Age of Apocalypse

Dalam cerita ini para pembaca akan diperkenalkan pada salah satu universe Marvel lainnya, yaitu Earth-295. Universe ini sendiri pada awalnya akan menjadi universe utama dari Marvel yaitu Earth-616. Namun, Marvel dalam cerita ini kemudian menyatukan kedua universe tersebut. ceritanya sendiri bermula ketika mutan yang bernama Legion berusaha untuk menghentikan Magneto dengan kembali ke masa lalu dan membunuhnya.

Namun, bukannya membunuh Magneto Legion justru membunuh ayah dari Magneto yaitu Professor X. Hasilnya adalah kekacauan besar yang terjadi di 10 tahun kemudian harus dimulai 10 tahun lebih cepat. Legion kemudian menjadi pemimpin dari universe tersebut dan merubah cerita dari para pahlawan dan juga villain di bumi. Cerita ini bisa menjadi salah satu pintu masuk Marvel untuk memperkenalkan mutan ke MCU.

Age Of Ultron

Terlepas dari namanya yang sama dengan salah satu film di MCU, cerita Age of Ultron dalam versi komik ini berbeda dengan versi filmnya. Dalam cerita ini, para pembacanya akan dibawa ke dua alternate universe yang berbeda. Pertama adalah Earth-61112 dimana Ultron berhasil menghabisi seluruh manusia dan pahlawan yang ada di bumi. sementara di sisi lain cerita yang berlangsung di Earth-26111, kita diperlihatkan bagaimana Morgan le Fay berhasil mengambil alih separuh dari dunia tersebut. Cerita ini memberikan kita gambaran tentang untuk menyelamatkan dunia, harus ada satu nyawa yang dikorbankan dan juga konsekuensi yang harus diterima akibat hal tersebut.

House of M

Mungkin sebagian Geeks ada yang sudah populer dengan cerita House of M. Dalam cerita ini, Scarlet Witch diperlihatkan merasa sangat sedih atas kehilangan anaknya. Akibat kesedihan tersebut kondisi psikologisnya menjadi terganggu. Dia kemudian menciptakan sebuah dunia sendiri dimana para mutan menjadi spesies yang paling dominan. Wolverine merupakan satu-satunya karakter yang sadar jika dirinya terjebak dalam dunia yang berbeda.

Ceritanya sendiri terjadi di Earth-58163. Dengan mengadaptasi cerita House of M, Marvel bisa menjelaskan tentang perang Scarlet Witch di film Doctor Strange 2. Setelah dia kehilangan dua orang yang dia cintai (Vision dan Quicksilver), kesedihannya membuat kekuatannya tidak terkendali. Dia bisa menciptakan sebuah altenate universe dan menggali lebih dalam tentang alternate reality.

Marvel Zombies

Salah satu hal yang disebutkan oleh Marvel dari sekian banyak hal dalam panelnya di SDCC kemarin tentang film ini, mereka menyebutkan bahwa filmnya akan memiliki tone horor yang sebelumnya tidak pernah dimunculkan. Doctor Strange mungkin sudah sering berhadapan dengan hal atau sesuatu yang memiliki unsur horor, tapi di universe lainnya horor disini memiliki arti yang lain.

Secara spesifik universe tempat Marvel Zombies berada bisa menjadi sebuah pilihan menarik. Dalam filmnya Doctor Strange bisa saja diceritakan bertemu dengan sebuah dunia dimana para pahlawan Marvel terkena infeksi Zombie dan berusaha untuk menghancurkan keberadaan manusia untuk selamanya. Kabar tentang kemunculan Marvel Zombies sendiri santer diperbincangkan beberapa waktu yang lalu, ketika seorang fans melihat dengan detail logo Marvel. Dengan melakukan pembesaran, fans tersebut melihat gambar Marvel Zombies yang kemudian diasumsikan bahwa akan ada cerita tentang hal mengerikan ini di Phase selanjutnya dari Marvel.

Ultimate Universe

Dari berbagai alternate universe yang bisa dieksplorasi, salah satu yang paling populer yang mungkin ada di dalam benak para fans Marvel adalah Ultimate Universe. Sebagian besar cerita yang terjadi di MCU sendiri sebenarnya merupakan bagian dari cerita dari Ultimate Universe. Mulai dari karakter Tony Stark sampai karakter Nick Fury, Ultimate Universe jelas memiliki dampak yang besar untuk MCU.

Dengan Doctor Strange yang dikisahkan pergi mengunjungi dunia dari Ultimate Universe, kemungkinan yang bisa terjadi adalah Marvel akhirnya bisa memperkenalkan Miles Morales ke MCU. Kemunculan Miles Morales tersebut bisa merubah keseluruhan cerita dari MCU dan juga membuat Marvel Studios bisa menggali lebih dalam lagi tentang berbagai kemungkinan cerita di MCU.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.