Cerita tentang Lann the Clever ini bukan hanya sekedar mitos atau cerita bohong saja, tapi juga bisa jadi sebuah ancaman. Dengan menaklukan musuh dan wilayah tanpa harus bertemu di medan perang, tanpa harus mengerahkan banyak pasukan, tanpa harus ada pertumpahan darah, sudah tidak diragukan lagi bagaimana berbahayanya orang seperti itu.

Lann dan keturunannya tidak mengubah nama Casterly Rock. Hal itu jadi semacam penanda untuk siapa saja yang berani menentang keluarga Lannister. Tapi, dengan banyaknya hal yang belum diketahui tentang sosok Lann the Clever dan apa yang sudah dia lakukan selama ini, yang bisa dipastikan dan diketahui dari sosok Lann adalah berbagai ide tentang Lann.

Dia bisa mengalahkan lawannya dengan menggunakan otak dibandingkan dengan otot, melalui berbagai macam trik yang masih belum diketahui yang bisa membuat keluarga Casterly pergi dari kastilnya dan menghilang selamanya. Jika kepintaran dan cerita tentangnya dipadukan, hasilnya adalah sebuah sosok yang luar biasa yang bisa membuat keluarganya menjadi  bagian dari sejarah dan menjadi keluarga yang paling hebat di dunia.


Akankah Keluarga Lannister Selamat?


Berbagai ciri-ciri fisik dari Lann, masih bisa dilihat di berbagai keturunan Lannister di bawahnya. Tapi, berbagai tipuan, trik, dan kekejaman yang diwariskan Lann membuat Tywin, Jaime, Cersei, dan Tyrion berada di ambang kehancuran. Keluarga mereka justru lebih banyak mempunyai musuh dibandingkan sekutu. Bahkan di dalam keluarga mereka sendiri pun terpecah menjadi beberapa kubu.

Berbagai cerita tentang tipuan keluarga Lannister ini menimbulkan banyak pertanyaan, mulai dari hal ‘general’ seperti sifat licik keluarga Lannister karena mewarisi sifat Lann, sampai hal besar seperti Lannister yang membuat Night King kembali mendatangi Westeros.

Banyak misteri yang masih menutupi Lann dan juga keturunannya. Mungkin, suatu hari George R.R. Martin akan akan memberikan jawaban tentang berbagai misteri ini. keluarga Lannister memang cerdas dalam hal menggunakan intrik dan strategi untuk mengalahkan musuh. Tapi, untuk mengalahkan White Walkers dan Night King mungkin mereka harus memikirkan jalan lainnya.