Story of The Thrones merupakan bagian dari fitur terbaru Greenscene, Exclusive Coverage. Sebuah rubrik artikel series yang membahas sejarah atau kisah lain dari suatu Film/Serial TV/Komik yang akan dirilis.

Sudah lebih dari ribuan tahun Casterly Rock jadi pusat kekuatan Westerlands di Westeros. Casterly Rock sendiri adalah sebuah benteng raksasa yang dibangun di atas sebuah bukit berbatu yang menghadap ke pantai Sunset Sea. Dengan dilindungi oleh laut, gunung, dan hutan, Casterly Rocks memiliki tinggi tiga kali dari ukuran The Wall. Meskipun bisa dibilang paling aman dibandingkan dengan kerajaan lainnya, bukan berarti Casterly Rock tidak pernah jatuh ke tangan musuh.

Sejarah Casterly Rock

Zaman dahulu kala, saat masa Age of Heroes, seorang Lann the Clever berhasil menduduki dan “menancapkan” namanya di wilayah yang sulit ditembus tersebut. Yang menarik adalah Lann mendapatkan Casterly Rock tanpa perlu menggunakan kekuatan otot. Saat masa Dawn Age, penguasa daerah Westerlands adalah keluarga Casterly yang diwariskan oleh First Men.

Menurut legenda, pendiri keluarga Casterly bernama Corlos, anak dari Caster. Corlos kabarnya sempat memburu seekor singa yang meneror kampungnya di sebuah gua (yang menurut cerita tempat tersebut adalah tempat dimana Lannisport berdiri sekarang). Meskipun dia berhasil membunuh singa tersebut, dia membiarkan hidup anak-anak singa tersebut. Karena hal mulai itu, para dewa memberi dia hadiah sebuah tambang emas.

Tambang emas tersebut membuat keluarga Casterly menjadi keluarga yang paling kaya di Westeros. Dengan harta yang begitu melimpah keluarga Casterly kemudian membangun sebuah ringfort atau sebuah lingkaran pelindung yang kemudian berubah menjadi Casterly Rock, yang terus tumbuh dan semakin kuat. Pada masa itulah Age of Heroes muncul dan pada masa ini juga keluarga Casterly membuka jalannya kepada sejarah Westeros.

Siapa Lann the Clever dan darimana asalanya adalah sebuah misteri. Sama dengan pertanyaan bagaimana dia kemudian bisa berkuasa di Casterly Rock. Ada yang bilang kalau dia adalah cucu dari sosok mistis Garth Greenhand. Tapi, semua hal yang berkaitan dengan Lann adalah keturunan Garth masih jadi bahan perdebatan. Karena, banyak sekali cerita simpang siur mengenai hal ini.

Cerita Lann the Clever Menaklukan Casterly Rock

Tetapi, rambut berwarna keemasan Lann mungkin bisa jadi bukti kalau sebenarnya dia adalah seorang kaum Andal, yang berasal dari sebrang Narrow Sea di Essos. Beberapa kaum Andal mulai berdatangan ke Westeros ribuan tahun yang lalu sebelum masyarakat Andal lainnya menyerbu Westeros. Berbeda dengan keluarga Stark yang menguasai daerah the North dengan pertumpahan darah dan diplomasi, Lann tidak punya pasukan untuk mendapatkan kekuatan yang dibutuhkan untuk menguasai suatu daerah.

Lalu, bagaimana Lann mengambil alih benteng yang tidak mungkin ditembus dari pemilik sahnya? Bagaimana dia mengambil alih kastil yang sudah ada sejak ribuan tahun tanpa harus mengerahkan pasukan untuk menginvasi istana tersebut? Mungkin ada alasan mengapa julukan “the clever” atau si pintar disematkan kepada Lann.

Cerita yang paling populer tentang Lann adalah dia menemukan celah kecil di dalam sebuah batu besar yang dia paksakan masuk setelah bertelanjang dan membaluri dirinya dengan mentega agar bisa masuk ke dalamnya. Ketika sudah di dalam, dia kemudian membuat orang-orang yang ada di dalam istana saling serang satu sama lainnya.

Lann juga membuat seluruh isi kastil tersebut percaya kalau ada makhluk halus di dalam kastilnya. Keluarga Casterly pun mempercayai kalau kastil mereka berhantu dan kemudian pergi meninggalkan kastilnya. Lann menjadi satu-satunya orang di dalam kastil tersebut setelah seluruh penguni kastil pergi, termasuk keluarga Casterly. Hal ini membuat Lann “mewarisi” harta dan kekayaan keluarga tersebut.

Ada cerita versi lainnya tentang bagaimana Lann mendapatkan kekuasaan Casterly Rock. Cerita tersebut menyebutkan kalau Lann menggunakan lubang rahasia tersebut untuk memasukan tikus, kutu, dan segala hewan yang menjijikan. Hal itu membuat semua penghuni kastil pun pergi meninggalkan Casterly Rock. Mungkin cerita ini lebih masuk akal dibandingkan dengan cerita kalau Lann memasukan singa ke dalam kastil dan memakan semua pewaris tahta laki-laki dan menyisakan Lann beserta seorang wanita dari keluarga Casterly.

Ada juga kisah lainnya yang menyebutkan kalau Lann diam-diam menyelinap masuk ke dalam kastil dan menyetubuhi semua wanita keluarga Casterly yang masih belum menikah. Ketika mereka semua melahirkan bayi yang memiliki rambut berwarna keemasan, si penguasa pastinya tidak punya pilihan lain selain menerima Lann menjadi bagian dari keluarga mereka. Apakah hal ini menjadi jawaban bagaimana Lann dan keturunannya mewarisi kastil tersebut? masih belum diketahui.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2: