Dalam ajang SDCC 2019 kemarin, Marvel Studios membuat banyak sekali pengumuman yang mengejutkan. Mulai dari film keempat Thor yang akan memperkenalkan Jane Foster sebagai Mighty Thor  sampai Blade yang akan bergabung dengan MCU. Marvel Studios benar-benar menjadi pusat perhatian di acara tersebut dengan berbagai pengumuman untuk Phase 4 mendatang.

Salah satu film yang masuk Phase 4 Marvel Studios adalah film sekuel untuk Doctor Strange yaitu Doctor Strange in the Madness of the Multiverse. Dari judulnya saja Marvel Studios sepertinya akan menyajikan sebuah kemungkinan yang tidak terbatas dari multiverse. Lalu, multiverse apa saja yang bisa dijadikan refensi cerita untuk filmnya?

Marvel Noir

Salah satu alternate universe Marvel yang ingin dilihat oleh para fans adalah Marvel Noir universe. universe tersebut mengambil setting di era 1920an, yang dipadukan dengan berbagai elemen film noir dan film seperti pulp fiction untuk menciptakan sebuah Marvel Universe yang sangat berbeda dari biasanya.

Berbagai karakter yang muncul di universe ini juga merupakan versi Noir. Beberapa diantaranya adalah Luke Cage, The Punisher, dan X-Men. Namun, diantara sekian banyak karakter Marvel Noir, yang paling populer dari era ini adalah Spider-Man Noir. Karakter Spider-Man Noir ini pernah memiliki peran penting dalam film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse, yang diadaptasi dari event Spider-Verse.

Marvel 2099

Alternatif universe lainnya yang populer berkat karakter Spider-Man adalah universe Marvel 2099. Pada awalnya universe ini disebut sebagai alternatif universe masa depan, namun kemudian dalam cerita Goblin Nation dari Superior Spider-Man diperlihatkan bahwa Marvel 2099 merupakan masa dpean dari universe utama Marvel.

Dengan memperkenalkan perjalanan waktu yang sudah diperkenalkan sebelumnya, akan sangat menarik untuk melihat Doctor Strange dan Scarlet Witch mengeksplorasi masa depan, yang dalam komiknya menghadirkan sosok Spider-Man 2099, Miguel O’Hara. Selain itu ada juga The Punisher 2099, Hulk 2099, dan bahkan X-Men 2099. Melihat dampak yang terjadi dari masa sekarang (di MCU) untuk masa depan rasanya akan menjadi sebuah setting cerita yang menarik.

Earth-65

Universe Earth-65 akhir-akhir ini menjadi banyak perbincangan para fans Marvel dan superhero berkat kemunculan dari salah satu pahlawan dari universe tersebut, Spider-Gwen (yang sekarang lebih dikenal sebagai Ghost-Spider). Dalam universe tersebut, Gwen Staceylah yang digigit oleh laba-laba yang terkena radiasi dan bukan Peter Parker.

Peter sendiri menggunakan sebuah serum yang mengubahnya menjadi Lizard, demi mengakhiri semua rundungan yang ditujukan kepadanya. Namun, perubahan tersebut memaksanya untuk bertarung dengan Gwen. Peter harus kehilangan nyawanya dalam pertarungan tersebut. Dalam dunia ini juga semuanya berbeda, seperti Matt Murdock yang tidak menjadi Daredevil dan justru menjadi Kingpin juga menjadi pemimpin klan The Hand, Frank Castle yang menjadi seorang polisi kejam.

Marvel Comics 2

Sebelum munculnya Ultimate Universe, Marvel sempat berusaha untuk kembali memperkenalkan kepada para fans mereka berbagai karakter favorit dengan sedikit perubahan. Perubahan tersebut adalah dengan menampilkan para karakter 15 tahun lebih muda dibandingkan karakter yang sebenarnya. Marvel juga menciptakan sebuah universe untuk karakter tersebut yang disebut sebagai Marvel comics 2 atau MC2.

Dalam universe ini, ceritanya diambil dari event What If…? yang seperti kita tahu akan menjadi sebuah acara baru di Disney Plus. Karakter superhero di universe ini diantaranya adalah Spider-Girl yang merupakan anak dari Spider-Man, Wild Thing anak dari Wolverine dan Elektra, juga Fantastic Five.

Marvel 1602

Salah satu alternate univer Marvel yang populer ciptaan dari penulis ikonik, Neil Gaiman, adalah universe Marvel 1602. Seri terbatas yang hanya memiliki delapan volume ini memiliki setting cerita di era ratu Elizabeth. Di komik ini juga para superhero Marvel tampil dalam versi era Elizabeth. Selain mengunjungi masa depan, akan sangat menarik juga bila Doctor Strange bertemu dengan dirinya versi tahun 1602.

Selain itu, Doctor Strange juga akan bertemu dengan Sir Nicholas Fury dan juga superhero lainnya dalam versi 1602. Universe ini muncul dari sebuah altenate universe lainnya ketika Captain America ditangkap dan dikirim kembali ke masa lalu. Namun, dalam prosesnya mereka melakukan kesalahan dan justru mengirim para pahlawan ke 400 tahun yang lalu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.