Jocasta dibuat dari pola otak Janet, akhirnya dia pun menolak untuk memenuhi permintaan Ultron dan memilih untuk melawannya. Dia pun kemudian bergabung dengan tim Avengers. Kemampuan Jocasta sama seperti Ultron, yang bisa menginterfensi segala peralatan komputer dan elektronik.

Alkhema

Setelah Jocasta melakukan perlawanan, Ultron kemudian berusaha untuk menciptakan istri keduanya dengan bantuan kreatornya, Hank Pym, yang sudah dicuci otak. Dia pun kemudian menciptakan Alkhema dengan tubuhnya yang terbuat dari Adamantium dan memiliki tujuan yang sama untuk menghabisi manusia dari seluruh bumi. Alkhema bahkan lebih mendedikasikan hidupnya untuk hal ini dibanding Ultron.

Pola otak yang diaplikasikan kepada Alkhema sendiri diadaptsai dari salahsatu anggota West Coast Avengers, Bobbi Morse alias Mockingbird. Alkhema memiliki kemampuan untuk menciptakan “anaknya” yaitu robot-robot kecil yang disebut War Toys yang membantu mencapai tujuannya. Alkhema bahkan membuat anaknya sendiri yaitu Antigone, sebagai bagian dari rencana Ultron yang ditanamkan di alam bawah sadarnya.

Victor Mancha

Dengan kekalahan dan hancurnya Ultron, terungkap kalau salah satu robot ciptaan Ultron berhasil selamat dari kehancuran. Dia kemudian berhasil memanipulasi seorang perempuan untuk mencarikannya bahan baku pembuatan kembali tubuhnya. Robot ini kemudian menjajikan wanita tersebut seorang anak. Dengan menggunakan DNA dan kemampuan robotnya, akhirnya terciptalah seorang robot anak-anak bernama Victor Mancha.

Victor adalah seorang agen atau mata-mata untuk melawan Avengers. Kemampuan Victor kemudian bangkit ketika dia bertarung melawan Runaways, dan cerita masa lalunya sebagai anak dari Ultron kemudian muncul bersamaan dengan kemampuan elektromagnetiknya. Victor kemudian membangkan kepada sang ayah, dan kemudian bergabung dengan tim Runaways. Dia juga kemudian bergabung dengan tim Avengers bersama saudaranya, Vision, dan sang kakek, Hank Pym.

Janet Van Dyne

Janet  Van Dyne adalah salah satu pendiri dari tim Avengers, bersama dengan suaminya yaitu Hank Pym. Dia sering berkeja sama dengan Hank Pym, bahkan Hank yang memberikannya kostum Wasp dan Pym Particles yang membuatnya bisa menyusut menjadi ukuran kecil. Wasp pernah menjadi pemimpin Avengers dalam beberapa kesempatan.

Dia juga berlatih dengan berbagai sosok hebat dan kuat yang membuat menjadi salah satu petarung terhebat di tubuh Avengers. Janet punya kemampuan untuk menembakan sebuah sengatan bio-elektrik yang bahkan bisa menghentikan Hulk, jika dilakukan dengan benar.

BACA JUGA: Superhero Marvel Terkuat Akhirnya Angkat Mjolnir!

Nadia Van Dyne

Nadia Van Dyne atau yang biasa disebut sebagai Nadia Pym, adalah anak dari pasangan Hank Pym dan istri pertamanya, Maria Trovaya, juga merupakan sosok penerus dari the Wasp. Maria diculik dan dibunuh yang membuatnya terinspirasi untuk menjadi sosok Ant-Man. Tapi, Hank gak tahu kalau sebenarnya Nadia sudah lahir di Rusia dan dia dibesarkakan di program Red Room.

Nadia kemudian kabur dari fasilitas itu setelah mempelajari tentang Pym Particles, dan dia pun kemudian menciptakan kostumnya sendiri sebagai the Wasp yang baru. Nadia pun dekat dengan sosok Janet yang membuatnya lebih memilih untuk menggunakan nama Van Dyne dibandingkan nama ayahnya. Dengan kemampuan Pym Particle ditambah kemampuan seorang Black Widow, membuat Nadia sangatlah berbahaya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US