Pada 2018 kemarin, dikabarkan kalau Marvel sedang mempersiapkan sebuah film terbaru untuk phase empat nanti, yang kali ini akan berbeda dari biasanya, yaitu Shang-Chi. Shang-Chi sendiri adalah seorang ahli bela dari dari Tiongkok yang menggunakan kemampuannya tersebut untuk bertarung melawan gangsters dan juga para supervillain lainnya. Dalam cerita komiknya, Shang pernah berkolaborasi dengan berbagai pahlawan Marvel seperti Captain America ataupun Spider-Man.

Cerita tentang Shang-Chi sebenarnya lebih banyak kaitannya dengan para karakter Marvel di TV seriesnya, seperti Iron Fist atau The Defender. Hal itu dikarenakan musuh yang mereka lawan adalah villain yang berwujud “manusia” dan bukan villain yang selama ini kita sering lihat di film-film MCU. Meskipun film solo Shang-Chi tidak memiliki koneksi dengan berbagai film-film MCU sebelumnya, cerita Hawkeye di Avengers: Endgame bisa menjadi jalan masuk untuk memperkenalkan Shang di MCU.

Seperti yang kita lihat di trailer Avengers: Endgame, akan ada sedikit adegan di filmnya nanti yang akan berlokasi di Jepang. Adegan dalam trailer itu juga menunjukan saat Hawkeye yang menggunakan identitas baru sebagai Ronin. Clint terlihat tengah bertarung menghabisi para Yakuza yang ada di sana sampai akhirnya Natasha berhasil melacak keberadaannya di Tokyo. Di komiknya sendiri, Shang juga pernah berurusan dengan Yakuza. Dalam komik Marvel comics Presents #4, Shang menyamar untuk bisa menyusup ke dalam organisasi kriminal.

Kemungkinan hal tersebut sama dengan apa yang dilakukan oleh Clint sebagai Ronin di film Endgame nanti. Jadi, rasanya masuk akal jika ada nama Shang-Chi yang disebutkan dalam adegan tersebut. Sama halnya dengan nama Stephen Strange di film Captain America: Winter Soldier, dimana disebutkan kalau Strange bisa menjadi ancaman untuk HYDRA.

Film Shang-Chi adalah film yang menarik bagi MCU. Pasanya, Marvel sendiri dalam 11 tahun terakhir ini belum pernah membuat film yang memiliki tema bela diri. Jadi, mungkin sudah saatnya Marvel Studios kembali menceritakan tentang penjahat “manusia” dan bukan yang ada hubungannya dengan sihir, alien, atau apapun yang pernah ditampilkan di film-film mereka sebelumnya.