Ada banyak nama-nama villain yang muncul di dalam Marvel Universe. Dari mulai yang lemah sampai yang sangat kuat. Tapi, banyak juga villain di Marvel Universe yang tidak selalu mengandalkan kekuatan otot dan fisik saja. Mereka juga memiliki kemampuan otak dan kecerdasan yang sangat luar biasa. Siapa saja?

Doctor Octopus

Mungkin untuk karakter ini, kita semua sudah tahu jika Otto Octavius memang seorang karakter yang jenius. Meskipun dia jenius, masa lalunya begitu kelam. Orang tuanya gemar menyiksa Otto kecil, sehingga dia tumbuh dengan rasa benci yang mendalam. Meskipun dia merupakan seorang villain dengan masa lalu yang kelam, Doctor Octopus tetaplah seorang jenius yang ingin penelitian dan percobaannya terus berlanjut.

Sayangnya, percobaan yang dia lakukan yang melibatkan energi nuklir di pemukiman padat penduduk membuat Doc Oc menjadi target Spider-Man. terlepas dari itu semua, Otto terbukti mampu menggunakan tangan mekanisnya dan juga kejeniusannya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Otto juga merupakan ahli di beberapa bidang ilmu pengetahuan, khususnya di bidang engineering dalam pembuatan senjata pemusnah massal.

Green Goblin

Selain Doc Oc, Green Goblin alias Norman Osborne juga merupakan villain Spidey yang memiliki otak jenius. Osborne adalah seorang pebisnis jenius yang perusahaannya bergerak di bidang pengadaan senjata. Mirip seperti Tony Stark, bedanya adalah Stark mengabdikan diri untuk kebaikan sedangkan Osborne untuk kejahatan. Selain dari segi latar belakang, Osborn juga mirip seperti Iron Man dari sisi pribadi dimana keduanya merupakan superhuman akibat mereka sendiri yang membuatnya.

Selain menjadi musuh bagi Spidey, Osborne juga pernah menjadi sosok pemimpin yang luar biasa. Dia pernah mengambil alih kepemimpinan organisasi SHIELD dan membentuk Dark Avengers, yaitu Avengers versi jahat. Selebihnya, Osborne terbukti menjadi musuh yang tangguh dan terkadang pertarungan mereka berakhir imbang.

Kang the Conqueror

Bisa dibilang Kang adalah orang yang berasal dari masa depan, bosan, dan kemudian kembali ke masa lalu dan melakukan berbagai hal dengan mesin waktu. Nathaniel Richard alias Kang adalah orang yang lahir di abad ke 30 dan berasal dari realitas yang berbeda. Dia pergi ke era modern untuk menaklukan bumi. Karena, pada dasarnya dia merupakan “dewa” dibandingkan dengan manusia. Sebenarnya, Kang sendiri tidaklah terlalu kuat di realitanya.

Karena dia dari masa depan dan dari realitas yang lain, tentunya dia memiliki kelebihan yang bisa digunakan untuk menaklukan bumi di masa depan. Dia juga memiliki sebuah logika yang aneh, dengan mengembalikan para karakter ke masa asal mereka. Contohnya adalah bagaimana dia mengirim Captain America kembali ke tahun 1940.

Mister Sinister

Nathaniel Essex alias Mister Sinister adalah orang yang senang berperilaku sebagai dewa atau tuhan. Dia dianggap sebagai orang yang paling pintar dari generasinya. Tapi, dia begitu terobsesi dengan evolusi manusia sama seperti Charles Darwin. Untuk ambisinya tersebut, mutan adalah jawaban yang dia butuhkan.

Essex sebenarnya berhasil membuka sebuah rahasia yang sudah lama terjaga melalui percobaan terlarang yang dia lakukan dan juga teknologi para makhluk Celestials. Dia bahkan mampu memberikan kekuatan super kepada seseorang. Dia juga mampu mengelabui orang dengan menciptakan kloning dari seseorang atau bahkan dirinya sendiri.

The Leader

The Leader merupakan salah satu musuh besar dari Hulk.  Tapi, berbeda dengan Hulk dia tidaklah kuat. Kekuatannya untuk melawan Hulk adalah kecerdasan yang berasal dari radiasi sinar Gamma. Meskipun terdengar tidak terlalu berbahaya, hal ini terbukti mampu melumpuhkan Hulk. Akibat terkena radiasi sinar Gamma, otaknya kemudian berubah menjadi besar seukur supercomputer dari masa depan.

Dengan otaknya yang luar biasa besar tersebut, The Leader mampu menyimpan dan mengingat berbagai detail informasi untuk dia gunakan sebagai bahan analisis. Dia menggunakan analisis tersebut untuk memprediksi sesuatu yang bahkan kejadian tersebut belum terjadi. Intinya, dia selalu selangkah (bahkan dua langkah) di depan musuhnya. Ketika dia sedang tidak “sibuk” untuk bertarung melawan Hulk, dia juga menciptakan berbagai alat yang bisa membantunya mengalahkan Hulk atau musuhnya yang lain.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2